Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Error NTLDR is Mising Pada Komputer

Cara Mengatasi Error NTLDR is Mising Pada Komputer
Penyebab Umum error NTLDR is Missing
Ralabuma.com | Bahasan komputer troubleshooting kali ini bagaimana cara mengatasi komputer yang error dengan memberikan pesan NTLDR is missing yang seterusnya ada perintah yang mengharuskan anda menekan tombol "ctrl+alt+del to restart". Hal tersebut sering terjadi hampir pada setiap PC Komputer maupun Laptop.

Penyebab NTDLR is Missing

Penyebab NTLDR is missing dikarenakan unit komputer anda tidak dapat melakukan booting atau membaca sistem operasi windows pada komputer. Ketika menyalakan komputer akan melakukan proses booting dengan mengenali terlebih dahulu mendeteksi sistem bios.

Jika setelan bios untuk booting pertama misalnya flashdisk maka secara otomatis sistem akan membaca file sistem yang terdapat dalam flashdisk. Pada banyak kasus terkadang pengguna komputer selalu lupa tidak mencabut flashdisk nya terlebih dahulu ketimbang menghidupkan komputer.

Supaya komputer tidak melakukan booting pertama pada flashdisk, sebaiknya anda memindahkan booting pertama tersebut pada hardisk.

Hal lainnya yang menyebabkan NTLDR is missing terdapat kabel IDE/Sata yang mengalami masalah dalam melakukan koneksi ke hardisk.

Cara Mengatasi NTDLR is Missing


Untuk mengatasinya anda masuk ke BIOS pastikan bahwa hardisk sudah terdeteksi, jika tidak sebaiknya anda mengganti kabel yang terkoneksi dengan hardisk. Dan pastikan kembali bahwa priority boot mengarah pada hardisk.

Jika anda akan melakukan instal ulang melalui flashdisk lakukan priority boot pertama adalah flashdsik. Jika instalasi sudah selesai jangan lupa kembalikan boot pertama adalah hardisk. Semoga bermanfaat tentang bagaimana cara mengatasi error NTLDR is Missing pada komputer maupun laptop.

2 komentar untuk "Cara Mengatasi Error NTLDR is Mising Pada Komputer"

  1. Ternyata penyebab missing itu karena flashdisc..!

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukan flashdisk saja, hardisk juga begitu jika didalamnya tidak terdapat sistem, sebelumnya memang ada sistem mungkin karena hilang oleh virus kemudian sistem itu error dan menyebabkan error missing..terima kasih mas indra

      Hapus