Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengaktifkan Fitur Network and Sharing Center Pada Windows 7

Cara Mengaktifkan Fitur Network and Sharing Center Pada Windows 7
Pada beberapa komputer yang terkoneksi dengan sebuah jaringan dapat melakukan berbagi file, menggunakan ataupun mengakses salah satu komputer dalam hal ini biasanya disebut server dan bisa juga mengakses client lainnya. Bisa juga melakukan pencetakan tanpa harus menggunakan printer, dengan pengertian terdapat 1 printer yang bisa digunakan secara bersamaan dengan beberapa komputer. 

Dengan teknik sharing printer maka tidak perlu lagi menggunakan banyak printer, cukup 1 unit saja dan bisa digunakan oleh setiap komputer yang sudah terkoneksi dengan komputer yang memiliki printer.

Printer dapat di sharing dengan jenis jaringan Local Area Network atau pun Peer-to-Peer. Pada windows 7 anda harus terlebih dahulu mengaktifkan fitur sharing jika belum aktif maka komputer lainnya tidak bisa melakukan pencetakan. Fitur sharing sendiri berfungsi untuk berbagi file dokumen, printer atau pun sebuah perangkat device seperti Harddisk atau DVD Room.


Cara Mengaktifkan Fitur Network anda Sharing Center

Pada windows 7 terdapat fitur sharing dalam keadaan off. Maka agar bisa melakukan sharing printer dan lainnya harus anda aktifkan terlebih dahulu dalam mode On. Berikut cara mengatifkan fitur sharing menggunakan windows 7 (bagi yang menggunakan windows 8 dan 10 tidak jauh berbeda hanya penyesuaian saja) :

cara setting network and sharing center

Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk membuka konfigurasi sharing seperti :

  1. Pada jendela taskbar yang dibawah sebelah kanan yang disebut Open Network and Sharing Center atau pada jendela Control Panel cari menu Network anda Internet dan pilih opsi Network and Sharing Center.
  2. Kemudian cari submenu Change Advanced Sharing Setting yang terdapat pada jendela halaman sebelah kiri Network and Sharing Center.
  3. Kemudian akan muncul perintah lainnya dan perlu anda lakukan ceklis saja dalam mode On dan supaya tidak ada konfirmasi password sebaiknya pada pilihan proteksi password di non-aktifkan saja alias off.
Setelah itu anda save.Jika anda sudah melakukan semua itu dengan benar maka fitur sharing center sudah bisa digunakan atau mode aktif.  Ketika sudah aktif maka komputer yang terhubung dengan sebuah komputer yang sudah melakukan sharing dapat mengakses komputer tersebut baik berbagi file atau pun lainnya. Selamat Mencoba

Posting Komentar untuk "Cara Mengaktifkan Fitur Network and Sharing Center Pada Windows 7 "