Kelebihan dan Kekurangan Auto Ads (Iklan Otomatis) Google Adsense
Kelebihan dan Kekurangan Auto Ads (Iklan Otomatis) Google Adsense

Kelebihan dan Kekurangan Auto Ads (Iklan Otomatis) Google Adsense

Ulasan singkat tentang apa saja kelebihan dan kekurangan auto ads (iklan otomatis) google adsense dan cara mengaktifkannya

Kelebihan dan Kekurangan Auto Ads (Iklan Otomatis) Google Adsense
Bukan google namanya jika tidak memberi solusi baru untuk meningkatkan pendapatan bagi para publishernya. Setelah merombak total semua pembaruan produknya, kini google menambahkan fitur iklan otomatis (auto ads) yang dapat memaksimalkan kinerja iklan adsense yang ditampilkan lebih memiliki performa lebih baik.

Menurut pengamatan saya pribadi bahwa banyaknya kinerja iklan yang tidak maksimal dan lebih condong tidak menghasilkan sama sekali, maka fitur auto ads ini akhirnya diluncurkan. Ada beberapa alasan yang bisa saya ambil kesimpulan mengapa fitur ini layak di uji coba pada situs Anda antara lain :
  • Banyak kesalahan dalam penempatan kode iklan yang menjadi pendapatan kurang maksimal.
  • Pengunjung lebih banyak menggunakan versi mobil dibandingkan dengan versi dekstop.
  • Situs terlalu banyak menampilkan iklan dibandingkan dengan trafik pengunjung yang menyebabkan CPC menjadi kecil.
  • Iklan yang tampil tidak sesuai dengan konten yang menjadikan para advertiser merasa tidak maksimal ketika menggunakan layanan iklan google.   

Dengan beberapa alasan diatas maka bisa diambil kesimpulan bahwa iklan adsense yang ditempatkan secara manual tidak menguntungkan bagi advertiser maupun kita sebagai publisher.

Mana yang lebih baik Manual Ads atau Auto Ads ? 

Penempatan kode iklan manual tentu saja memiliki kelebihan yaitu bisa menempatkan kode iklan dimana saja dalam web blog selama tidak melanggar kebijakan yang berlaku. Kelebihan manual ads juga bisa menentukan jenis dan ukuran iklan seperti apa yang akan disematkan. Namun banyaknya iklan yang tampil juga tidak bagus untuk pengalaman penggunanya.

Dengan hadirnya fitur auto ads ini bisa menjadi solusi baru bagi publisher yang ingin meningkatkan pendapatannya. Secara logika saja jika memang fitur ini tidak dapat memaksimalkan pendapatan publisher dan tidak menguntungkan pengiklan tidak mungkin google melakukan release fitur auto ads ini.

Apa saja Kelebihan dan Kekurangan Iklan Otomasit (Auto Ads)

Fitur Auto Ads (iklan otomatis) memiliki banyak kelebihan namun tentu saja tidak terlepas adanya kekurangan antara lain :

Kelebihan Iklan Otomatis (Auto Ads)


  • Tidak perlu membuat banyak kode iklan adsense.
  • Iklan yang tampil memiliki kinerja yang lebih baik karena iklan yang ditampilkan pada setiap halaman lebih condong tertarget dan relevan.
  • Ukuran iklan disesuaikan otomatis sesuai dengan struktur situs Anda.
  • Jumlah iklan yang tampil bisa lebih banyak bisa juga tampil lebih sedikit dibandingkan dengan manual ads.
  • Jika pengunjung situs lebih banyak dari mobile maka iklan lebih banyak tampil ketika dibuka pada smartphone dan tampilan iklan terkadang muncul pada tempat yang tidak terduga.
  • Fitur iklan jenis Matched Content bisa tampil walaupun belum ada pemberitahuan situs sudah layak menampilkan matched content. 

Kekurangan Auto Ads (Iklan Otomatis)



  • Iklan akan memenuhi situs anda lebih banyak dan membuat loading blog menjadi lemot, namun jangan khawatir saya berpendapat iklan otomatis bisa menyesuaikan jumlah iklan yang harus ditampilkan.
  • Iklan pada dekstop cenderung tidak tampil, namun banyak tampil ketika dibuka versi mobile.

Cara Mengaktifkan Auto Ads (iklan otomatis)



  • Untuk mengaktifkan fitur iklan otomatis anda cukup membuka dashboard adsense dan aktifkan jenis iklan yang akan ditampilkan seperti jenis iklan teks dan gambar, in feed, in article dan lainnya dan jangan lupa ceklis fitur "automatically get new formats" yang memiliki fungsi agar iklan dapat berganti ukuran maupun jenis iklan secara otomatis.  
  • Kemudian pasang kode yang diberikan dan sematkan melalui edit html diantara pembuka dan penutup tag body.
  • Anda tidak perlu melepas kode adsense sebelumnya karena otomatis secara bertahap jenis iklan yang tampil akan bermigrasi menjadi otomatis.
  • Iklan auto ads tidak akan langsung tampil, coba anda buka melalui hp anda beberapa menit kemudian dan Anda akan melihat perubahannya.  

Kelebihan dan Kekurangan Auto Ads (Iklan Otomatis) Google Adsense
Gambar Setting Auto Ads (iklan otomatis)

Jika pada sebelumnya anda sudah menyematkan kode jenis iklan page level ads tidak perlu lagi mengganti kode yang diberikan ketika mengaktifkan fitur auto ads.
Demikian ulasan singkat tentang apa saja kelebihan dan kekurangan auto ads (iklan otomatis) google adsense dan cara mengaktifkannya. Semoga Bermanfaat
Advertisement

Informasi Tambahan:

Your Reactions:

Admin
Ini adalah tentang ku dan Blog ini yang senang menyukai hal-hal baru di bidang teknologi komputer dan seputar Blog.