Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Merubah Warna Template Blog

cara mudah merubah warna template pada blog
Ralabuma | Dari sekian banyaknya template berbayar maupun gratis, terkadang kita ingin membuat template yang berbeda dengan aslinya baik dari warna maupun penempatan widget-widget tertentu. Banyak alasan-alasan tertentu kenapa anda harus merubah warna template.

Salah satunya mungkin karena anda menyukai template tersebut namun tidak menyukai akan warnanya. Ada juga yang berpendapat bahwa warna template yang bagus adalah warna yang disukai google seperti warna biru. Katanya sih agar enak dilihat dan sinkron dengan banner iklan adsense.

Untuk mengganti warna template anda harus mengetahui terlebih dahulu apa yang ada dalam struktur template. Dalam sebuah template terdapat kode-kode tertentu dan itu dibuat secara terpisah supaya memudahkan bagi pengguna template tersebut untuk merubahnya.

Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa itu header, sidebar, footer dan background yang semuanya bisa anda rubah menjadi warna yang anda sukai. Sebenarnya untuk merubah ini sangat mudah jika anda mempelajarinya secara perlahan dan teliti. 

Misalnya anda ingin merubah "menu" dan telah diketahui memiliki kode warna html "#1E90FF" maka yang harus anda lakukan adalah melalui edit HTML pada template blog anda dengan menggunakan "CTRL F" pada keyboard lalu anda masukan kode warna tersebut lalu anda ENTER. 

Kemudian anda akan diarahkan kepada bahasa html yang berhubungan dengan kode warna tersebut.
cara merubah warna tampilan di blog
Cara Menemukan Kode Warna dalam Template

Cara Mengetahui Warna Template

Untuk mengedit warna template terlebih dahulu anda harus mengetahui atau mempelajari kode html apa saja yang dimiliki setiap warna. 
cara mengetahui warna template
Cara Melihat Kode Warna Template Blog
Untuk mengetahui warna template yang akan anda rubah cukup anda buka halaman blog anda (lihat gambar diatas), jika anda akan mengganti warna pada menu cukup anda arahkan mouse anda pada warna menu yang akan diganti, lalu klik kanan pada mouse anda kemudian cari petunjuk inpeksi.


cara mudah mengganti warna template
Cara Mengetahui Warna Template
Kemudian pada jendela sebelah kanan akan terlihat jenis kode warna biru tersebut "#1E90FF" lalu anda ganti dengan kode warna yang anda sukai. Berikut contoh kode warna yang terdiri dari 6 digit, jika kode template anda menggunakan 3 digit anda bisa mencarinya dengan mudah.

Untuk catatan jika anda masih tahap belajar mengedit template, sebaiknya anda backup dulu template anda jika nanti terjadi kesalahan. Demikian ulasan tentang bagaimana cara merubah warna template untuk blog anda.

2 komentar untuk "Cara Merubah Warna Template Blog"