Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ulasan Niagahoster Layanan Hosting dan Domain Unlimited

Ulasan Niagahoster Hosting dan Domain Unlimited
Niagahoster adalah penyedia layanan Web Hosting dan Domain termurah dan terbaik yang berada peringkat 10 besar di Indonesia. Walaupun pemain baru Niagahoster mampu menunjukkan kredibilitas dalam mengikuti persaingan dengan penyedia layanan lainnya. Apa alasan admin membuat ulasan tentang layanan Niagahoster ? Sebelum admin mengungkap alasannya berikut adalah darimana anda harus memulai jika ingin membuat website ! Budayakan membaca sampai selesai yah SOB agar gak gagal paham hehe.

Apakah perbedaan Website dan Blog ? 

Yang menjadi perbedaan dari Website dan Blog secara alamiah memiliki kesamaan yaitu untuk menyampaikan sesuatu kepada pengguna internet baik berupa konten, produk maupun identitas. Yang membedakannya hanya halaman website lebih lebih condong profesional, seperti contohnya website Niagahoster sebuah perusahaan penyedia layanan hosting dan domain yang mengedepankan produk-produk dan sarat penuh dengan informasi bagi penggunanya.


Sedangkan Blog lebih condong ke identitas seseorang dimana didalam blog tersebut terdapat konten/artikel yang menjelaskan tentang pemilik blog. Misalnya tentang Blog ini yang berisi tentang seputar teknologi komputer dan internet dimana konten yang terdapat dalam blog ini secara tidak langsung pemiliknya ahli dalam bidangnya.


Apakah Blog bisa menjadi lebih profesional ?

Tentu saja bisa tergantung bagaimana cara anda meng-optimasi agar blog lebih profesional.  Seperti Blog ini agar lebih terlihat profesional dari "http:\\rallabuma.blogspot .co.id" menjadi "ralabuma.com" tanpa ada kata "blogspot". Bagaimana cara membuat ".com, .id, .info, .net dan masih banyak lagi ! Sesuai judul artikel diatas maka yang bisa anda lakukan agar blog menjadi lebih baik tentunya ada yang perlu anda perhatikan sebagai berikut :


Pengertian Domain

Pengertian domain adalah suatu nama unik yang memiliki fungsi untuk mengidentifikasi sebuah server komputer pada jaringan internet atau komputer. Dimana nama domain tersebut terdiri dari angka-angka yang biasa kita sebut IP Address. Untuk mempermudah dalam mengenal suatu alamat website maka diberikanlah nama unik misalnya contoh saja IP Address nya "88.167.60.54" agar pengguna lebih mengenal alamat website yang biasa disebut URL maka diberikanlah nama unik contohnya "niagahoster.co.id". Sudah mengerti ? Oke kita lanjut !


Nama domain sendiri terdiri dari beberapa bagian yang dipisahkan dengan tanda "titik" dan mempunyai akhiran yang berbeda-beda. Domain yang sifatnya profesional di sebut Top Level Domain (TLD). Pada situs Niagahoster sendiri telah tersedia nama domain dengan harga murah bahkan gratis (free) yang kelasnya TLD dan diperuntukkan untuk Personal seperti "com, net, org, info, in, asia, web.id, biz.id, my.id"


Sedangkan bagi anda yang berbasis kategori Perusahaan, Organisasi atau Sekolah, nama domain yang bisa anda dapatkan di Niagahoster seperti "co.id, sch.id, or.id, ac.id". Jika anda mengingikan nama lainnya terdapat nama akhiran lainnya lebih dari 100 jenis nama domain.  


Harga domain yang ditawarkan di Niagahoster sangat bervariasi, jika anda mujur mereka akan berikan secara gratis jika sekaligus mengambil paket Hosting. Tapi jika hanya membeli domainnya saja harga standar yang ditawarkan Rp. 105.000 berlaku selama satu tahun. Harga domain di Niagahoster ketika ada promo yang pernah saya dapatkan adalah mulai dari Rp. 12.000 dan Rp. 50.000 (sebelum pajak).


Cara Bijak Memilih Hosting Terbaik

Apa sajakah kelebihan jika anda memilih layanan Hosting di Niagahoster ?  Untuk menentukan hosting mana yang lebih baik ada bagusnya anda mempertimbangkan hal-hal berikut ini :


  1. Uptime dan Downtime
  2. Page Load Time
  3. Bandwitdh
  4. Garansi / Jaminan
  5. Support / Layanan Pelanggan
  6. Paket Harga 
  7. Panduan Dasar


Agar tidak terlalu banyak penjelasan secara gamblang tentang cara memilih hosting yang baik untuk website anda, hal yang PALING UTAMA harus di PERHATIKAN antara lain jenis Web Hosting yang mereka tawarkan  seperti Shared Hosting, VPS, atau Dedicated Hosting dan fitur-fitur seperti dibawah ini.

Niagahoster Hosting dan Domain Unlimited

1. Uptime dan Downtime

Pengertian Uptime dan Downtime adalah berapa lama waktu server hosting dapat diakses selama kurun waktu satu hari atau satu bulan dan berapa situs tidak dapat diakses (downtime). Misalnya sebagai contoh jaminan Uptime yang diberikan oleh Niagahoster kepada pelanggan yang memilih server hosting adalah 9,98% maka dalam satu bulan situs anda kurang lebih 7,2 jam akan mengalami downtime, dan jika kita bagi hitung perharinya berarti kurang dari 2 menit situs anda akan mengalami downtime. Anda bisa menggunakan uptimerobot untuk memonitor server uptime web anda secara realtime.

2. Page Load Time 

Website yang memiliki waktu rata-rata diatas 5 detik ketika membuka salah satu halaman menurut data analisis Google situs lainnya akan kehilangan penggunanya sebanyak 10%. Sedangkan website yang mempunyai waktu dibawah 2 detik dipastikan tidak akan kehilangan visitor.

Ketika saya melakukan analisis terhadap web yang menggunakan server hosting dari  Niagahoster rata-rata dalam membuka halaman suatu website hanya membutuhkan kurang lebih dari setengah detik atau sekitar 498 ms (mili second). Jika anda penasaran silahkan test situs anda menggunakan Toolspingdom jika menggunakan server hosting Niagahoster.


3. Bandwidth dan Data Penyimpanan

Pengertian Bandwidth adalah jumlah size/ukuran suatu data yang dikirimkan oleh sebuah web hosting kepada pengguna yang membuka halaman website. Contoh alamiah nya begini yah sob ! anggap Hosting itu sebuah rumah yang berukuran Tipe 24, ketika ada tamu yang berkunjung hanya 5 orang mungkin bisa menampung, tapi apa jadinya jika yang mendatangi rumah anda 100 orang ? pastinya akan membludak dan yang tidak bisa masuk akan menunggu diluar bukan !

Begitu pula dengan web hosting jika menggunakan Bandwidth yang ukurannya kecil tentu saja ketika pengunjung membludak akan berdampak pada website dengan mengalami penurunan Bandwidth dan pengguna merasa untuk mengakses situs anda terlalu lama yang akhirnya mereka meninggalkan situs anda.


Data penyimpanan sendiri memiliki fungsi untuk menyimpan konten, gambar, atau video yang anda upload contohnya paket yang ditawarkan terdapat data penyimpanan sebesar 500 mega byte (mb) maka jika melebihi kapasitas penyimpanan tersebut anda harus melakukan upgrade ke yang lebih besar.


Niagahoster sendiri memberikan Bandwidth dengan kapasitas penyimpanan unlimited / tak terbatas untuk anda yang menggunakan web hosting Paket Pelajar, Personal dan Bisnis.



Bandwidth unlimited bukan berarti anda bisa menyimpan data seenaknya pasti ada batasannya. Tanyakan pada penyedia layanan tentang KETENTUAN Bandwidth unlimited tersebut.


4. Garansi / Jaminan

Untuk masalah garansi atau jaminan di Niagahoster sendiri berani memberikan dalam bentuk uang kembali jika mengambil server hosting. Contohnya yang berhubungan dengan Uptime dan Downtime dimana server uptime yang diberikan adalah jaminan 99,98% atau 7,2 jam perbulannya, dan ketika dalam satu bulan lebih situs anda mengalami downtime melebihi waktu tersebut maka anda berhak mengajukan klaim garansi uang kembali.

Sebelum mengajukan klaim pastikan terlebih dahulu bahwa hal tersebut bukan kesalahan dari pihak anda. Penyebab downtime bisa terjadi antara pemilik website dan penyedia layanan itu sendiri.     


5. Support (layanan pelanggan)

Hal lainnya yang patut anda perhitungkan ketika memilih server hosting adalah support atau layanan pelanggan. Hal tersebut dapat memudahkan anda untuk mengatasi segala sesuatu yang terjadi pada website atau ingin lebih banyak mengetahui semua informasi produk layanan hosting yang akan diambil.


Pengalaman saya dengan menggunakan web hosting di Niagahoster ketika terjadi permasalahan tidak membutuhkan waktu yang lama. Hal tersebut karena Niagahoster mempunyai layanan support terbaik di Indonesia secara realtime/live chat atau lebih dikenal dengan 24/7 (layanan online selama 24 jam 7 hari) dibandingkan dengan penyedia hosting lainnya. 


Contohnya ketika saya menggunakan layanan hosting lain sebelum menggunakan hosting dari Niagahoster dimana saya harus mengirim email atas segala permasalahan yang terjadi pada website dimana saya harus menunggu email konfirmasi yang belum tentu dibalas langsung, sedangkan situs tidak dapat di akses dan merupakan kerugian tersendiri bagi saya. 

Contohnya jika anda mempunyai website dengan pengunjung 10.000 orang perharinya sedangkan website tidak dapat diakses selain kehilangan pendapatan tentu saja akan kehilangan visitor. Dengan kasus tersebut saya tanpa berpikir panjang mengalihkan server hosting ke Niagahoster dimana segala sesuatu yang diperlukan untuk meningkatkan performance website agar kasus yang sama tidak terulang lagi tersedia di Niagahoster.

6. Keamanan

Pertimbangan lainnya adalah masalah keamanan server hosting itu sendiri. Teknologi secanggih apapun memang tidak ada yang sempurna. Seperti DDos (Distributed Denial of Service Attack)) adalah suatu jenis program yang dibuat untuk menyerang server komputer agar sumber daya di dalamnya menjadi lumpuh. Tentu saja hal ini menjadi bagian yang paling utama diperhatikan oleh Niagahoster. 

Untuk mengatasi serangan tersebut Niagahoster melindungi server nya dengan Bitninja Smart Server Security yang memiliki fungsi untuk melakukan Proteksi Hacker, DDoS, BotNet, Spam dan Malware yang datang ke website anda. 

niagahoster server hosting security

Fitur lainnya untuk melindungi serangan ke situs anda ketika anda membeli paket web hosting akan mendapatkan domain yang telah dilindungi oleh sertifikat SSL/HTTPS. Domain yang mempunyai sertifikat SSL lebih aman dibandingkan dengan yang tidak memakai. SSL juga berfungsi untuk meningkatkan peringkat website dan mudah dirayapi oleh mesin pencari, khususnya bagi anda yang mendalami ilmu SEO tentunya fitur SSL/HTTPS ini sangat berguna sekali.

7. Harga Hosting

Harga Web Hosting dari beberapa layanan bisa berbeda-beda. Harga bukanlah menjadi bahan pertimbangan ketika anda ingin memiliki sebuah website yang di hosting. Harga untuk membeli layanan web hosting sangat bervariatif mulai dari yang mahal, murah sampai yang termurah.

Jangan terpengaruh dengan harga yang mahal maupun murah, lihat dulu fitur dukungan dan spesifikasi yang mereka tawarkan. Agar mempermudah anda untuk menentukan pilihan web hosting mana yang akan digunakan, paket web hosting yang Niagahoster tawarkan bisa menjadi bahan perbandingan dengan penyedia server hosting lainnya.


Harga Paket Hosting Niagahoster Unlimited

    Kesimpulan dari paket harga web hosting tersebut adalah :

    1. Paket Bayi, adalah pilihan web hosting bagi anda yang hanya untuk kepentingan personal saja seperti menuangkan segala bentuk hobi/pikiran anda sehari-hari.
    2. Paket Pelajar, bagi anda yang pemula dan pastinya akan memiliki trafik yang belum signifikan dan ketika mulai ada peningkatan paket pelajar ini sangat cukup kecuali penggunjung sudah mulai membludak anda harus melakukan upgrade ke yang lebih tinggi.
    3. Paket Personal, paket ini paket hosting unggulan dari Niagahoster yang banyak dipilih oleh pengguna terdaftar dan untuk harga saya rasa sangat seimbang dengan fitur-fitur yang ditawarkan.
    4. Paket Bisnis, adalah paket bagi anda yang ingin benar-benar memiliki performance website lebih baik lagi. Semua fitur tambahan ada dalam paket ini dibandingkan dengan ketiga paket sebelumnya.      

    Berikut adalah Table Perbandingan Fitur Web Hosting Niagahoster antara Paket Bayi, Pelajar, Personal dan Bisnis



    DISKON 40% + DOMAIN DAN SSL GRATIS SELAMANYA untuk Anda
    Perbandingan Fitur Paket Hosting Bayi Pelajar Personal Bisnis
    Kontrak Minimum 1 Tahun 6 Bulan 6 Bulan 6 Bulan
    Domain Gratis Selamanya Tidak Ya Ya Ya
    Server IIX Indonesia Ya Ya Ya Ya
    Bandwidth UNLIMITED UNLIMITED UNLIMITED UNLIMITED
    Disk Space 500MB UNLIMITED UNLIMITED UNLIMITED
    Aktivasi Instan Ya Ya Ya Ya
    Mendukung Dedicated IP Tidak Tidak Tidak Ya
    Gratis Let's Encrypt SSL Ya Ya Ya Ya
    Garansi 30 Hari Ya Ya Ya Ya
    Uptime 99.98% Ya Ya Ya Ya
    Livechat Support
    LIVE Chat Sekarang
    BitNinja Smart Security Ya Ya Ya Ya
    Website Builder Ya Ya Ya Ya
    Private Name Server Tidak Tidak Ya Ya
    19.800/Bln 44.800/Bln 67.800/Bln 91.800/Bln


    Harga Paket Web Hosting Niagahoster tersebut sudah termasuk antara lain :

    • Bandwidth Unlimited & Gratis SSL Selamanya
    • Domain gratis selamanya (Selain Paket Bayi)
    • Panel kontrol mudah digunakan dari cPanel®
    • Softaculous: Install WordPress, Joomla, dll.
    • (320+ apps)
    • Aplikasi website builder
    • Fitur optimasi mesin pencari dari Attracta SEO tools
    • Monitoring keamanan dan proteksi DDoS 24/7
    • Bantuan pelanggan profesional 24 jam nonstop
    • Pilihan server hosting Jakarta dan Singapura
    • Garansi uptime 99.9% dan garansi 30 hari uang kembali

    Kelebihan Hosting Niagahoster

    Berbicara masalah kelebihan pasti terdapat kekurangannya bukan ? Segala kelebihan yang dimiliki Niagahoster sebagai penyedia hosting dan domain sudah saya jelaskan diatas seperti yang saya rangkum dibawah ini :
    1. Garansi Termurah, mereka menjamin bahwa harga yang mereka tawarkan adalah yang termurah dari penyedia lainnya.
    2. Garansi 30 Hari Uang Kembali, disini mereka menjelaskan bahwa setelah anda menggunakan layanan hosting namun tidak sesuai apa yang  mereka tawarkan anda berhak melakukan klaim dengan jaminan uang kembali.
    3. Support Terbaik, mereka telah membuktikan bahwa survey mengatakan Niagahoster adalah penyedia layanan web hosting dan domain dengan support terbaik bagi pelanggannya maupun calon pengguna baru.
    4. Server Uptime, untuk memastikan kepada anda bahwa website anda akan memiliki performa lebih baik karena sumber daya komputer yang mereka miliki mampu memberikan jaminan sebesar 99,98% untuk Server Hosting yang anda gunakan. 
    5. Pengetahuan Dasar, Cobalah anda memasuki halaman Pengetahuan Dasar yang disediakan oleh Niagahoster seperti pertanyaan, cara setting, cara pembayaran, cara pemesanan hosting dan domain dll.


    Anda bisa menggunakan layanan support terbaik dari mereka sebagai acuan untuk mendapatkan lebih jauh tentang produk web hosting yang mereka tawarkan. Atau halaman pengetahuan dasar untuk secara lebih jauh tentang layanan mereka dimana sangat komplit dan memiliki fungsi sebagai acuan bagi anda yang baru menggunakan web server hosting.

    Kekurangan Web Hosting Niagahoster

    Kekurangan bagi saya ketika melakukan review terhadap penyedia layanan web hosting seperti Niagahoster ini, lebih banyak kelebihan dibandingkan dengan kekurangannya.

    Kekurangan khususnya terdapat pada paket Bayi dimana spesifikasi penyimpanan yang ditawarkan relatif kecil. Jika saja di perbesar sedikit atau menjadi unlimited itu lebih baik agar generasi muda/pemula/Usaha kecil Menengah yang notabene masih mengandalkan server bisa beralih untuk menggunakan server hosting Niagahoster. Dari total 30.000 lebih pengguna hosting Niagahoster Paket Bayi hanya mempunyai pengguna terdaftar saat ini 1.765 orang saja.



    Demikian review tentang Niagahoster selaku perusahaan penyedia layanan Web Hosting dan Domain yang menurut admin mampu memberikan layanan terbaik bagi penggunanya walaupun perusahaan ini terbilang masih sangat muda.

    4 komentar untuk "Ulasan Niagahoster Layanan Hosting dan Domain Unlimited"

    1. Saya sendiri merasakan layanan support dari mereka sangat baik dan responsif terhadap keluhan dan langsung ditangani. Mereka sangat mengerti dengan istilah "Pembeli itu Raja" Sukses yah Niagahoster selaku penyedia layanan Hosting dan domain terbaik dan termurah di Indonesia. Semoga makin bagus pelayanan maupun produknya..

      BalasHapus
      Balasan
      1. terima kasih mbak pit, monggo di order hosting niagahosternya hehe

        Hapus
    2. Keren ulasannya. Sangat lengkap dan jelas. Beberapa website yang saya kelola juga menggunakan domain dari Niagahoster. Dan yang paling saya suka dari penyedia layanan ini adalah customer service nya yang ramah dan fast respon. Sukses selalu Niagahoster. Ke depannya semoga pelayanannya semakin bagus dan ditingkatkan lagi agar saya dan pelanggan yang lain tak bisa ke lain hati :D

      BalasHapus
      Balasan
      1. terima kasih atas atensi nya terhadap penyedia layanan hosting dan domain niagahoster

        Hapus