Apa itu Monero ? Cara Mining Monero Pesaing Bitcoin
Apa itu Monero ? Cara Mining Monero Pesaing Bitcoin

Apa itu Monero ? Cara Mining Monero Pesaing Bitcoin

Apa itu Monero ? Bagaimana cara mining Monero yang diprediksi menjadi pesaing Bitcoin ? Monero (XMR) adalah mata uang digital lainnya

Apa itu Monero ? Cara Mining Monero Pesaing Bitcoin
Apa itu Monero ? Bagaimana cara mining Monero yang diprediksi menjadi pesaing Bitcoin ? Monero (XMR) adalah mata uang digital lainnya yang sejenis dengan Bitcoin yang bisa menjadi alternatif lainnya untuk mendapatkan uang digital selain Bitcoin. Seperti halnya Bitcoin, Monero juga berdasarkan algoritma desentralisasi yang bisa ditambang dengan menggunakan CPU maupun GPU.

Monero, mata uang yang fokus dan privasi, telah mendapatkan daya tarik yang signifikan di pasar gelap di seluruh dunia. Mengingat nilainya telah melampaui angka $240 (32 juta), Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana cara terbaik menambang mata uangnya.

Moneru diluncurkan pada bulan April 2014 dengan nama BitMonero, fokus utama dari mata uang digital ini adalah pada desentralisasi, skalabilitas, dan privasi. Tidak seperti koin digital lainnya, mata uang digital ini didasarkan pada protokol Cryptonote.

Dengan menggunakan jaringan pembayaran ini, transaksi yang dilakukan pun tetap pribadi dan dijamin. Namun, mata uang Monero tergantung pada tanda tangan (signature) untuk memberikan privasi sampai pada batas tertentu.

Monero Mining

Monero bekerja pada Proof-of-Work algoritma untuk mengamankan jaringan. cryptocurrency Pow ini didasarkan pada teknologi blockchain dan mudah berjalan pada Mac, Android, Windows, Linux, dan FreeBSD. Ada banyak manfaat ketika melakukan penambangan Monero.

Bagaimana Cara Mining Monero ?

Monero ditambang melalui metode yang berbeda dengan Bitcoin. Ada sejumlah tempat pool mining yang bisa menambang koin Monero. Berikut adalah rekomendasi pool mining monero terbaik :
  • MineXMR
  • Monero.crypto-pool
  • Dwarfpool
  • Monerohash
  • MinerGate
  • Nanopool 

Hadware Mining Monero

Mining Monero dengan GPU adalah salah satu cara paling efektif dan terbaik untuk menambang Monero. Hardware pertambangan khusus digunakan oleh beberapa orang untuk mendapatkan peningkatan hash ketika melakukan penambangan.

Banyak orang membangun mining rig sendiri ketika akan menambang koin jenis Monero karena metode cara nambang seperti ini lebih menguntungkan. Namun hal yang paling utama adalah untuk membuat mining rig tentunya dana yang dikeluarkan diawal harus besar.

Monero tidak memiliki perangkat keras pertambangan ASIC, jadi Anda tidak punya opsi lain untuk menambang selain menggunakan CPU dan GPU. Lebih khusus lagi, algoritma penambangan Monero menggunakan jenis Bukti Pekerjaan (PoW) yang disebut CryptoNight, yang dirancang agar efektif untuk perangkat keras komputer pengguna biasa.

Yang spesial dari algoritma penambangan Monero adalah menurunkan tingkat kinerja. Akibatnya, kesenjangan efisiensi antara penggunaan GPU dan CPU terhadap tambang relatif rendah terhadap kripto yang lain. Hal ini menyebabkan ASIC yang digunakan dalam situs cloud mining menjadi sangat mahal untuk investasi Monero.

Untuk mendapatkan hasil maksimal dari uang pertambangan Monero Anda, Anda akan lebih baik membeli sebanyak mungkin CPU murah. Ingatlah bahwa Anda juga bisa mencapai margin yang lebih baik dengan berinvestasi lebih sedikit, namun lebih kuat CPU yang memiliki rasio konsumsi daya terhadap hash yang lebih baik.

Berikut adalah beberapa CPU yang perlu dipertimbangkan jika ingin menambang monero menggunakan mining rig :

  • CPU AMD Opteron 32 × 6276
  • Intel Xeon E7-8880v3
  • AMD Opteron 6272
  • Intel Xeon 2xE5-2680v2
  • AMD Opteron 4 × 8389
  • AMD FX-8320
  • Xeon L5640
  • AMD FX-8350

Berikut adalah beberapa jenis GPU (VGA Card)  yang perlu dipertimbangkan jika ingin menambang monero menggunakan mining rig dengan harga terjangkau :

  • GPU XFX Radeon 7990
  • GPU Sapphire RX480 Power Color
  • GPU XFX RX470
  • GPU Sapphire Radeon R9 290 Tri-X
  • GPU AMD Radeon R9 390 Nvidia 750 TI
  • GPU AMD R9 280X

Untuk kalkulasi pendapatan mining monero perharinya saya sudah mencoba menggunakan tes pengujian pada GPU RX480 Power Color dimana hash (kecepatan) yang di dapatkan adalah sekitar 640 H/s. Dengan tingkat kecepatan mencapai 640 H/s jika di kalkulasikan dengan harga monero saat ini 240 $ maka hasil yang didapatkan selama 1 minggu menambang Monero menggunakan 1 GPU adalah 6 $ jika dirupiahkan menjadi Rp. 81.000 (belum termasuk biaya operasional).
Pendapatan akan menurun jika harga Monero turun, dan pendapatan akan naik jika mengalami kenaikan.
Saya belum mencoba untuk menguji kemampuan GPU lainnya, namun dari beberapa teman penambang anda bisa menggunakan Shapphire Radeon R9 290 Tri-X. Kecepatan yang didapatkan bisa mencapai 850 H/s. Namun walaupun pendapatan naik konsumsi daya tentu lebih tinggi jika menggunakan VGA Card jenis ini. Kesimpulannya sama saja yah Sob !
Advertisement

Informasi Tambahan:

Your Reactions:

Admin
Ini adalah tentang ku dan Blog ini yang senang menyukai hal-hal baru di bidang teknologi komputer dan seputar Blog.
Next
This Is The Current Newest Page