Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Optimasi Video Youtube Dengan Cara SEO

Cara Optimasi Video Youtube Dengan Cara SEO
Untuk melakukan optimasi pada video youtube sangat diperlukan dan bertujuan untuk meningkatkan chanel atau saluran yang anda miliki. Hasil pencarian tentunya akan lebih maksimal dan bersaing dengan chanel lainnya agar tampil pada mesin pencari. Dengan melakukan sedikit tips seo anda akan mempunyai peluang lebih baik untuk bisa menambah jumlah viewer dan subcriber baru. Namun membutuhkan beberapa cara untuk melakukan hal tersebut diatas.

Semakin mudah video yang di upload anda ke youtube ditemukan oleh mesin pencari, maka keuntungan kalian pun otomatis akan meningkat. Optimasi pada video bisa dilakukan dengan cara menggunakan teknik SEO (search engine optimization). Kalau anda bisa melakukan optimasi pada setiap artikel yang terdapat dalam blog yang anda miliki, saya kira melakukan hal yang sama pada video yang akan diupload ke youtube bukanlah suatu hal yang sulit untuk dilakukan dan diterapkan.

Optimasi Video Youtube Dengan Cara SEO


Tapi ada juga yang membutuhkan keberuntungan tanpa melakukan optimasi sama sekali. Seperti contohnya seorang teman yang ketika dalam perjalanan menemukan suatu kecelakaan kemudian meng-uploadnya ke youtube. Tentu saja video tersebut betul-betul fresh, original dan baru, maka video tersebut akan menarik penonton dan menjadi viral di media sosial. Namun momen tersebut tidak berlangsung lama karena video yang di upload adalah video yang sifatnya musiman.

Jika video yang anda miliki adalah semacam informasi yang dibutuhkan sepanjang masa seperti contohnya video tutorial yang selamanya akan selalu banyak dicari orang. Video semacam itu tentunya harus dilakukan optimasi SEO agar nantinya tampil dalam mesin pencarian google dan lainnya. Apalagi video milik anda ini memiliki durasi yang lumayan panjang dan bisa menerapkan beberapa iklan adsense didalamnya.

Judul Video Mengandung Kata Kunci    

Membuat judul video yang mengandung kata kunci yang relevan dengan isi video adalah salah satu syarat untuk meng-optimasi video agar dapat dengan mudah ditemukan oleh mesin pencarian. Misalnya saja video anda tentang "jilbab", maka anda harus mencari sebuah judul yang berhubungan dengan hal tersebut. Untuk mendapatkan judul yang dicari banyak orang anda bisa menggunakan google keyword planner.

"Usahakan Video Original buatan sendiri"

Contohnya anda menggunakan kata kunci "jilbab" yang keluar diantaranya "tutorial jilbab", "cara mudah menggunakan jilbab", "cara hijab" nah anda bisa menggunakan semua kata kunci tersebut untuk menjadikannya sebuah judul misalnya "tutorial mudah menggunakan jilbab terbaru". Setelah anda menemukan judul yang tepat, saatnya anda melakukan optimasi video yang telah anda upload di youtube dengan langkah-langkah sebagai berikut :

Cara Optimasi Video Youtube Dengan Cara SEO


  1. Berikan judul yang relevan dengan tema video, menggunakan judul yang tidak sesuai dengan isi video akan dianggap melanggar ketentuan
  2. Jika anda mempunyai blog sertakan link sumber artikel yang membahas konten tersebut. Hal ini tentunya akan lebih meningkatkan nilai seo pada keduanya. Kemudian buatlah deskripsi kesimpulan dan di akhiri dengan menyematkan nama home page blog anda sekaligus sebagai sarana promosi.
  3. Kemudian berikan tag yang mengandung kata kunci yang berhubungan dengan judul dan deskripsi yang telah anda buat. Jangan terlalu banyak menggunakan tag yang menyebabkan reputasi anda buruk dan dianggap spam.
  4. Selanjutnya buatlah gambar thumbnail yang menarik agar bisa mendapat perhatian dari pengunjung.
  5. Buatlah playlist tutorial tersendiri jika video anda banyak yang menggunakan konsep tutorial.
  6. Dan jangan lupa lakukan save. Selesai 
Pada artikel sebelumnya yang berjudul "jenis dan penyebab video youtube tidak menghasilkan uang" kemungkinan juga salah satu penyebabnya kurang optimasi pada video milik anda dan tidak menggunakan judul dan deskripsi yang tidak mengandung kata kunci tertarget. Semoga Bermanfaat

Posting Komentar untuk "Cara Optimasi Video Youtube Dengan Cara SEO"