Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dibalik Harga dan Kelebihan Printer Infus Pasti Terdapat Kekurangannya ! Apa Itu ?

Dibalik Harga dan Kelebihan Printer Infus Pasti Terdapat Kekurangannya ! Apa Itu ?
Selain harga yang relatif mahal, setiap jenis printer infus terdapat kelebihan yang dimilikinya, namun dibalik kelebihannya tentu saja terdapat kekurangan. Printer infus pada dasarnya sebuah unit printer yang di modifikasi dengan menggunakan tinta yang terdapat dalam botol. Mahalnya harga tinta asli membuat para pengguna printer mencari alternatif lain yaitu dengan cara menghubungkan cartridge dengan tinta semacam tabung/botolan dan menggunakan selang untuk mengalirkan tinta ke dalam cartridge  yang kemudian menjadi populer dengan nama printer infus. 

Hampir semua printer inkjet dapat dimodifikasi menjadi printer infus. Selama printer tersebut menggunakan tinta dan cartridge. Keberadaan printer infus menjadi alternatif bagi penyedia jasa rental pengetikan khususnya untuk tetap memberikan harga termurah kepada pelanggannya. 


Kelebihan Printer Infus

Berikut adalah kelebihan jika anda menggunakan printer infus antara lain :


  1. Tidak takut kehabisan tinta perbandingan isi tinta infus 10x lebih banyak daripada isi dalam cartridge yang hanya 5 - 10 ml. 
  2. Monitoring isi tinta lebih mudah karena terlihat langsung oleh mata.
  3. Pengisian tinta ke dalam tabung lebih mudah karena berada diluar printer dan tidak membuat kotor tangan (kecuali anda ceroboh ketika mengisi). 
  4. Harga tinta botolan masih terjangkau.
  5. Hasil cetak lebih banyak mencapai ribuan lembar.


Kekurangan Printer Infus

Dibalik segala kelebihan yang dimiliki oleh printer jenis infus pasti ada kekurangannya antara lain :
  1. Harga printer Infus relatif mahal.
  2. Kualitas tinta bisa dibilang untuk masalah cetak warna tidak maksimal.
  3. Cartridge Cepat Rusak karena intensitas volume pamakaian cenderung lebih banyak. Cartridge juga mempunyai usia kapan harus waktunya ganti. 
  4. Banyaknya tinta dalam tank infus belum tentu sebanding dengan kekuatan Cartridge. Kadang tinta dalam tank masih setengah tapi cartridge sudah mulai mengalami error dengan adanya peringatan harus ganti cartridge atau hasil cetak sudah mulai tidak normal.   
  5. Sering masuk angin hehehe bukan sakit yah sob tapi terdapat udara dalam aliran selang yang mengakibatkan tinta tidak mengalir/telat masuk kedalam cartridge.
  6. Selang yang masuk kedalam cartridge yang sudah dilobangi biasanya mengalami kebocoron untuk udara masuk ketika dalam proses pencetakkan, tentunya walaupun printer bisa mencetak namun tinta yang didalam tabung tidak bisa tersedot masuk kedalam tank/cartridge tinta.
  7. Pengguna printer infus lebih condong tidak bisa mengatasi permasalahan ketika cartridge tinta mengalami masalah.     


Banyak yang mengatakan cartridge printer infus itu lebih awet karena jarang dibuka/diangkat, yang bikin awet cartridge itu printer jarang digunakan alias intensitas penggunaannya seperti komputer individu yang pasti melakukan print hanya waktu tertentu saja, tidak seperti di tempat rental komputer yang tiap saat print/mencetak itu yang membuat cartridge menjadi panas dan cepat rusak.

Cara Menggunakan Printer Infus Dengan Bijak

Untuk menggunakan printer sepertinya tidak perlu tutorial yang sob, hanya lakukan perintah print kemudian selesai deh. Namun ada baiknya anda menggunakan printer dengan bijak juga yah guys, hal ini dimaksudkan agar printer tetap terjaga dan awet alias tahan lama, khususnya buat anda yang menggunakan printer jenis infus. Berikut penjelasannya !


  • Jika dokumen yang anda cetak banyak, istirahatkan printer sebentar saja agar cartridge tidak mengalami panas berlebih.
  • Jauhkan barang-barang yang mudah masuk kedalam lobang tempat menaruh kertas seperti pulpen, isi hekter, baut. (admin sering membetulkan masalah kertas yang tidak bisa masuk, hal yang banyak terjadi terdapat sesuatu yang masuk kedalam roll kertas dan menyebabkan printer mengeluarkan perintah "paper jam" atau error 500 dan lainnya.
  • Bersihkan printer ketika banyak debu, walaupun debu tidak ada mungkin membuat printer error, namun dengan kebersihan yang kita jaga mampu membuat printer tersebut menjadi awet (ibarat rumah bagus yang tidak dihuni dna dibersihkan pasti rusak kan sob).
  • Jika printer jarang digunakan lakukan print agar mulut head pada cartridge tidak mengalami pembekuan/mengering.    


Harga Printer Infus

Printer Infus memang memiliki harga yang relatif mahal. Masing-masing merek printer yang menggunakan sistem infus mempunyai kelebihan dan kekurangannya, namun semua itu kembali kepada penggunanya bagaimana memperlakukan dan menggunakan printer tersebut dengan baik. Berikut adalah harga printer infus terbaru dari semua jenis merek :

1. Canon G-Series

  • Canon printer seri G2000 dan G4000 adalah jenis printer inkjet terbaru yang menggunakan tabung tinta didalamnya.
  • Mampu mencetak sebanyak 6000-7000 halaman.
  • Fitur yang ditawarkan seperti Scan, Copy dan Print.
  • Untuk fitur printer G4000 ditambahkan koneksi WIFI untuk melakukan pencetakan melalui gadjet yang terhubung dengan WIFI.
  • Harga printer Canon G Series 2000 Rp. 1.800.000,- sedangkan G4000 Rp. 3.400.000,-.


Harga Printer Canon Terbaru Seri G2000 dan G4000
G Series



2. Canon MP287  Series

  • Printer infus Merk Canon MP287 ini mulai hilang dari pasaran, jenis ini banyak digunakan selain mempunyai performance yang baik karena dapat melakukan Scan, copy, dan print juga kualitas cetak untuk gambar lumayan bagus.
  • Harga printer infus merek Canon MP 287 saat ini Rp. 990.000,- 

3. Printer Epson Ink Tank Series

  • Harga Printer Epson Series L120 Rp. 1.475.000
  • Harga Printer Epson Series L310 Rp. 1.700.000
  • Harga Printer Epson Series L360 Rp. 2.100.000
  • Harga Printer Epson Series L1455 All in One Rp. 12.350.000- 
  • Harga Printer Epson Series L1800 A3 Rp. 6.850.000,-
  • Harga Printer Epson Series L1300 A3 Rp. 1.700.000
Harga Printer Epson Series L
Type Printer Epson L Series

 4. Printer HP In Tank Series

  • Harga Printer All-in-One HP DeskJet GT 5810 Rp. 1.750.000
  • Harga Printer All-in-One HP DeskJet GT 5820 Rp. 2.400.000


Harga Printer HP Deskjet G Series 5810 All in One
Printer HP Al in One Series

Harga printer diatas dapat berubah dan tidak mengikat, jika anda ingin membelinya silahkan cek harga sebelumnya. Itulah harga dan jenis merk printer infus atau in tank yang terbaru dan banyak digunakan saat ini, dengan segala kelebihan dan kekurangnya. 

Posting Komentar untuk "Dibalik Harga dan Kelebihan Printer Infus Pasti Terdapat Kekurangannya ! Apa Itu ?"