Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mematikan Komputer Menggunakan Waktu

Cara Mematikan Komputer Menggunakan Waktu
Mematikan komputer menggunakan waktu tertentu dikarenakan mungkin komputer sedang digunakan proses mendownload namun anda harus bergegas pergi karena suatu urusan yang mendesak, namun proses download belum selesai. Untuk supaya proses download berlangsung anda bisa meninggalkannya tanpa harus mematikan komputer.

Komputer bisa anda atur mati secara otomatis menggunakan waktu sesuai yang anda butuhkan. Misalnya saja dalam proses download kurang dari satu jam akan selesai. Anda bisa meninggalkan komputer anda setelah mengatur timer shutdown otomatis selama satu jam. Ketika proses download selesai dan komputer anda setting menyala satu jam maka setelah satu jam komputer/laptop akan mati dengan sendirinya.

Cara Setting Komputer Mati Otomatis 

Kali ini saya akan berikan tutorial bagaimana cara setting waktu mati pada komputer tanpa menggunakan sofware apapun. Tutorial ini saya buat menggunakan windows 7 dan bisa di aplikasikan juga pada windows lainnya.
  • Pada menu jendela Start Windows akan muncul kotak pencarian. 
cara mematikan komputer secara otomatis
Cara Mematikan Komputer Menggunakan Waktu
  • Pada kotak pencarian ketik "run" (tanpa tanda kutip) atau bisa juga secara langsung dengan menekan tombol pada keyboard "logo windows + r" maka akan langsung muncul kotak "run".
cara shutdown komputer secara otomati menggunakan timer
Cara Shutdown Komputer Otomatis
  • Setelah muncul kotak "run" anda bisa menggunakan kode seperti ini "shutdown.exe -s -t 1800" (mengapa 1800 ? itu artinya 60 detik dikali 30 menit) maka komputer akan mati dalam waktu 30 menit.
Cara mematikan komputer dengan waktu

  • Jika anda ingin membatalkan perintah mati otomatis maka anda kembali pada kotak run dan ketikan kode ini "shutdown.exe -a" maka komputer akan membatalkan perintah mati sendiri tersebut.
Nah mudahkan bagaimana cara mematikan komputer secara otomatis dengan menggunakan waktu tertentu. Jadi jika kalian sedang download atau streaming nonton film kemudian ketiduran jangan takut komputer anda kepanasan karena akan shutdown atau mati pada waktunya sesuai yang telah ditentukan. Semoga bermanfaat

Posting Komentar untuk "Cara Mematikan Komputer Menggunakan Waktu"