Cara Memperbaiki Mixed Content Setelah Ganti HTTPS
Cara Memperbaiki Mixed Content Setelah Ganti HTTPS

Cara Memperbaiki Mixed Content Setelah Ganti HTTPS

Cara memperbaiki mixed content abu-abu setelah ganti https agar kembali menjadi hijau


Banyak kasus yang terjadi untuk blog yang di custom domain mengalami mixed content setelah mengalihkan HTTP ke HTTPS. Mixed Content terjadi karena ketika browser mengunduh halaman blog masih menggunakan HTTP. Tanda adanya mixed content seperti pada halaman depan terdapat keterangan tulisan secure dan gembok berwarna hijau. Namun ketika anda membuka halaman salah satu postingan akan berubah menjadi warna abu-abu.

Seperti diketahui bahwa mencampur http dan https akan membuat keterlihatan halaman akan mengganggu pengalaman penggunannya. Maka dari itu ketika anda beralih dari http ke https diperlukan persiapan yang cukup matang dan konsekuensinya harus anda tanggung. Hal ini sudah saya jelaskan pada artikel sebelumnya yang berjudul Kelebihan dan Kekurangan HTTPS Custom Domain.

Bila saya uraikan sedikit saja bahwa ketika mengganti http ke https yang perlu anda lakukan adalah melakukan pemeriksaan pada template yang anda gunakan apakah sudah support https apa belum. Pada template custom versi lama biasanya banyak menggunakan file kode Js yang bersumber dari http ketika dilakukan pemanggilan kode Js nya.

Salah satu contoh yang mungkin sering anda alami adalah untuk kode sitemap. Ketika blog anda menggunakan https kemudian pada kode sitemap tersebut bersumber dari http maka daftar sitemap tersebut tidak akan tampil. Namun ketika anda mengunjungi url blog anda melalui http maka daftar sitemap tersebut akan tampil.

Dari penjelasan diatas mungkin anda bagi yang newbie sudah mulai mengerti yah mengapa bisa terjadi mixed content ketika mengalihkan blog menjadi https.

Mujur bagi kalian yang sudah beralih menggunakan template AMP, karena hampir semua fitur dan struktur dalam template AMP sudah menggunakan HTTPS.

Cara Memperbaiki Mixed Content


Untuk memperbaiki mixed content memang membutuhkan waktu dimana anda harus melihat satu-satu artikel yang memiliki mixed content. Namun jangan khawatir banyak tool online yang bisa mendeteksi mixed content sekaligus tanpa anda harus melakukan periksa satu-persatu seperti httpschecker.

Jika anda sudah mengetahui sumber mixed content tersebut kemudian anda buka halaman tersebut dan lakukan metode inspect element untuk mengetahui file apa yang menyebabkan https menjadi warna abu-abu.

Kebanyakan kasus terjadinya mixed content bersumber dari template blog, pada widget atau didalam postingan itu sendiri seperti gambar maupun video yang belum redirect ke https. Perbaiki file mixed content tersebut agar halaman blog anda menjadi hijau semua.

Demikian ulasan cara memperbaiki mixed content setelah ganti https di custom domain blogger dan semoga membantu.
Advertisement

Informasi Tambahan:

Your Reactions:

Admin
Ini adalah tentang ku dan Blog ini yang senang menyukai hal-hal baru di bidang teknologi komputer dan seputar Blog.