Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Instal Windows 10 Lengkap

Cara Instal Windows 10 Lengkap
Saya akan menjelaskan secara detail dan lengkap bagaimana cara instal windows 10
Ralabuma | Hal apa sajakah yang harus anda perhatikan saat sistem windows anda akan di perbarui dengan menggantinya menggunakan sistem windows 10 ? Dengan memperbarui sistem komputer anda ke windows 10 banyak sekali kelebihannya yang salah satunya keamanan ketingkat yang lebih tinggi dimana anda tidak perlu lagi menggunakan anti virus. 

Untuk cara instal windows 10 sendiri saya sarankan anda jangan meng-upgrade nya secara langsung, melainkan dengan menghilangkan terlebih dahulu sistem yang sebelumnya anda gunakan. Misalnya anda saat ini menggunakan windows 8 lalu anda ingin menjadi windows 10. Saya akan menjelaskan secara detail dan lengkap bagaimana cara instal windows 10.

Dengan menghilangkan sistem sebelumnya akan membuat windows 10 akan berjalan normal. Jika anda melakukan upgrade melalui online atau CD secara langsung maka hal itu akan mengakibatkan sistem anda bertumpuk dan akan membuat komputer anda bertambah lambat.

Persiapan Instal Windows 10    

Jika anda sudah yakin akan menggunakan windows 10 hal yang pertama harus anda lakukan adalah antara lain :

Backup data anda terlebih dahulu, jika anda sudah mempunyai 2 partisi itu lebih baik. Dalam sebuah unit komputer biasanya terdapat 2 partisi atau lebih. Partisi pertama biasa yang disebut Drive C dan Kedua Drive D. Nah yang drive kedua ini kegunaannya adalah sebagai tempat penyimpanan data, dimana ketika sistem anda mengalami masalah anda tidak perlu khawatir akan kehilangan data. Terkecuali anda simpan dalam drive C yang sudah pasti akan kehilangan data anda. 

2) Siapkan CD Windows 10 yang anda beli. Namun jika anda ingin menggunakan versi gratis anda download dahulu dengan mengunjungi situs microsoft. Jika program yang anda gunakan dalam versi sistem sebelumnya menggunakan 32 bit maka anda harus menggunakan windows 10 versi 32 bit

3) Untuk menempatkan hasil download windows 10 anda memerlukan flashdisk atau DVD Balank yang memiliki ukuran 4 GB atau diatasnya

4) Untuk menyimpan sistem windows 10 pada flashdisk anda tidak bisa meng-copy paste begitu saja. Anda perlu sofware pendukung lainnya untuk menjadikannya file ISO sebagai bootable windows. Anda bisa menggunakan sofware pendukung lainnya dengan cara berikut ini :
  • Instal sofware rufus
  • Masukan Flashdisk kosong pada komputer
  • Jalankan rufus (otomatis akan membaca flashdisk)
  • Masukan file windows 10 yang anda download tadi caranya (gambar dibawah yang diwarnai kuning) lalu cari tempat anda menyimpan file 
  • Tunggu proses pembuatan Image ISO sampai selesai
membuat file iso dengan sofware rufus

5) Setelah windows 10 berada dalam flashdisk yang sudah menjadi file ISO tahap selanjutnya anda matikan komputer anda yang kemudian masukan flashdisk.

6) Kemudian anda nyalakan dan masuk ke BIOS dengan cara tekan DEL atau F2 tergantung perintah dari BIOS anda.

7) Kemudian untuk booting pertama anda pindahkan ke Flashdisk (dalam pengertian ketika komputer anda restart booting pertama yang dibaca adalah flashdisk yang didalamnya terdapat windows 10

8) Setelah itu anda save dan biarkan komputer berjalan dengan membaca flashdisk

9) Kemudian akan muncul layar loading windows 10 biarkan berjalan sebagaimana mestinya sampai muncul gambar dibawah ini (kemudian next)

Cara Instal Windows 10 Lengkap

10) Kemudian akan muncul pilihan seperti gambar dibawah (instal now) 

Panduan Instal Windows 10

11) Selanjutnya anda akan muncul jendela yang menyarankan anda memasukan serial number. Anda biarkan kosong dahulu kemudian anda skip.

Cara Mudah Instal Windows 10  

12) Kemudian akan muncul jendela opsi pilihan Upgrade dan Custom (anda pilih custom)
  
Panduan Instal Windows 10 Terbaru

13) Berikutnya anda lakukan seperti cara gambar yang tampil dibawah ini :
  • No 1 adalah drive C dimana anda harus ingat sebelumnya dengan membedakan dari ukuran kapasitas ruang hardisk anda. Kemudian anda klik (tandai atau sorot)
  • No 2 lalu anda klik format
  • No 3 lalu anda sorot lagi drive C yang akan di isi sistem windows 10
  • Kemudian No 4 anda next
Tips Instal Windows 10 Lengkap

14) Kemudian akan muncul jendela proses instalasi windows 10 anda tunggu sampai dengan selesai dan restart sendiri

15) Setelah proses instal selesai akan muncul beberapa jendela baru seperti menyarankan untuk mengisi serial number anda skip saja. Kemudian jika muncul "hwo own this pc" anda pilih "i own it" kemudian next

16) Jika muncul "make it yours"  itu artinya anda harus memasukan akun microsoft, hal itu anda bisa lakukan nanti saja. Lalu anda pilih "skip this step"

17) Dan yang terakhir isi nama komputer sesuai yang anda inginkan. Jangan isi password (kemudian next) dan selesai.

Demikian ulasan tentang cara instal windows 10 secara lengkap. Jika anda membutuhkan panduan selanjutnya jika mengalami hambatan dalam proses instal windows 10 anda bisa tanyakan lewat kolom komentar atau email secara gratis.

Posting Komentar untuk "Cara Instal Windows 10 Lengkap"