Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Munculin File Yang Disembunyikan Oleh Virus di Flashdisk

File yang terkena virus biasanya akan disembunyikan atau pengertian lainnya hidden. Cara untuk munculin kembali file pada flashdisk yang disembunyikan oleh virus diperlukan cara-cara tertentu seperti menggunakan sofware atau tidak menggunakan sofware sama sekali. Sumber Virus yang terdapat dalam flashdisk biasanya dari warnet, komputer kantor yang tidak menggunakan antivirus, file download yang ditumpangi virus dan banyak lagi lainnya.


Cara Munculin File Yang Disembunyikan Oleh Virus di Flashdisk
Virus yang menyembunyikan file biasanya berjenis malware, worm, trojan. Canggihnya jenis virus-virus tersebut dapat menginfeksi flashdisk ketika anda menancapkan perangkat tersebut

Virus yang menyembunyikan file biasanya berjenis malware, worm, trojan. Canggihnya jenis virus-virus tersebut dapat menginfeksi flashdisk ketika anda menancapkan perangkat tersebut. Apalagi ketika anda membuka file dalam flashdisk tersebut diantara tidak bisa dibuka atau hilang sama sekali. Untuk mengatasi file yang hilang di flashdisk tersebut salah satunya menggunakan anti virus. 


Cara Munculin File Yang Disembunyikan Oleh Virus

Untuk mengatasi file yang hilang di flashdisk sebaiknya jangan langsung berasumsi file tersebut hilang. Belum tentu file tersebut hilang bisa saja file tersebut masih ada namun keberadaannya di sembunyikan oleh virus. Biasanya walaupun virus sudah hilang dengan menggunakan anti virus namun keberadaan file yang terdapat flashdisk tidak ada alias disembunyikan oleh sistem pada komputer yang sudah memblokir keberadaan file yang terinfeksi oleh virus.

Untuk mengembalikan data yang di hidden oleh virus ada baiknya anda jangan melakukan format, kemudian anda melakukan backup recovery dengan menggunakan sofware yang dibuat khusus untuk mengembalikan data. Biasanya hal tersebut tidak berjalan dengan baik karena bisa saja saat file di recovery maka virus tersebut akan ikut terbawa juga, dan jika itu terjadi yang anda lakukan percuma saja bukan ? Berikut cara mengembalikan file yang disembunyikan oleh virus tanpa menggunakan sofware apapun :

  1. Lakukan scan terlebih dahulu pada flashdisk menggunakan anti virus terupdate.
  2. Kemudian hilangkan jenis antivirus yang terdeteksi oleh anti virus yang anda gunakan setelah melakukan scanning.
  3. Buka notepad dan copy file ini  "attrib -s -h *.* /s /d" tanpa tanda kutip kedalam notepad.
  4. Kemudian simpan file tersebut kedalam flashdisk yang akan di munculin filenya dengan menggunakan akhiran "*.bat" contohnya seperti ini "disk*.bat" atau nama lain terserah anda tapi harus diberikan akhiran bat.
  5. Kemudian buka file tersebut yang sudah anda save kedalam flashdisk tadi.
  6. Akan muncul jendela hitam cmd "command prompt" dan biarkan hilang dengan sendirinya.
  7. Nah coba buka flashdisk anda kembali akan muncul file data anda yang disembunyikan oleh virus tadi.
  8. Lakukan backup file tersebut kedalam komputer dan lakukan format pada flashdisk tersebut. Selesai
Cara lainnya untuk melihat file yang disembuyikan oleh virus dengan mengubah setelah pada sistem dengan menggunakan windows explore option. Berikut caranya :

Cara Munculin File Yang Disembunyikan Oleh Virus di Flashdisk


  • Buka windows explorer, tab Organize pilih Folder and Search Option
  • Kemudian akan muncul jendela baru tab pada view kemudian berikan tanda/ubah ceklis pada Show hidden files, folder, anda drivers. Apply dan Ok



Cara Munculin File Yang Disembunyikan Oleh Virus di Flashdisk

Cara tersebut diatas biasanya bagi anda yang masih belajar komputer. Biasanya pada file yang terdapat dalam flashdisk bisa muncul jika dipergunakan pada komputer orang lain. Namun pada komputer sendiri tidak tampil begitu juga sebaliknya.



Agar tidak terjadi hal serupa sebaiknya anda menggunakan antivirus yang terupdate, jika flashdisk yang anda gunakan pada komputer sendiri mungkin tak akan ada virus masuk, namun yang menjadi penyebab masalah adalah ketika flashdisk digunakan pada perangkat komputer orang lain atau warnet yang terkadang tidak ada jaminan keamanannya. Semoga Bermanfaat

1 komentar untuk "Cara Munculin File Yang Disembunyikan Oleh Virus di Flashdisk "

  1. Pengalaman sebulan lalu habis 3 flashdisk ketika mencopy file di kampus, kini file nya muncul lagi setelah saya gunakan cara ini. Thanks

    BalasHapus