Apa Perbedaan Ethereum dan Bitcoin
Apa Perbedaan Ethereum dan Bitcoin

Apa Perbedaan Ethereum dan Bitcoin

Perbedaan Ethereum berfokus pada blockchainnya untuk menjalankan suatu program ter-desentralisasi apapun termasuk dalam melakukan pembayaran maupun transfer

Apa Perbedaan Ethereum dan Bitcoin
Perbedaan Uang Elektronik Ethereum dan Bitcoin
Seperti Bitcoin, Ethereum adalah suatu jaringan blockchain publik yang tersebar. Pada situs resminya Ethereum.org, adalah salah satu platform yang ter-desentralisasi yang dijalankan melalui sebuah kontrak (smart contract) dalam pengertian aplikiasi yang dijalankan sesuai pemograman tanpa adanya sensor, downtime, gangguan ataupun masalah penipuan dari pihak ketiga. 

Perbedaan Ethereum dan Bitcoin


Kedua mata uang crypto ini memiliki perbedaan, seperti Bitcoin sebagai mata uang digital peer-to-peer ketika melakukan pembayaran/tranfers Bitcoin yang sudah tercatat di Blockchain. Sedangkan perbedaan Ethereum berfokus pada blockchainnya untuk menjalankan suatu program ter-desentralisasi apapun termasuk dalam melakukan pembayaran maupun transfer coin Ethereum. Jelas bahwa kedua mata uang elektronik ini memiliki perbedaan dalam tujuan dan teknisnya saja yang berbeda.

Dikutip dari blockgeeks.com bahwa Ethereum adalah platform sofware terbuka (open source) dimana para pengembang (developer) bisa membuat aplikasi ter-desentralisasi. Fungsi Bitcoin yang paling utama adalah sebagai currency dimana currency tersebut adalah salah satu aplikasi dari Blockchain sedangkan Ethereum bebas untuk menjalankan aplikasi apapun juga.

Siapa Pencipta Ethereum ?

Vitalik Buterin adalah yang pertama kali mengenalkan Ethereum ke publik. Dalam perjalanan hidupnya Vitalik Buterin pernah menjadi pemimpin dari majalan Bitcoin (Bitcoin Magazine) adalah media terkenal untuk para penambang uang elektronik. Dana investasi project Ethereum didapatkan dari crowdsale yang menjual saham berbentuk Ether.

Cara Mendapatkan Ethereum

Seperti halnya dengan Bitcoin untuk mendapatkan Ethereum dilakukan melalui penambangan mining rig, cloud mining maupun trading. Jika anda ingin membeli mata uang Ethereum bisa membeli bitcoin terlebih dahulu pada situs seperti Bitcoin.id dan Coinbase dan lainnya. Kemudian anda tukar Bitcoin yang anda miliki untuk menjadi mata uang Ethereum di platform exchange mereka.       

Cara Menyimpan Ethereum



Tidak jauh berbeda dengan Bitcoin anda bisa menggunakan dompet wallet untuk mata uang Ethereum yang terpercaya. Jika ingin aman anda bisa menggunakan dompet menggunakan perangkat keras (hadware) seperti Ledger Nano S atau Trezor dimana anda akan memiliki private key dalam hadware tersebut dan dijamin aman. 

Dapatkan review ethereum pada artikel selanjutnya dengan cara mengirimkan email atau kolom komentar. Terima Kasih
Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Ini adalah tentang ku dan Blog ini yang senang menyukai hal-hal baru di bidang teknologi komputer dan seputar Blog.