ASIC Miner Solusi Tepat untuk Menambang (Mining) Bitcoin
ASIC Miner Solusi Tepat untuk Menambang (Mining) Bitcoin

ASIC Miner Solusi Tepat untuk Menambang (Mining) Bitcoin

Asic Miner adalah salah satu alat yang memiliki fungsi untuk menambang Bitcoin yang lebih baik dibandingkan dengan CPU, GPU maupun FPGA

ASIC Miner Solusi Tepat untuk Menambang (Mining) Bitcoin
Dalam dunia mata uang Bitcoin pastinya yang banyak dibahas bagaimana cara melakukan penambangan baik dengan cara trading, cloud mining, atau menggunakan komputer. Seperti Asic Miner adalah salah satu alat yang memiliki fungsi untuk menambang Bitcoin yang lebih baik dibandingkan dengan CPU, GPU maupun FPGA.

Pengertian ASIC sendiri adalah Application Specific Integrated Circuit yang ide nya didapatkan dari perpaduan antara CPU, GPU dan FPGA yang kemudian setelah dilakukan serangkaian uji coba memiliki tingkat keberhasilan yang lebih cepat dalam memecahkan sebuah blok.

Selain daripada itu kelebihan lainnya ASIC Miner mempunyai tingkat efisiensi yang lebih irit daya dibandingkan dengan metode penambangan dengan perangkat lainnya. Contohnya saja jika anda melakukan penambangan dengan GPU dengan menggunakan 4 VGA Card akan menghabiskan daya kurang lebih 1600 watt.

ASIC Miner Solusi Tepat untuk Menambang Bitcoin 


Berbanding terbalik dengan ASIC Miner yang hanya berjalan di kisaran 1300 watt. Pada pertama kali diperkenalkan ASIC Miner hanya diperuntukan untuk menambang Bitcoin saja, namun seiring perkembangan mata uang crypto yang menyerupai Bitcoin seperti misalnya Litecoin, pada suatu perangkat ASIC Miner terdapat 2 Chip ASIC yang bisa digunakan untuk menambang SHA256 atau MIT/X11.

Dalam perkembangannya banyak juga chip ASIC yang dimodifikasi oleh perusahaan-perusahaan hadware khusus mining Bictcoin yang di sematkan pada perangkat lainnya seperti motherboard yang kemudian mempunyai kemampuan untuk menambang Bitcoin.

Agar dalam memecahkan suatu blok lebih cepat maka yang harus diperhatikan adalah dari tingkatan Hash nya. Semakin alat mining tersebut memiliki tingkatan Hash yang tinggi maka semakin banyak juga Bitcoin yang didapatkan.

Spesifikasi ASIC Miner sendiri berbeda-beda saat ini dan mempunyai banyak fungsi, misalnya jika anda ingin menambang Litecoin maka bisa menggunakan Antminer L3+ dengan kecepatan 504 MH/s. Dari segi harga klo anda pesan langsung ke luar negeri kisaran $1300, tapi jika ingin membeli di Indonesia harganya kisaran 40 sampai 50 juta.

Jika kita hitung dengan calculator nicehash dengan menggunakan Antminer L3+ yang dikalkulasikan dengan harga Bitcoin saat ini $13.600 maka hasil yang didapat perharinya adalah sekitar $14 dan dalam sebulan bisa menghasilkan kurang lebih $432 atau jika dirupiahkan menjadi Rp. 5.832.000/bulan dengan rate $13.500.

Dengan perhitungan diatas maka ROI untuk pengembalian modal pembelian alat dikisaran 10 bulan. Jika kita bandingkan dengan perangkat Mining Rig berbasis GPU tentunya ASIC Miner memiliki efisiensi lebih baik. Dengan 50 juta anda bisa membangun sebuah mining rig namun hasil yang didapatkan dan daya listrik yang digunakan tentunya untuk kembali modal jauh lebih lama.

Jika anda memutuskan untuk membeli perangkat ASIC tentunya harus dipertimbangkan terlebih dahulu seperti biaya perawatan dan naik turunnya harga Bitcoin.

Seperti yang sering admin sampaikan bahwa untuk mining Bitcoin dengan cara atau metode apapun juga membutuhkan persiapan yang matang, terutama dari sisi psikologis diri kita apakah siap menghadapi kerugian atau tidak !
Advertisement

Informasi Tambahan:

Your Reactions:

Admin
Ini adalah tentang ku dan Blog ini yang senang menyukai hal-hal baru di bidang teknologi komputer dan seputar Blog.