Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah dan Lengkap Melihat Spesifikasi Komputer

Bagaimana Cara Melihat Spesifikasi Komputer
Ralabuma.com | Tema komputer kali ini saya ingin menjelaskan bagaimana cara mudah melihat spesifikasi komputer melalui sistem komputer yang anda beli secara lengkap. Biasanya ketika anda membeli sebuah unit komputer PC maupun laptop akan dihadapkan pada selembar brosur yang menjelaskan secara detail perangkat hadware yang berada didalamnya.

Pengertian Spesifikasi


Dalam dunia teknologi seperti komputer, spesifikasi adalah sesuatu hal yang menjelaskan dari definisi atau isi dari sebuah unit komputer secara detail. Baik itu perangkat hadware maupun sofware yang terdapat dalam sebuah unit komputer.

Nah saat anda membeli komputer pasti anda bertanya-tanya spesifikasi komputer seperti apa yang bagus untuk digunakan. Dalam dunia komputer ada beberapa jenis spesifikasi mulai dari yang rendah (low-end) dan spesifikasi tinggi (high-end).

Pada umumnya komputer yang memiliki spesifikasi rendah digunakan untuk pengetikan dan menjalankan program aplikasi yang rendah. Misalnya program microsoft office atau photoshop.

Sedangkan komputer yang memiliki spesifikasi tinggi diperuntukkan untuk bermain game 3D, Coreldraw atau untuk editing Video.   
Pernahkah anda atau teman anda membeli komputer dengan kualitas tinggi namun kenyataannya mempunyai kualitas atau spesifikasi yang rendah ?

Untuk menjaga hal tersebut sebaiknya anda mempelajari bagaimana cara melihat spesifikasi dalam sistem komputer yang anda beli tadi. Dengan begitu anda tidak akan merasa dibohongi. Pada banyak kasus memang sering terjadi karena ketidaktahuan pengguna akan hal tersebut.

Untuk mengetahu hal tersebut anda bisa melakukan pemeriksaan antara spesifikasi dari brosur dan dari komputer, untuk orang awam teknologi mungkin terasa sulit tapi jika anda mau belajar hal tersebut akan menjadi mudah.

Pada sebuah sistem operasi windows terdapat Menu Device Manager. Berikut detailnya :
  • Langkah pertama anda Klik menu start pada desktop
  • Kemudian Klik kanan pada menu Computer dan pilih properties
  • Selanjutnya akan muncul jendela menu properties, anda sudah bisa melihat jenis spesifikasi prosessor, RAM dan sistem operasi yang berjalan.
Cara Mudah dan Lengkap Melihat Spesifikasi Komputer

  • Untuk melihat lebih detail spesifikasi anda kemudian anda lihat pada kiri atas terdapat menu/tulisan Device Manager
  • Akan muncul jendela lainnya yang menjelaskan tentang spesifikasi komputer anda secara lengkap seperti gambar dibawah ini contohnya 
Cara Detail dan Lengkap Melihat Spesifikasi Komputer

Ada cara lain juga untuk melihat spesifikasi detail komputer yang sedang berjalan dengan menggunakan Menu Run kemudian anda Ketikkan dxdiag selanjutnya tekan Enter. 

Itulah ulasan bagaimana cara melihat spesifikasi komputer secara mudah, detail dan lengkap yang mungkin bisa menambah wawasan dan membawa manfaat buat anda. Jika ada yang ditanyakan atau ingin menambahkan silahkan email atau berkomentar.

2 komentar untuk "Cara Mudah dan Lengkap Melihat Spesifikasi Komputer"

  1. Tidak berbeda jauh dengan ponsel ya, semua bisa dipelajari dengan mudah..

    BalasHapus