Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab dan Cara Memperbaiki Cartridge Printer Tidak Terdeteksi

Penyebab dan Cara Memperbaiki Cartridge Printer Tidak Terdeteksi
Untuk mengatasi kotoran pada chip Cartridge (berwarna kuning berbentuk titik) anda cukup membersihkan dengan tisu (image by pixabay.com)

Sebelum memperbaiki anda harus mengetahui terlebih dahulu apa saja yang menjadi penyebab Cartridge Printer tidak mau terdeteksi oleh sistem pada printer tersebut. Banyak penyebab yang menjadikan printer tidak mau mendeteksi Cartridge Tinta dan itu banyak di alami oleh setiap pengguna printer. Hal tersebut tentunya sangat menggangu aktifitas anda yang dalam kesehariannya bekerja sebagai tenaga administrasi misalnya.


Dalam perkembangannya mesin pencetakan seperti printer kini sudah mulai menggunakan jenis tinta dalam tank (infus) dimana pada jaman sebelumnya kita harus melakukan infus sendiri atau melalui bantuan teknisi komputer/printer. Namun sekarang jika anda membeli printer sejenis Canon sudah terdapat tinta yang menggunakan sistem infus.

Penyebab dan Cara Memperbaiki Cartridge Printer Tidak Terdeteksi

Walaupun anda menggunakan printer jenis infus yang notabene lebih mempunyai nilai ekonomis alias irit dan tidak khawatir kehabisan tinta, dalam kenyataannya bahwa tinta tersebut akan mengalir kepada Cartridge yang kegunaannya untuk melakukan pencetakan. Nah jika sudah begitu terkadang usia Cartridge pun belum tentu awet dibandingkan dengan banyaknya kapasitas tinta didalam tank infus. 

Ada kalanya pengguna tidak ingin ribet untuk urusan Cartridge ini. Tinggal beli baru masalah pun selesai. Yah itu bagi anda yang banyak uang, tapi bagaimana kalo seperti rental dan pengguna rumahan yang mempunyai keterbatasan biaya ? Jangan membuang Cartridge sebelum anda memcoba memperbaikinya. Berikut penjelasan selengkapnya :


1. Adanya kotoran pada Chip Head.

  • Untuk mengatasi kotoran pada chip Cartridge (berwarna kuning berbentuk titik) anda cukup membersihkan dengan tisu. Pastikan chip tidak basah (biasanya terkena tumpahan tinta sewaktu mengisi). Jika chip basah dipastikan printer akan error jika tidak dicabut secepatnya. 

2. Adanya kerusakan pada Chip Head.

  • Jika chip head sudah rusak maka otomatis tidak bisa menggunakan kembali. Tanda chip rusak adalah tidak mau terdeteksi dan tidak bisa di reset. Dan tentu saja jika sudah rusak tidak dapat di lakukan perbaikan mau tidak mau anda harus membelinya.

3. Cartridge membutuhkan reset ulang.

  • Untuk memperbaiki Cartridge yang tidak terdeteksi selain kedua hal diatas adalah dikarena sistem pada printer bahwa Cartridge sudah melampaui jumlah pencetakan. Untuk mengatasinya anda harus melakukan reset kembali pada Cartridge tersebut. Biasanya muncul peringatan "Low ink" terlebih dahulu. Untuk memperbaikinya silahkan kunjungi halaman dibawah tentang bagaimana cara melakukan reset baik tanpa sofware maupun menggunakan tool/sofware resetter.

4. Cartridge tidak dalam posisi yang salah/kendor

  • Masalah ini sangat sepele namun dampaknya besar, Cartridge yang kendor selain dapat terdeteksi juga dapat merusak Cartridge lainnya dan sistem pada printer. Hal tersebut biasanya disebabkan karena adanya guncangan atau pun tidak pas dalam pemasangan. Untuk memperbaiki cukup anda pastikan bahwa posisi Cartridge sudah benar/pas.

Dari beberapa cara diatas adalah suatu bentuk kerusakan umum pada printer, maka kita harus bijak dalam mengatasi masalah yang timbul dari mesin pencetakan ini. Terima kasih sudah membaca penyebab dan cara memperbaiki 
Cartridge printer yang tidak bisa terdeteksi. Selamat Belajar

6 komentar untuk "Penyebab dan Cara Memperbaiki Cartridge Printer Tidak Terdeteksi"

  1. Kalau catridge baru tidak terdeteksi, masalahnya dimana gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo catridge baru namun tidak terdeteksi sebaiknya ditukar saja gan, itu dipastikan rusak, untuk mencobanya pake catridge lama jika terdeteksi bisa dipastikan catridge yang baru anda beli rusak. Dan jika catridge asli bisa ditukar, klo KW 2 minta di cek aja langsung ke tokonya. thanks

      Hapus
  2. Belum mencoba tapo patut disimpen buat jaga jaga

    BalasHapus
  3. ini ane punya print, udah lama tidak dipakai, sekitar dua tahun, dan catridge gak bisa terdeteksi, cara mengatasinya bagaimana? masak beli baru? hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan ikuti tutorial diatas, jika cara2 tersebut tidak membuat cartridge anda tidak terdeteksi silahkan ke toko terdekat yang menjual cartridge sesuai tipenya dan jangan ke apotik ya dul hehehe 8-)

      Hapus
  4. Thanks akhirnya #cartridge canon ku terdeteksi kembali, ternyata pada chips terdapat tinta dan saya membersihkannya dengan 4WD dan mengeringkannya.

    BalasHapus