Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mainboard ASUS B250 Mining Expert Bitcoin Terbaik

Mainboard ASUS B250 untuk Mining Bitcoin Terbaik
Sekedar pembukaan apakah itu Bitcoin ? Bitcoin adalah mata uang virtual yang dikembangkan pada tahun 2009 dan termasuk jenis uang digital cryptocurrency pertama di dunia. Untuk mendapatkan Bitcoin bisa dilakukan dengan cara menggunakan Mining Rig, Cloud Mining atau dengan cara Trading.
Sesuai tema diatas admin akan membahas seputar perangkat keras (hadware) apa saja memiliki fungsi untuk mining Bitcoin. Pada artikel sebelumnya saya telah membahas mainboard terbaik untuk mining Bitcoin yang menggunakan merk Asrock. Kali admin akan review mainboard merk asus dengan Tipe B250 Mining Expert yang katanya terbaik.

Review ASUS B250 Mining 


ASUS B250 MINING EXPERT LGA1151 DDR4 HDMI B250 ATX Mainboard memiliki fungsi bagi anda yang akan melakukan penambangan (mining) mata uang Bitcoin. Mainboard ini sudah dilengkapi dengan 19x slot PCIe dan USB 3.1 Gen1 yang mendukung konektivitas dan kecepatan dalam pertambangan.

Support RAM DDR4 PC2400 sampai dengan 32GB dan dilengkapi dengan Intel® Gigabit LAN. Untuk membuat kinerja mainboard maksimal juga support Triple-ATX12V Power Delivery untuk memisahkan slot PCIe 19x menjadi 3 kelompok dan masing-masing telah dilengkapi dengan 24 pin khusus.

Mainboard ASUS B250 Mining Expert untuk menambang bitcoin

ASUS B250 dipercaya memiliki umur panjang dari mainboard lainnya karena terdapat proteksi tingkat keamanan 5x dengan safe slot core, LAN Guard dan Overvoltage. PCIe Slot State Detection memiliki fungsi untuk memberikan waktu yang sebenarnya dari status GPU yang anda gunakan. Untuk tegangan menjadi lebih stabil dengan dengan adanya kapasitor jenis terbaru agar unit catu daya ke GPU selalu stabil.

Kecepatan Mining (Hashrate)


Tingkat kecepatan (hashrate) yang lebih tinggi karena dengan banyaknya slot yang tersedia. Mining Expert ASUS B250 mendorong sarana dan prasarana dalam penambangan untuk mendapatkan hashrate yang lebih maksimal. Pengujian yang dilakukan dengan menggunakan 16 slot akan menghasilkan 342MH/s sampai dengan 407MH/s.

Kinerja dan kecepatan tentu akan berbeda hasilnya tergantung jenis GPU yang anda gunakan. Anda bisa membaca artikel sebelumnya yang membahas antara VGA AMD dan VGA Nvidia yang bagus untuk membangun mining rig.

kecepatan hasrate dalam mining bitcoin

Daripada pendahulunya ASUS B250 Expert Advisor, Mainboard ASUS B250 Mining Expert lebih menghemat biaya pengeluaran sebesar $1,83. Tentu saja penghematan biaya ini tergantung kepada anda sendiri dan lingkungan dan harga daya digunakan.

Chipset Intel® B250


Untuk urusan chipset Intel® B250 adalah desain single-chipset yang telah mendukung prosesor Intel® jenis LGA1151 Core™ i7 / Core i5 / Core i3 / Pentium® / Celeron® generasi ke 7 dan ke 6. 

Hal tersebut tentunya dapat memberikan peningkatan kinerja dengan memanfaatkan tautan serial point-to-point, yang memungkinkan peningkatan bandwidth dan stabilitas. Ini secara native telah didukung oleh sebanyak enam port USB 3.0, enam port SATA 6 Gbps, dan dukungan kecepatan jalur PCIe 3.0 untuk pengambilan data lebih cepat. 

Chipset Intel B250 juga telah mendukung fungsi iGPU, jadi Anda akan menikmati kinerja grafis terintegrasi Intel yang paling mutakhir dalam membangun mining rig untuk bitcoin.

Dari beberapa penjelasan diatas dapat diambil kesimpulan bahwa Mainboard ASUS B250 Mining Expert ini sangat stabil dalam hal urusan sumber daya yang terhubung dengan GPU. Monitoring temperatur dari GPU lebih akurat agar tidak terjadi kerusakan pada GPU dan perangkat keras lainnya.
Temperatur yang terlalu tinggi dapat menyebabkan terbakarnya komponen perangkat keras. Usahakan temperatur dibawah 80 derajat, diatas itu matikan segera perangkat dan berikan tambahan pendingin. 
Jika kecepatan yang didapatkan bisa mencapai 407 MH/s maka anda bisa mining mata uang lainnya selain Bitcoin. Anda bisa menggunakan kalkulator yang tersedia pada pool tempat anda mining. Dan anda bisa kalkulasikan antara pengeluaran dan pendapatan. Harga untuk Mainboard ASUS B250 Mining Expert sekitar Rp. 3,2 juta. Untuk masalah hitung-hitung berapa biaya untuk membangun mining rig silahkan menuju artikel lainnya.

Posting Komentar untuk "Mainboard ASUS B250 Mining Expert Bitcoin Terbaik "