Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Koneksi WIFI Diblokir Ini Cara Merubah Mac Address HP Android Terbaru

Koneksi WIFI Diblokir Ini Cara Merubah Mac Address HP Android Terbaru
Koneksi WIFI Diblokir Ini Cara Merubah Mac Address HP Android Terbaru
Setiap perangkat yang terkoneksi dengan sebuah jaringan seperti WIFI tentunya akan memiliki mac address sebagai identitas dari perangkat tersebut. Apa yang terjadi jika mac address perangkat anda diblokir ? sudah jelas perangkat yang tadinya tersambung akan mengalami pemutusan koneksi. Agar supaya perangkat hp android anda tersambung kembali maka harus merubah mac address terlebih dahulu.

Mengapa koneksi WIFI anda bisa di blokir ? mungkin karena anda masuk koneksi jaringan wifi tersebut tanpa permisi dengan menggunakan cara-cara yang tidak benar dengan menggunakan aplikasi untuk menembus jaringan wifi, atau juga disebabkan karena teman yang berbagi wifi dengan anda lagi sebel kali yah hehe.

Untuk merubah mac address pada perangkat hp android tentunya dibutuhkan tips khusus untuk hal tersebut. Anda membutuhkan bantuan semacam aplikasi dari pihak ketiga. Namun sayangnya untuk menggunakan aplikasi tersebut hp android anda harus terlebih dahulu dilakukan root. Jika anda penasaran apa itu root sebaiknya baca artikel sebelumnya yang berjudul Kelebihan dan Kekurangan HP Android Yang di Root


Cara Merubah Mac Address HP Android

Sebelum melakukan instalasi pada jendela menu pengaturan "settings" kemudian pilih menu "WIFI".

Selanjutnya pada pilihan menu "Advanced Setting" ketika di gulir kebawah anda akan mendapatkan informasi alamat IP Address dan Mac Address.

Lakukan screenshot atau mencatatnya terlebih dahulu sekedar untuk jaga-jaga dan mengingatnya.

Ingat aplikasi ini akan berjalan jika hp android anda sudah di root. Anggap saja anda sudah melakukan root, sekarang anda cari aplikasi di google play store yang diberi nama Busybox dan lakukan instalasi.

Tahap selanjutnya anda cari aplikasi Terminal Emulator dan lakukan instalasi. Aplikasi ini berfungsi untuk menampilkan terminal dalam menjalankan command yang bisa digunakan secara langsung pada hp android anda.

Setelah kedua aplikasi tersebut terpasang pada hp android yang telah di root, maka untuk selanjutnya anda ketik beberapa kode perintah seperti dibawah ini :
  • $ su [ENTER] tanpa tanda petik
  • $ busybox iplink show eth0 [ENTER] 
  • $ busybox ifconfig eth0 hw ether (kemudian masukan kode mac address baru sesuai yang anda ingin, serupa tapi tak sama dengan melihat contoh pada yang tadi anda screenshot atau catat tadi) kemudian lakukan enter.
Jadi kesimpulannya adalah merubah Mac Address pada perangkat Android bisa dilakukan apabila sistem keamanan yang terdapat di smartphone Android bisa terbuka. Untuk membuka semua fitur tersebut tentunya Anda harus melakukan rooting terlebih dahulu.

Jika cara diatas menurut anda kurang dimengerti terdapat cara merubah mac address lainnya yang lebih mudah dengan menggunakan aplikasi ChameleMac (silahkan cari di google playstore). Berikut penjelasan lengkapnya :


  • Buka aplikasi ChameleMac yang sudah anda download.
  • Kemudian akan muncul aplikasi meminta akses root.
  • Pilih menu Allow/Grant
  • Setelah itu akan muncul tampilan dari aplikasi tersebut dan akan menampilkan alamat Mac Address asli ponsel android anda (jangan lupa tulis terlebih dahulu).

cara ganti mac address android


  • Untuk membuat Mac Addres sebaiknya untuk memudahkan pilih menu (Generate Random Mac) yang memiliki fungsi untuk membuat mac address otomatis secara acak.
  • Setelah muncul Mac Addres baru tekan menu "Apply New Mac" dan akan muncul keterangan lainnya untuk meminta konfirmasi apakah anda akan mengganti Mac Addres ? 
  • Pilih Menu "Change" untuk mengganti dengan Mac Addres yang baru.
  • Selesai. 

Merubah Mac Address Tanpa Root

Nah bagi anda yang memiliki ponsel android yang menggunakan chipset Mediatek (MTK) cara ketiga ini lebih mudah bahkan merubah mac address tanpa root sama sekali. Berikut cara merubah mac address tanpa root :
  1. Cari di Google Play Store aplikasi yang bernama Engineering Mode, kemudian anda unduh/download dan lakukan instalasi.
  2. Setelah aplikasi terinstal kemudian buka programnya dan pilih "MTK Settings"
  3. Kemudian anda akan dihadapkan dengan pilihan menu lainnya.
  4. Pilih Tab ConnectivityWIFiNVRAM.
  5. Kemudian pada "Byte String Acces" terdapat 3 kolom kebawah berurutan.
  6. Pada kolom pertama [addr h,byte] isi dengan angka 4 sedangkan pada kolom dibawahnya isi dengan angka 6.
  7. Maka pada kolom ketiga (value h) akan muncul alamat mac address asli dan anda ubah dengan alamat mac address baru sekehendak anda dan pilih menu "Write".
  8. Kemudian restar wifi anda dengan cara menonaktifkannya terlebih dahulu dan aktifkan kembali. Selesai

Perlu diingat cara diatas yang menggunakan engineering mode hanya akan berjalan pada ponsel android yang menggunakan chipset MediaTek.

Kesimpulannya adalah tidak ada cara yang bisa merubah mac address tanpa dilakukan root terlebih dahulu. Hanya cara ketiga saja yang bisa mengganti mac address tanpa dilakukan rooting dengan catatan hanya ponsel yang ber chipset MediaTek.

Langkah-langkah tersebut diatas berhasil mendapatkan koneksi kembali pada WIFI teman anda. Cara merubah mac address dengan cara melakukan root terlebih dahulu tidak sangat disarankan, kecuali memang anda yang melek teknologi yang tahu segala konsekuensinya. Terima Kasih

5 komentar untuk "Koneksi WIFI Diblokir Ini Cara Merubah Mac Address HP Android Terbaru"

  1. Terima kasih...bermanf'at.
    Tapi saya tak berani coba, takut + rsk E2+ku.
    Tombol WiFi android saya tdk bisa di On kan mohon sarannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin yang anda maksud menu ON/Off nya wifi yah, klo tombol itu biasanya terdapat di komputer/laptop. Tidak berjalannya menu On/OFF karena terdapat kegagalan dalam sistem, ada baiknya dilakukan reset data pabrik saja, namun backup terlebih dahulu data2 pentinganya. Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya.

      Hapus
  2. Kalo saya klik "wifi" di aplikasi kok force close terus ya.? Bagaimana itu.?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo menggunakan WIFI dari Aplikasi pihak ketiga biasanya membutuhkan rooting terlebih dahulu atau tidak kompatible dengan versi sistem android mas, pastikan jika akan menggunakan aplikasi pihak ketiga sebelum download apakah perlu rooting atau spesifikasi sistem android nya apa ! terima kasih

      Hapus
  3. Bang kalo chipsetnya snapdragon bisa gx bang soalnya hp saya versi androidnya marsmellow dan susah untuk rooting maka say pale yg gx harus diroot.tapi klo gx bisa mohon bantuannya untuk cara root android 6.0.0 bang! please?...

    BalasHapus