Penyebab dan Cara Memperbaiki Cartridge Printer Tidak Terdeteksi
Penyebab dan Cara Memperbaiki Cartridge Printer Tidak Terdeteksi

Penyebab dan Cara Memperbaiki Cartridge Printer Tidak Terdeteksi

Sebelum memperbaiki anda harus mengetahui terlebih dahulu apa saja yang menjadi penyebab Cartridge Printer tidak mau terdeteksi oleh sistem pada printer tersebut

Penyebab dan Cara Memperbaiki Cartridge Printer Tidak Terdeteksi
Untuk mengatasi kotoran pada chip Cartridge (berwarna kuning berbentuk titik) anda cukup membersihkan dengan tisu (image by pixabay.com)
Sebelum memperbaiki anda harus mengetahui terlebih dahulu apa saja yang menjadi penyebab Cartridge Printer tidak mau terdeteksi oleh sistem pada printer tersebut. Banyak penyebab yang menjadikan printer tidak mau mendeteksi Cartridge Tinta dan itu banyak di alami oleh setiap pengguna printer. Hal tersebut tentunya sangat menggangu aktifitas anda yang dalam kesehariannya bekerja sebagai tenaga administrasi misalnya.


Dalam perkembangannya mesin pencetakan seperti printer kini sudah mulai menggunakan jenis tinta dalam tank (infus) dimana pada jaman sebelumnya kita harus melakukan infus sendiri atau melalui bantuan teknisi komputer/printer. Namun sekarang jika anda membeli printer sejenis Canon sudah terdapat tinta yang menggunakan sistem infus.

Penyebab dan Cara Memperbaiki Cartridge Printer Tidak Terdeteksi

Walaupun anda menggunakan printer jenis infus yang notabene lebih mempunyai nilai ekonomis alias irit dan tidak khawatir kehabisan tinta, dalam kenyataannya bahwa tinta tersebut akan mengalir kepada Cartridge yang kegunaannya untuk melakukan pencetakan. Nah jika sudah begitu terkadang usia Cartridge pun belum tentu awet dibandingkan dengan banyaknya kapasitas tinta didalam tank infus. 

Ada kalanya pengguna tidak ingin ribet untuk urusan Cartridge ini. Tinggal beli baru masalah pun selesai. Yah itu bagi anda yang banyak uang, tapi bagaimana kalo seperti rental dan pengguna rumahan yang mempunyai keterbatasan biaya ? Jangan membuang Cartridge sebelum anda memcoba memperbaikinya. Berikut penjelasan selengkapnya :


1. Adanya kotoran pada Chip Head.

  • Untuk mengatasi kotoran pada chip Cartridge (berwarna kuning berbentuk titik) anda cukup membersihkan dengan tisu. Pastikan chip tidak basah (biasanya terkena tumpahan tinta sewaktu mengisi). Jika chip basah dipastikan printer akan error jika tidak dicabut secepatnya. 

2. Adanya kerusakan pada Chip Head.

  • Jika chip head sudah rusak maka otomatis tidak bisa menggunakan kembali. Tanda chip rusak adalah tidak mau terdeteksi dan tidak bisa di reset. Dan tentu saja jika sudah rusak tidak dapat di lakukan perbaikan mau tidak mau anda harus membelinya.

3. Cartridge membutuhkan reset ulang.

  • Untuk memperbaiki Cartridge yang tidak terdeteksi selain kedua hal diatas adalah dikarena sistem pada printer bahwa Cartridge sudah melampaui jumlah pencetakan. Untuk mengatasinya anda harus melakukan reset kembali pada Cartridge tersebut. Biasanya muncul peringatan "Low ink" terlebih dahulu. Untuk memperbaikinya silahkan kunjungi halaman dibawah tentang bagaimana cara melakukan reset baik tanpa sofware maupun menggunakan tool/sofware resetter.

4. Cartridge tidak dalam posisi yang salah/kendor

  • Masalah ini sangat sepele namun dampaknya besar, Cartridge yang kendor selain dapat terdeteksi juga dapat merusak Cartridge lainnya dan sistem pada printer. Hal tersebut biasanya disebabkan karena adanya guncangan atau pun tidak pas dalam pemasangan. Untuk memperbaiki cukup anda pastikan bahwa posisi Cartridge sudah benar/pas.
Dari beberapa cara diatas adalah suatu bentuk kerusakan umum pada printer, maka kita harus bijak dalam mengatasi masalah yang timbul dari mesin pencetakan ini. Terima kasih sudah membaca penyebab dan cara memperbaiki Cartridge printer yang tidak bisa terdeteksi. Selamat Belajar
Advertisement

Informasi Tambahan:

Your Reactions:

Admin
Ini adalah tentang ku dan Blog ini yang senang menyukai hal-hal baru di bidang teknologi komputer dan seputar Blog.