Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Penghasilan Google Adsense Menurun

Penyebab Penghasilan Google Adsense Menurun
 Faktor penyebab penghasilan adsense anda menjadi lebih sedikit dan tidak mengalami peningkatan secara signifikan, maka diperlukan tips-tips yang bisa mengatasi hal itu
Banyak beberapa hal yang menjadi penyebab penghasilan google adsense menjadi menurun atau tidak mengalami peningkatan. Penghasilan yang selalu mengalami penurunan akan berdampak negatif dan terkadang dapat menurunkan semangat para blogger. Hal ini diketahui persis oleh google selaku advertiser dan selalu memberikan solusi untuk para publisher adsense bagaimana cara meningkatkan penghasilan agar lebih maksimal.

Penyebab penghasilan google tidak mengalami peningkatan dikarenakan salah satunya strategi yang kurang maksimal. Diperlukan berbagai cara untuk membangun kreatifitas dan kemampuan seorang blogger agar pendapatan google adsense mengalami peningkatan. Bagi yang masih baru tentunya itu hal yang umum dengan penghasilan yang minim, namun apa jadinya bila sudah bertahun-tahun tapi pendapatan hanya cukup untuk bayar internet dan membeli cemilan. Sedangkan biaya hidup semakin tinggi setiap harinya.

Untuk mendapatkan nilai CPC yang tinggi sebaiknya anda membiarkan para pengguna menemukan halaman blog anda pada mesin pencari dibandingkan dengan melakukan share ke berbagai sosial media yang dapat berakibat nilai CPC anda menjadi rendah.

Dibutuhkan beberapa tips untuk meningkatkan penghasilan selain menulis konten yang menarik pengunjung seperti tema (niche) blog, penempatan iklan, high paying keyword dan masih banyak lagi yang akan penulis uraikan disini secara gamblang untuk bisa dipresentasikan pada blog anda.

Faktor Penyebab Menurunnya Penghasilan Google Adsense

Mungkin dibawah ini akan membantu anda sebagai bahan pembelajaran khususnya untuk seorang pemula yang sedang berjuang agar penghasilannya mengalami peningkatan. berikut penjelasannya :

  • Konten atau Artikel yang tidak menarik atau memiliki jumlah yang sedikit tentunya menjadi penyebab dan tidak akan mendatangkan uang dalam pengertian akan mengurangi pendapatan dan page view blog anda. Pada artikel sebelumnya rahasia membuat artikel yang menghasilkan uang anda bisa melakukan pembelajaran dari sumber tersebut.   
  • Faktor pengunjung yang lebih sedikit tentunya salah satu penyebab klik pada iklan adsense menjadi lebih sedikit dan menyebabkan rendahnya penghasilan. Dibutuhkan beberapa cara untuk meningkatkan pengunjung pada blog anda.
  • Ukuran yang tidak tepat dan loading iklan terlalu lama dimuat atau ditampilkan dalam halaman depan adalah salah satu penyebab menurunnya penghasilan. Jadi anda harus mencari cara bagaimana menentukan ukuran iklan yang support dengan template anda. Terdapat tips untuk mempercepat agar iklan lebih cepat tampil. 
  • Pengguna menggunakan extension adblock pada browsernya supaya iklan tidak tampil. Penyebab ini yang paling besar mengapa penghasilan adsense anda menurun. Walaupun terdapat script yang bisa merubah itu namun kode tersebut dapat memperlambat loading blog anda.
  • Niche blog yang memiliki nilai rendah adalah salah satu penyebab semakin rendahnya pendapatan. Sebaiknya gunakan niche blog yang mempunyai nilai tinggi seperti automotive, android, fashion yang mempunyai nilai klik tinggi. Hal tersebut karena iklan yang akan tampil akan memiliki nilai klik yang lebih tinggi. Blog yang menggunakan niche tertentu dapat menampilkan iklan yang relevan sesuai niche blog. Jika anda menggunakan topik tertentu maka anda tidak perlu men-filter iklan yang tampil dan memiliki nilai klik tinggi.
  • Menggunakan keyword yang asal-asalan akan berdampak pada nilai pendapatan anda. Diperlukan riset kata kunci (keyword) yang memiliki nilai CPC lebih tinggi. Tentunya hal ini akan berhubungan dengan SEO yang perlu anda pelajari bagaimana cara supaya artikel anda yang menggunakan kata kunci dengan tingkat persaingan tinggi berada pada halaman pertama mesin pencari. Selain itu dengan mempelajari teknik SEO tentunya akan memperbaiki peringkat blog anda juga.  
  • Iklan adsense yang berdampingan dengan iklan diluar google akan menjadi nilai CPC menjadi lebih rendah yang mengakibatkan penurunan dalam pendapatan. Jadi usahakan selalu tidak mendampingkan dengan iklan lainnya.
  • Loading Blog yang terlalu lama akan mengakibatkan pengunjung meninggalkan halaman blog anda. Hal ini perlu disikapi dengan cermat bagaimana supaya kecepatan situs anda supaya lebih maksimal. Hindari menggunakan template yang memiliki kecepatan rendah.
  • Perasaan malas untuk membuat artikel adalah penyakit kambuhan yang dimiliki semua para blogger termasuk penulis sendiri. Saya yakin anda mempunyai cara tersendiri untuk mengatasi hal tersebut.


Dari beberapa faktor penyebab penghasilan adsense anda menjadi lebih sedikit dan tidak mengalami peningkatan secara signifikan, maka diperlukan tips-tips yang bisa mengatasi hal itu. Dengan mengunjungi beberapa forum yang relevan dengan halaman blog anda tentunya sebagai awal untuk menjadi publisher google adsense yang sukses dan jangan lupa bahwa Doa adalah bagian yang paling penting yang harus anda lakukan. Semoga Bermanfaat

5 komentar untuk "Penyebab Penghasilan Google Adsense Menurun"

  1. Banyak juga kriteria menurunnya pendapatan adsense. Saya rasa sudah lengkap uraian diatas jika disimak dengan baik.
    Thanks ya sudah berbagi

    BalasHapus
  2. katanya adds onn AdBlocker juga bisa menurunkan penghasilan ads juga ya?...

    saya sendiri belum punya akun adsense nih, nanti kalau udah banyak pengunjung baru deh mengajukan Google Adsense, dan semoga di approve... he

    BalasHapus
  3. iya malih tongtong, jangan suka nge-bigo ya

    BalasHapus