Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Kabel UTP Straight Untuk Koneksi Jaringan Komputer

Cara Membuat Kabel UTP Straight Untuk Koneksi Jaringan Komputer
Bagaimanakah cara membuat kabel UTP straight dalam sebuah jaringan komputer ? Jika akan membangun sebuah jaringan komputer maka diperlukan perangkat pendukung yang berfungsi untuk menghubungkan semua komputer dalam satu jaringan, salah satunya kabel UTP. Pada jenis kabel UTP terdapat 8 kabel didalamnya dengan warna yang berbeda-beda untuk memudahkan kita membuat urutan kabel LAN yang akan dibuat. 

Jika satu ujung konektor seperti RJ45 terdapat kabel yang tidak sesuai standar jaringa maka otomatis akan mengalami masalah seperti tidak adanya koneksi/tidak terhubung dengan komputer lainnya.

Fungsi Kabel UTP Straight

Sesuai dengan standarisasi pada sebuah jaringan komputer, Kabel UTP Straight memiliki fungsi untuk menghubungkan banyak komputer dengan sebuah komputer server. Adapun jenis kabel UTP Straight bisa menghubungkan antara lain :

  1. Untuk mengkoneksikan dari HUB ke Router.
  2. Untuk mengkoneksikan komputer dengan Switch.
  3. Untuk mengkoneksikan Router dengan LAN ke modem Kabel atau DSL
  4. Untuk mengkoneksikan Komputer dengan LAN kepada Modem Kabel/DSL
  5. Untuk mengkoneksikan Switch kepada Router.

Agar kabel Straight berfungsi dengan baik maka standar yang digunakan adalah tipe yang paling banyak digunakan adalah TIA/EIA 368B sedangkan TIA/EIA 368A bisa digunakan namun jarang sekali dipakai namun memiliki fungsi yang sama. Pada tipe pertama yang sering digunakan pada ujung kabel UTP akan memiliki urutan kabel yang sama dari ujung satu ke ujung lainnya. Jika anda melihat konektor RJ45 yang sudah terdapat kabel UTP dari sisi belakang maka akan didapatkan urutan pemasangan kabel sebagai berikut dimulai dari kiri ke kanan :

  1. Putih Orange - Orange
  2. Putih Hijau - Biru
  3. Putih Biru - Hijau
  4. Putih Coklat - Coklat


Alat Untuk Membuat Kabel LAN

Untuk membuat kabel UTP/LAN yang tipe Straight maupun Cross diperlukan peralatan sebagai berikut :
  • Kabel UTP/LAN
  • Konektor RJ45
  • Crimping Tools
  • Tester LAN untuk port RJ45
Jika akan mengkoneksikan komputer dengan komputer lainnya cukup ujung konektor yang ujung pertama ditancapkan dengan kartu jaringan (LAN CARD) dan ujung lainnya ke HUB. Jika kabel lan tidak terdapat masalah maka anda sudah bisa menghubungkan komputer satu dengan banyak komputer lainnya. Selamat Mencoba

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Kabel UTP Straight Untuk Koneksi Jaringan Komputer"