Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Komputer Gagal Instal Windows Terupdate

Penyebab Komputer Gagal Instal Windows Terupdate
Untuk mengatasi masalah gagal instal windows yang kemudian muncul keterangan diatas, hal tersebut harus dilakukan pengaturan terlebih dahulu pada sistem bios
Hal yang perlu anda ketahui sebelum melakukan instal windows adalah mengetahui jenis perangkat keras dan sistem yang digunakan. Jika anda tidak melakukan hal tersebut maka biasanya akan menemui kegagalan ketika melakukan instal pada suatu perangkat komputer maupun laptop. 

Selain itu perangkat keras (hadware) yang terbaru saat ini menggunakan sistem bios yang berbeda dari versi sebelumnya yaitu menggunakan UEFI dimana nantinya motherboard yang menggunakan sistem Bios akan ditinggalkan.

Jenis Bios komputer seperti laptop juga tidak ketinggalan, mereka sudah menggunakan sistem UEFI kebanyakan. Maka jika anda melakukan instal windows yang menggunakan USB yang didalam terdapat sistem bootable yang biasa digunakan, maka bisa dipastikan akan menemui kegagalan ketika proses instal windows sedang berjalan dengan notifikasi pemberitahuan sebagai berikut :

"A required CD/DVD drive device driver is missing. If you have a driver floppy disk, CD, DVD, or USB flash drive, please insert it now" 

Untuk mengatasi masalah gagal instal windows yang kemudian muncul keterangan diatas, hal tersebut harus dilakukan pengaturan terlebih dahulu pada sistem bios agar bisa mendeteksi keberadaan sistem yang akan anda instal.


Penyebab Gagal Instal Windows


Ada beberapa penyebab kegagalan dalam melakukan proses instal sistem operasi windows. Untuk mengatasi hal tersebut maka anda perlu mempersiapkan segala sesuatu dan memastikan bahwa pengaturan dan peralatan sudah dilakukan dengan benar. Berikut ulasannya :
  1. Pastikan sistem Bootable dan sistem windows pada flashdisk tidak terdapat kesalahan/error.
  2. Pengaturan BIOS.
  3. Jenis OS Windows yang digunakan.

Cara Mengatasi Gagal Instal Windows

Dari beberapa penyebab diatas bisa disimpulkan bahwa anda harus memastikan semuanya itu berjalan dengan baik. Untuk mengatasi kegagalan proses instalasi ada baiknya memperhatikan ketiga hal diatas, berikut ulasannya :

  1. Lihat spesifikasi motherboard apakah menggunakan UEFI atau BIOS, jika menggunakan UEFI maka anda harus melakukan pengaturan pada Mode UEFI. Ubah pengaturan pada bios dari SATA ke AHCI. 
  2. Ubah pengaturan USB/DVD Installer menggunakan versi USB 2.0 dengan kata lain non aktifkan fitur USB 3.0. Dan kembalikan ke mode versi 3.0 jika proses intalasi sudah selesai.
  3. Buat bootable baru dan pastikan dapat digunakan. Anda bisa mengikut tutorial bagaimana membuat bootable dengan rufus.
  4. Pindahkan booting priority ke USB yang menjadi bootable (atau pilih legacy).
  5. Jika motherboard terbaru yang menggunakan UEFI maka OS yang disarankan adalah windows 8. Ubah pengaturan pada bios ke Other OS.
Dari beberapa solusi diatas adalah karena kegagalan proses intalasi dikarenakan menggunakan UEFI, maka diperlukan pengaturan ulang pada BIOS. Cara yang lebih praktis adalah dengan menambahkan driver USB 3.0 kedalam flashdisk. Caranya gunakan CD Driver Motherboard dan cari yang berhubungan driver USB 3.0 dan copy kedalam flashdisk (jika file berbentur rar lakukan extract terlebih dahulu. 


Penyebab Komputer Gagal Instal Windows Terupdate
Bootable with USB Driver 3.0

Saat melakukan instalasi maka akan muncul keterangan seperti diatas atau pada kata akhirannya "A required CD/DVD ....please insert it now" kemudian anda browse, cari  file driver 3.0 yang anda copy tadi kedalam flashdisk (terdapat ada beberapa driver nantinya, jika cocok dengan motherboard anda maka proses instalasi akan berlanjut.

Cara ini berlaku juga untuk laptop yang menggunakan mode bios versi UEFI. Jika terdapat kendala atau anda belum begitu paham bisa anda tanyakan melalui kolom komentar atau email. 

Posting Komentar untuk "Penyebab Komputer Gagal Instal Windows Terupdate"