Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Error dan Video Cara Terbaik Reset OPPO Joy R1001

Penyebab Error dan Video Cara Terbaik Reset OPPO Joy R1001
Untuk memperbaiki masalah yang timbul dalam perangkat android OPPO R1001 tidak berbeda jauh dengan ponsel android lainnya. Metode yang digunakan untuk cara reset OPPO R1001 ada dua cara yaitu Factory Reset dan Hard Reset. Berikut penyebab hp android merk OPPO Joy R1001 error dan cara memulihkannya.

Penyebab Error HP Android


Penyebab error pada hp android tidak berbeda jauh dengan merk ponsel android lainnya karena menggunakan platform yang sama ialah OS Android. Yang membedakan hanya perbedaan tampilan dan pengaturannya saja. Berikut jenis error yang sering di alami oleh hp android khususnya OPPO Joy R1001 :

  • Bootloop terjadi karena sistem OS mengalami kerusakan, tidak ada cara lainnya untuk mengatasi Bootloop selain dilakukan Hard Reset.
  • Sering Hang disebabkan terlalu banyak aplikasi dan tempat penyimpanan baik memori internal maupun eksternal sudah tidak mampu lagi menampung pembaruan aplikasi dan sistem. Cara mengatasinya berbeda dengan Bootloop yaitu dengan melakukan factory reset (reset setelan data pabrik) dan sangat mudah dilakukan oleh anda sendiri.
  • Force Close adalah jenis error yang sering muncul ketika akan menjalankan aplikasi atau ketika menggunakan ponsel. Jenis keterangan force close bermacam-macam seperti "sayangnya aplikasi berhenti" dimana terdapat aplikasi yang mengalami error. Biasanya ini terjadi pada hp android yang menggunakan aplikasi pihak ketiga.  
  • Restart dan Mati Sendiri disebabkan oleh banyaknya aplikasi latar belakang yang tidak dibersihkan. Kasus android restart dan mati sendiri banyak terjadi pada ponsel android yang mempunyai kapasitas RAM rendah/kecil seperti OPPO Joy R1001 yang hanya menggunakan RAM 512 MB. Selama ponsel menyala dan masuk pada sistem untuk memperbaikinya cukup melakukan factory reset saja, namun sebelumnya anda harus backup terlebih dahulu data yang terdapat pada ponsel.

Cara Factory Reset OPPO R1001


Cara factory reset (reset data pabrik) hp android pada artikel sebelumnya sudah admin bahas namun untuk mengingatkan kembali saya uraikan sebagai berikut :

Menu Setelan ⟹ Cadangan & Setel ulangKembalikan ke pengaturan pabrikSetel ulang telepon. Selanjutnya anda tunggu hp OPPO Joy R1001 akan melakukan reset ke pengaturan pabrik sampai dengan selesai.

Setelah selesai factory reset maka sistem OS Android anda menjadi baru kembali, masukkan email yang anda gunakan sebelumnya, maka data nomer telepon dan lainnya akan kembali lagi.

Cara Hard Reset Hp OPPO Joy R1001


Hard reset adalah cara lain untuk memperbaiki hp Oppo Joy R1001 jika sudah tidak bisa tampil atau yang lebih dikenal dengan Bootloop yang sudah saya jelaskan diatas. Untuk melakukan hard reset pada setiap hp android adalah dengan cara masuk pada recovery mode. Biasanya ketika ponsel dihidupkan hanya menampilkan logo "OPPO" saja dan tidak masuk ke sistem.

Jika sistem boot hilang maka biasanya proses instal pada recovery mode tidak akan berjalan, anda harus download terlebih dahulu sistem OS nya. Berikut ulasan lengkap cara hard reset Oppo Joy R1001 :

cara masuk recovery mode oppo joy r1001
Recovery Mode OPPO Joy R1001

  • Download Stock Rom (size 500 mb lebih)
  • Keluarkan memory card yang anda gunakan pada ponsel OPPO Joy R1001 dan masukan ke komputer bisa melalui laptop atau komputer dengan slot MMC Card.
  • Simpan file Stock Rom yang anda download tadi kedalam memori card (jangan buat folder langsung saja diluar folder lainnya).
  • Kemudian masukan kembali memori kedalam ponsel.
  • Masuk recovery mode dengan menekan tombol power dan volume bawah secara bersamaan.
  • Ponsel akan bergetar dan jangan dilepaskan sebelum tampilan recovery mode tampil.
  • Pilih bahasa English
  • Pilih Wipe data and cache
  • Pilih Wipe data and cache dan konfirmasi pilih Yes.
  • Pilih Instal to SD
  • Kemudian cari file sistem Stock Rom yang anda simpan tadi, konfirmasi pilih yes.
  • Prose upgrade akan berjalan sampai selesai dan lakukan reboot setelah selesai. 

Video Cara Reset OPPO Joy R1001


Hard reset juga biasanya dilakukan karena anda lupa password atau pola kunci. Silahkan atur ulang setelan jika proses hard reset sudah sukses. Demikian ulasan penyebab error pada ponsel yang sering muncul dan bagaimana cara memperbaikinya dengan metode factory reset dan hard reset 

Posting Komentar untuk "Penyebab Error dan Video Cara Terbaik Reset OPPO Joy R1001"