Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Dan Cara Mengatasi Sinyal Hilang Di Android

Penyebab Dan Cara Mengatasi Sinyal Hilang Di Android
Mencari penyebab dan cara mengatasi sinyal yang hilang pada ponsel android tentunya bukan sesuatu hal yang mudah. Perkembangan pada jaringan semakin lama semakin meningkat seiring perkembangan teknologi itu sendiri. Ada beberapa jenis jaringan yang biasa kita kenal diantaranya 2G, 3G dan yang terbaru dan paling kencang di kelasnya adalah 4G LTE yang mempunyai kemampuan sampai 100MB/s.

Sebelum jaringan 4G muncul yang menjadi jaringan terkencang adalah 3G, namun sekarang 3G terasa lemot sekali. Karena terdapat banyak HP android sekarang ini lebih mengedepankan jaringan 4G namun tidak mengesampingkan sistem jaringan sebelumnya.


Penyebab Sinyal Android Hilang

  1. Posisi anda sedang diluar area jaringan.
  2. Pengaturan pada hp android anda hanya menerima sinyal 3G saja.
  3. Jaringan operator sedang dalam masalah yang biasa dalam proses restart atau ada pemadaman listrik.
  4. Terjadi crash pada sistem android.
  5. Terdapat hadware yang mengalami kerusakan.
  6. Adanya virus yang menghalangi ponsel tidak mendapat sinyal.
  7. Ponsel yang terjatuh biasanya menyebabkan sinyal bisa hilang tiba-tiba.
  8. Membutuhkan UPDATE sistem (biasanya terjadi pada ponsel XIAOMI yang harus UPGRADE MIUI nya)

Cara Mengatasi Sinyal Android Hilang

  • Setting pada mode penerbangan dan restart ponsel, dengan begitu hp android akan melakukan restart pada sistem. Kemudian non-aktifkan mode penerbangan yang selanjutnya akan mendeteksi sinyal secara otomatis.
  • Jika belum terdeteksi sinyal cobalah dengan cara mengganti mode penerimaan jaringan. Karena mungkin daerah anda belum mendukung jenis jaringan tingkat tinggi seperti 3G dan 4G. Anda bisa ke SettingsWireless & NetworksMobile NetworksNetwork Mode dan akan terdapat beberapa pilihan apakah WCDMA Only (HSDPA), GSM Only, atau WCDMA Prefered. Sebaiknya anda memilih GSM Only atau WCDMA Prefered agar bisa terkoneksi dengan penerimaan jaringan yang lemah.
  • Cara diatas belum bisa juga mendapat sinyal cobalah cek kartu sim anda, siapa tahu tidak pada tempatnya atau bergeser sedikit. Cara yang paling baik adalah tempatkan kartu sim pada ponsel yang berbeda terlebih dahulu, kemudian anda masukkan kembali pada hp anda.
  • Cobalah update antivirus siapa tahu sistem anda terinfeksi virus. Anda bisa meminta tolong pada teman atau saudara untuk bisa berbagi koneksi internet melalui wifi. Cari artikel cara membuat hotspot dari Android untuk berbagi koneksi.
  • Jika ke empat cara diatas sinyal jaringan tidak muncul juga anda bisa melakukan factory reset, sebelum anda melakukan factory reset atau reset data pabrik sebaiknya amankan dulu data anda. Caranya anda menuju menu SettingsBackup & ResetFactory Data Reset.
Jika semua sudah anda coba namun tidak berhasil cobalah periksa hp android kepada ahlinya. Mungkin ada kerusakan pada sisi hadwarenya, biasanya IC Antena penangkap sinyal mengalami kerusakan.
Kesimpulannya adalah bahwa tidak semua daerah bisa mendapatkan sinyal secara maksimal, apalagi jika anda jauh dari perkotaan. Anda bisa bertanya kepada penyedia layanan apakah daerah anda sudah tercover jaringan 3G atau 4G. Semoga info penyebab dan cara mengatasi sinyal hilang di android dapat membantu dan menambah wawasan anda.

Posting Komentar untuk "Penyebab Dan Cara Mengatasi Sinyal Hilang Di Android"