Ulasan GPU ASUS P106 untuk Mining Bitcoin
Ulasan GPU ASUS P106 untuk Mining Bitcoin

Ulasan GPU ASUS P106 untuk Mining Bitcoin

Permintaan Graphics Processing Unit (GPU) untuk memenuhi kebutuhan dalam pertambangan (mining) mata uang cryptocurrency seperti Bitcoin

Ulasan GPU ASUS P106 untuk Mining Bitcoin
Banyaknya permintaan Graphics Processing Unit (GPU) untuk memenuhi kebutuhan dalam pertambangan (mining) mata uang cryptocurrency seperti Bitcoin membuat Asus selaku vendor dalam urusan kartu grafis merilis jenis 2 kartu grafis yang khusus dibuat untuk mining bitcoin.

Dikutip dari laman aslinya GPU Asus P106 menggunakan memori video GDDR 5 sebesar 6GB dengan clock inti 1506 MHz dan dapat anda overclock hingga 1708 Mhz. Sebenarnya ini hampir sama dengan GPU Nvidia 1060 6GB yang menjadi perbedaan hanya beberapa modifikasi penting seperti tidak adanya output display sama sekali.

Review GPU ASUS P106


Harga yang ditawarkan pun lebih mahal dibandingkan dengan GPU Mining sebelumnya RX470 yang relatif lebih murah tanpa menggunakan output HDMI dan mempunyai pendinginan yang lebih baik. Seperti yang mereka bilang P106 lebih baik jadi mari kita buat ulasannya lebih dalam lagi.

Mungkin anda yang masih bertanya-tanya apa sih perbedaan antara GPU dan VGA ! kedua-duanya sama-sama kartu grafis hanya cara penyebutannya yang berbeda. Clear yah bro !
   
Banyak spekulasi pada forum-forum mining rig bahwa GPU ASUS P106 mempunyai kinerja yang sama persis dengan GTX 1060. Dan ada yang mengatakan bahwa P106 Mining memiliki kinerja memori lebih baik namun GTX 1060 walaupun sedikit lebih berumur namun merupakan pilihan yang lebih baik.

Walaupun admin belum melakukan tes pada GPU Mining P106, namun seorang teman dari Australia yang doyannya mengoleksi GPU mengatakan bahwa tidak terdapat perbedaan yang mendasar dan signifikan diantara keduanya yang berarti dapat disimpulkan bahwa kedua GPU ini sama.

hashrate gpu asus untuk mining bitcoin

Walaupun dalam situsnya bahwa GPU ASUS Mining P106 dapat meningkatkan pendapatan sekitar 36% daripada kartu grafis keluaran lainnya saya kira semua yang menggunakan GTX 1060 akan beralih menggunakannya, namun kenyataannya berbanding terbalik. Para pembuat mining rig dengan GPU tetap banyak memakai seri Nvidia GTX 1060 series.

Kelebihan GPU ASUS P106 Mining

Terlepas dari pro dan kontra tersebut ada baiknya kita melihat terlebih dahulu kelebihan P106 Mining ini yang kemudian mungkin anda dapat menarik kesimpulan setelah mengetahui kelebihannya.
  • GPU Mining P106 memiliki dual-bearing yang jauh lebih tahan lama daripada jenis GPU lainnya.
  • Teknologi dual bearing dapat mencegah pelumas mengering dan mengurangi gesekan pada output berikutnya. Dan artinya P106 tidak mengeluarkan suara yang berisik dan ini penting untuk sebuah mining rig menggunakan GPU selama 24 jam penuh. 
  • Selain itu P106 mining telah dilengkapi dengan sertifikat pendingin IPX5.
  • Bagi anda yang baru memulai mining Bitcoin tentu saja perangkat lunak Tweak GPU dapat digunakan sebagai acuan untuk melakukan overclock GPU dengan mudah. Setelah di overclok kecepatan mencapai + 25 MH/s.   

Kekurangan GPU ASUS P106 Mining Bitcoin


  • Usia Garansi lebih pendek yaitu hanya 3 bulan saja, VGA sekelas GTX 1060 bisa 1 tahun.
  • Hasil penghitungan pendapatan tidak jauh berbeda dengan GTX 1060.
  • Tidak adanya output display menyebabkan anda tidak bisa menjual kembali jika akan digunakan untuk komputer game.

Spesifikasi GPU ASUS P106 Mining 


  • Graphics Engine ⇒ NVIDIA P106-100
  • Bus Standard ⇒ PCI Express 1.0
  • Video Memory ⇒ GDDR5 6GB
  • Engine Clock ⇒ GPU Boost Clock : 1708 MHz / GPU Base Clock : 1506 MHz
  • CUDA Core ⇒ 1280
  • Memory Clock ⇒ 8008 MHz
  • Memory Interface ⇒ 192-bit
  • Interface ⇒ No Support
  • Power Connectors ⇒ 1 x 6-pin
  • Accessories ⇒ 1 x CD dan 1 x Quick Guide 
  • Software ⇒ ASUS GPU Tweak II & Driver
  • Dimensions : 9.45 " x 5.16 " x 1.5 " Inch / 24 x 13.1 x3.8 Centimeter

Kesimpulan


GPU P106 dikhususkan untuk mining dan tidak bisa dipergunakan untuk hal lainnya karena tidak adanya output display. Jika akan mining menggunakan GPU ASUS P106 maka bisa digunakan untuk coin Ethereum.

Karena GPU Mining ini tidak bisa dijual kembali maka anda harus menghitung ROI pengembalian modalnya. Jika dengan overclok mencapai 25 MH/s dihitung dengan harga bitcoin saat ini sebesar $8.224 maka penghasilan anda perhari mencapai $3,5 x Rp. 13.500 = Rp. 47.500. Maka dalam 1 bulan anda akan mendapat penghasilan sebesar Rp. 1.425.000/bln.

Jika anda membeli harga GPU ASUS P106 6GB DDR5 ini sebesar kurang lebih Rp. 4.800.000 maka untuk mengembalikan biaya GPU kurang lebih 4 bulan belum termasuk biaya perawaran dan lainnya. Pendapatan akan mencapai titik tertinggi bila coin ethereum mengalami kenaikan yang signifikan. Namun jika sebaliknya mengalami penurunan otomatis jangka waktu pengembalian modal relatif lebih lama.
Advertisement

Informasi Tambahan:

Your Reactions:

Admin
Ini adalah tentang ku dan Blog ini yang senang menyukai hal-hal baru di bidang teknologi komputer dan seputar Blog.