Cara Memperbaiki Laptop Yang Berbunyi Ketika Dihidupkan
Cara Memperbaiki Laptop Yang Berbunyi Ketika Dihidupkan

Cara Memperbaiki Laptop Yang Berbunyi Ketika Dihidupkan

Terdapat beberapa masalah yang biasa terjadi pada komputer jenis laptop seperti halnya ketika laptop anda hidupkan tiba-tiba terdengar bunyi beep atau bunyi yang nyaring dan tidak masuk sistem

Cara Memperbaiki Laptop Yang Berbunyi Ketika Dihidupkan
Terdapat beberapa masalah yang biasa terjadi pada komputer jenis laptop seperti halnya ketika laptop anda hidupkan tiba-tiba terdengar bunyi beep atau bunyi yang nyaring dan tidak masuk sistem windows kemudian secara otomatis kembali merestart sendiri dan hal tersebut terjadi berulang-ulang. Ada beberapa sebab mengapa laptop tersebut mengeluarkan bunyi ketika anda hidupkan. Salah satunya adalah terdapat perangkat hadware yang mengalami masalah.

Faktor Penyebab Laptop Mengeluarkan Bunyi


Banyak faktor penyebab yang bisa menimbulkan terjadinya laptop mengeluarkan bunyi dan mengapa masalah tersebut bisa terjadi, seperti terdapat kerusakan hadware yang berhubungan dengan masalah bunyi tersebut diantaranya Memori (RAM), VGA, Motherboard dan Keyboard.

Cara Memperbaiki Laptop Yang Berbunyi

Ada beberapa kasus yang biasa dan sering admin tangani adalah dianataranya komputer laptop selalu masuk ke BIOS, mengeluarkan bunyi ketika dihidupkan dan pada kasus keduanya tentu saja tidak masuk sistem windows. Sebelum memperbaikinya ke tempat service yang bisa mengeluarkan biaya yang tidak sedikit sebaiknya anda pastikan dan mengerjakan sendiri terlebih dahulu. Berikut cara memperbaikinya :

  1. Pastikan baterai anda buka terlebih dahulu.
  2. Buka juga tempat memori yang terdapat dibelakang bodi laptop, kemudian copot memori tersebut bersihkan dan tancapkan kembali pada slot yang berbeda (biasanya terdapat 2 slot memori dalam laptop). Hidupkan kembali laptop tanpa menggunakan baterai. Jika dengan cara bunyi tersebut belum hilang maka harus menggunakan cara lainnya.
Jika cara diatas tidak bisa menyelesaikan masalah bunyi pada laptop, maka kemungkinanya terbesar terdapat kerusakan hadware pada VGA CARD dan MOTHERBOARD. Namun anda jangan terlebih dahulu membuat keputusan untuk membawanya ke tukang service. Anda harus melakukan sesuatu terlebih dahulu dengan mengikuti cara kedua ini yang bisa dibilang dapat menyelesaikan masalah bunyi tersebut atau yang ketika laptop hidup kembali ke BIOS.
  1. Sebelum anda hidupkan laptop sebaiknya copot Harddisk terlebih dahulu supaya harddisk tidak mengalami kerusakan.
  2. Setelah harddisk anda copot kemudian anda copot keyboard (anda bisa melakukannya sendiri dengan mencari video di youtube bagaimana cara membuka keyboard laptop dan pastikan dengan merk laptop anda).
  3. Setelah anda bisa mencopot keyboard copot secara perlahan kabel plastik pada laptop yang terhubung dengan motherboard dengan cara menarik pengaitnya.
  4. Kemudian anda hidupkan laptop dan saya pastikan bunyi akan hilang. Jika sudah seperti itu penyebabnya adalah keyboard anda sudah bermasalah dan harus diganti.
  5. Harga untuk keyboard sendiri dibawah 200 ribu tergantung merk.
Dari banyak kasus bunyi dan selalu kembali ke BIOS pada laptop kebanyakan yang bermasalah adalah pada keyboard yang menekan dengan sendirinya padahal tidak kita tekan. Untuk sementara waktu anda bisa menggunakan keyboard USB yang biasa digunakan pada komputer PC. Jika dengan membuka keyboard laptop tidak menyelesaikan masalah kemungkinannya adalah VGA dan Motherboard.

Agar bisa memperbaiki komputer sendiri tidak ada salahnya anda berlangganan artikel terbaru melalui email kami dan selalu dapatkan berita teknologi terbaru dan troubleshooting komputer dari ralabuma. Selamat Belajar       
Advertisement

Informasi Tambahan:

Your Reactions:

Admin
Ini adalah tentang ku dan Blog ini yang senang menyukai hal-hal baru di bidang teknologi komputer dan seputar Blog.