Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memperbaiki File Doc Yang Berubah Virus Jse

Cara Mengatasi Virus JSE Yang Merubah File Doc
Kali ini saya akan berbagi cara memperbaiki file ms word seperti .doc yang menjadi .jse yang disebabkan oleh virus. Jenis virus seperti masih banyak beredar melalui email, download atau pun dari flashdisk yang  meng-infeksi komputer. Alasan admin membuat artikel ini karena sesuai pengalaman baru-baru ini ketika file yang akan klien kirim melalui email ditolak oleh gmail karena mengandung virus. Selidik punya selidik ternyata file tersebut ternyata bukan file aslinya yang mempunyai jenis ektension .doc melainkan .jse.  

Karena computer admin menggunakan anti virus original dan selalu update maka hard disk yang terinfeksi virus .jse tersebut saya masukan ke laptop untuk dilakukan scan virus. Hasilnya ternyata bukan hanya satu virus yang meng-infeksi file-file didalamnya lebih dari 20 jenis. Bagaimanakah cara membersihkan file doc yang terinfeksi jse ? 

Bagaimana Virus JSE merubah File Doc  

File yang mempunyai akhiran .doc atau .docx adalah file dokumen yang dibuat dari ms word. File yang berjenis .doc mudah di infeksi oleh virus dengan merubah file asli atau menduplikasi file tersebut menjadi dua. File asli biasanya disembunyikan oleh virus dengan mengakali sistem pada windows agar file asli tersebut terhidden. Sedangkan file yang hasil duplikasi yang dibuat oleh virus akan terlihat oleh anda sebagai file aslinya pada file tersebut palsu. 

Kemudian bagaimana virus tersebut merubah file ? Ketika anda membuka dokumen palsu tersebut secara otomatis file yang anda buat dari ms word tersebut akan berubah menjadi .jse atau .exe dan jenis ektension lainnya yang mengandung virus. 

Cara Memperbaiki File doc Yang Berubah Virus jse
Jenis virus yang merubah file doc menjadi jse
Permasalahan yang timbul setelah dilakukan scan virus adalah file dokumen yang ber-ektension .jse tersebut hilang. Biasanya sih admin tidak panik, namun karena file tersebut dan harus dikirim segera maka admin panik juga hehehe. 

Kemudian admin mencoba beberapa cara untuk mengembalikan file dokumen yang sudah berubah .jse tersebut dengan cara menggunakan data recovery dan hasilnya data tersebut kembali namun masih berbentuk .jse yang tidak bisa dibuka sama sekali. Jika dibuka maka kemungkinan untuk meng-infeksi laptop admin sendiri bisa terjadi.    


Cara Mengatasi Virus JSE

Ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi virus yang merubah file .doc menjadi .jse. Yang jadi pertanyaan dibenak anda mungkin dengan menggunakan anti virus permasalahannya akan selesai ? sudah pasti selesai dong ! Tapi mengenai data penting anda setelah virus tersebut hilang apakah bisa di kembalikan ? hehe budayakan membaca sampai selesai yah sob agar mengerti segala permasalahannya.
  1. Cara pertama adalah melakukan scanning virus dengan menggunakan antivirus terbaru. (walaupun jenis anti virus tersebut baru tapi gak pernah update jadi anti virus jadul juga yah sob). Jika antivirus yang anda gunakan bisa me-remove virus maka selesailah sudah permasalahan anda.
  2. Cara kedua pastinya jika anda sudah mentok pasti akan melakukan format instal ulang bukan ? apakah itu akan memperbaiki masalah file doc yang sudah menjadi .jse ? Dan tidak menutup kemungkinan virus tersebut akan kembali bukan !
Cara-cara diatas adalah memang sebuah solusi. Inti utama dari pembahasan artikel ini adalah bagaimana cara mengembalikan file doc yang sudah dirubah oleh virus menjadi jse.  Berikut adalah macam-macam cara mengembalikan file ms word (doc) yang sudah berubah menjadi jse :

Cara Melihat File yang di Hidden

Cara pertama yang harus anda lakukan adalah memastikan file asli yang di hidden oleh virus bisa tampil. Pengaturan default sistem windows jenis file hidden tidak akan terlihat. Namun jika kita rubah pengaturannya maka file yang tersembunyi pun akan tampil. Berikut cara meng-aktifkan pengaturan agar file yang hidden bisa terlihat :
  • Buka Windows ExplorerOrganizeFolder and Search OptionTab menu View → dan Beri Tanda pada Show Hidden Files, Folders and Drives


Kemudian anda buka flashdisk, folder atau hard disk yang terdapat file doc yang sudah berubah file jse tersebut. Pastikan apakah selain file jse apakah terdapat file ms word yang penampakannya sedikit buram dan mempunyai nama file sama dengan jse (misalnya pengumuman.jse dan pengumunan.doc) jika ada itulah file asli anda yang berakhiran .doc. 

Agar tidak terhidden klik kanan pada file tersebut dan hilangkan ceklis tanda hidden. Maka file tersebut bisa anda buka. Kemudian file palsu yang berjenis jse silahkan anda delete dan bersihkan Recycle Bin (tong sampah).  

Jika cara yang diatas tidak menyelesaikan masalah dan tidak terdapat file tersembunyi walaupun pengaturan show hidden sudah diaktifkan maka virus tersebut memang lebih canggih dari virus biasanya yang bisa merubah file ke jse. Berikut cara lainnya untuk mengembalikan file jse menjadi doc kembali :

Cara Memunculkan File Hidden dengan CMD

Cara ini adalah metode terakhir yang bisa memunculkan file yang di hidden oleh virus akibat dirubah menjadi jse dengan menggunakan cmd (command prompt). Berikut penjelasan singkatnya :
  • Buka file CMD dengan menekan Logo "Win + R" pada keyboard.
  • Kemudian pada kotak run tulis "cmd"
  • Kemudian anda ketik "attrib -h -r -s /s /d G:\*.*" (silahkan copy huruf yang dibold tanpa tanda petik dan paste menggunakan mouse) kesalahan dalam penulisan akan menyebabkan perintah tersebut tidak berjalan.

Cara Memunculkan File Hidden dengan CMD

Yang perlu anda perhatikan dan pastikan adalah huruf G warna merah. Jika drive yang terdapat jse di drive D maka ganti G dengan D.
  • Kemudian lakukan ENTER dan tunggu sampai selesai.
  • selanjutnya anda lihat salah satu folder yang terdapat file .jse nya maka akan terdapat file asli yang berbentuk dokumen word (doc) atau (docx). lihat pada penampakan gambar pertama diatas artikel.
  • Pisahkan data asli dan hapus file jse nya.
  • Setelah backup lakukan scan virus..selesai.
Nah itulah pengalaman admin untuk memperbaiki file doc yang berubah jse dikarenakan virus yang bisa merubah dan menduplikasi file. Semoga Bermanfaat dan Say No to Copy Paste

Posting Komentar untuk "Cara Memperbaiki File Doc Yang Berubah Virus Jse"