Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan Android Yang Di Root

Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan Android Yang Di Root
Dalam dunia teknologi android terdapat istilah Root. Sebelum anda melakukan hal tersebut anda wajib mengetahui terlebih dahulu apa saja Kelebihan dan Kekurangan Android Yang Di Root atau Rooting. Pertanyaan yang muncul mungkin mengapa sebagian orang yang menggunakan ponsel yang berbasis sistem android suka melakukan rooting ? Kami akan mencoba memberikan gambaran tentang rooting pada HP android.

Kelebihan nge-root android tentu saja anda bisa melakukan apa saja terhadap sistem pada ponsel android yang telah dilakukan root. Sedangkan sistem android yang belum di root terdapat beberapa proteksi yang tidak bisa anda akses.

Berikut kelebihan ponsel HP android yang telah di rooting :

  1. Anda bisa membuang aplikasi bawaan yang sudah terinstal pada ponsel yang biasa disebut Bloatware. Anda tidak bisa menghapus aplikasi bawaan tersebut jika ponsel belum di root karena sudah diproteksi. Padahal aplikasi tersebut tidak pernah anda pakai sama sekali dan menghabiskan memori internal pada ponsel.
  2. Daya tahan baterai akan lebih tahan lama karena anda bisa membuang jenis file "batterystats.bin". Untuk bisa membuang file tersebut adalah dengan melakukan calibration dan tentu saja anda harus menambahkan sofware yang berhubungan dengan baterai seperti Battery Doctor dan lainnya.
  3. Kinerja ponsel android yang telah di root akan lebih ringan dan cepat dalam urusan loading. Banyak aplikasi yang bisa membuat RAM pada android bisa bertambah kapasitasnya seperti Greenify dan banyak lagi. Pilihlah yang benar-benar terpercaya dan banyak orang menggunakannya.
  4. Jika anda menggunakan HP android kelas menengah kebawah tentunya yang menjadi permasalahan adalah berkurangnya memori internal bukan ? Jika anda melakukan root maka hal tersebut bisa diatasi dengan memindahkan sistem aplikasi pada memori card eksternal yang jauh lebih besar kapasitasnya. Terdapat aplikasi Link2SD yang dapat anda andalkan agar ruang memori internal anda menjadi banyak ruang.
  5. Kelebihan ponsel android yang di root lainnya adalah anda bisa membuatnya lebih unik dan keren. Karena anda bisa menambah sofware dari pihak ketiga yang cukup bisa membuat ponsel android berbeda dengan yang lainnya. Hal ini disebut custom room yang bisa anda download di internet dan memasangnya pada android.
Setelah mengetahui kelebihan root pada android lalu apa saja kekurangan pada ponsel android yang telah di root ! Seperti kita ketahui bahwa sistem android memiliki fitur keamanan yang cukup baik. Terdapat file penting didalamnya untuk menjaga ponsel anda tetap aman dari serangan dan ancaman keamanan.

Kekurangan android yang di root 

  1. Tentu saja jika android anda sudah di root maka secara tidak langsung garansi akan hilang. Dan itu salah satu kerugiannya.
  2. Jika anda mengenal dunia rooting maka sudah paham segala resiko seperti yang sering terjadi ketika telah dilakukan root seperti bootlop, hardbrik, softbrick dan kerusakan pada sistem yang menyebabkan semuanya menjadi crash.
  3. Banyak celah yang bisa ditembus oleh virus seperti malware dan serangan lainnya. Anda harus pintar-pintar memilih aplikasi yang bebas dari ancaman tersebut. 
Setelah anda mengetahui kelebihan dan kekurangan android yang di root, maka kini pilihan ditangan anda. Saran kami adalah jika anda ingin mencobanya silahkan saja untuk menambah pengetahuan, jika berhasil tentunya suatu kebanggaan bukan. Namun jika anda masih ragu sebaiknya jangan lakukan hal tersebut kecuali anda mempunyai ponsel cadangan.

Posting Komentar untuk "Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan Android Yang Di Root"