Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pentingnya Memahami Aturan Kebijakan Google Adsense

Ada hal yang cukup unik memang, dimana dalam kebijakan dan kelayakan situs bahwa usia situs sudah 6 bulan
RALABUMA | Seperti kita ketahui dalam perjalanan membangun sebuah situs web baik secara individu atau perusahaan dibutuhkan suatu ide atau rencana untuk keberlangsungan situs yang anda buat. Selain menerapkan aturan tentunya anda juga harus mengikuti aturan jika anda ingin menjadi salah satu partner dari layanan google seperti menjadi publisher atau penayang iklan dari google.

Seperti halnya jika anda menerapkan aturan dalam situs web anda, dimana setiap pengunjung boleh berkomentar pada artikel anda dan tidak boleh menerapkan link didalam komentar untuk menjaga situs web anda bebas dari hal-hal yang bisa merugikan situs web anda.



Pada artikel ini saya ingin berbagi pengalaman bagaimana sulitnya menjadi penayang google adsense. Ada hal-hal yang harus anda lakukan sebelum membuat atau membangun sebuah situs web. Berikut adalah pengalaman saya dalam memaksimalkan konsistensi membuat blog.  

Apa yang saya lakukan ketika ingin membuat situs web ?

Membuat situs web itu gampang kok ! hanya membuat email, nomer ponsel dan artikel. Mudahkan ? Ya memang mudah itu sangat benar sekali. MUDAH ! ketika anda membaca kata mudah pastinya anda juga bisa melakukannya. Banyak sebagian orang berpikir hanya tentang modal artikel. Yah memang modal utama untuk hal tersebut adalah artikel (konten).

Namun sebelum saya membangun situs web, saya terlebih dahulu melakukan riset pada beberapa blog ternama salah satunya situs web klikmania yang dimiliki Om Gani Sebastian. Orangnya sangat low profile dan saya rasa orang yang paling sabar menghadapi pertanyaan dari setiap blogger pemula. Bahkan sambil memasak pun masih sempat-sempatnya menjawab pertanyaan yang saya ajukan. Ooh so sweet ! 


Saat anda sudah mengenal Om Gani tentunya anda akan menemukan para pakar lainnya yang tentunya akan setia membantu anda. Saran saya jangan terlalu mengharapkan bantuan mereka terus, karena mereka pun memiliki kesibukan. Disini anda dituntut untuk belajar lebih jika ingin mempunyai situs web yang baik dimata google, tentunya untuk jalan menjadi publisher adsense lebih terbuka lebar.


Kita kembali ke laptop ! Seperti yang google katakan "Konten adalah Raja". Semakin konten anda menarik maka akan semakin banyak yang mengunjungi situs anda. Lalu bagaimanakah cara membuat konten yang menarik ?



  1. Judul Artikel, Buatlah judul yang membuat orang penasaran dan menarik dikunjungi"
  2. Kata Kunci, Gunakan kata kunci yang tepat dan relevan dengan isi artikel anda" Jangan menggunakan kata kunci yang sudah banyak orang pakai, carilah kata kunci yang saat ini menjadi trending topik dan persaingannya rendah. Anda bisa melakukan pencarian kata kunci dengan menggunakan keyword planner.
  3. Isi Artikel, Buatlah artikel unik semenarik mungkin dengan minimal memiliki 500 kata, kalau bisa sampai 1000 kata. Karena hal tersebut akan berpengaruh pada penghasilan adsense anda". Buatlah paragraf yang seperti dalam artikel ini supaya memudahkan pengunjung membacanya. 
  4. Publikasikan, Setelah konten atau artikel anda anggap layak untuk di publikasikan. Dengan memberi label dan deskripsi artikel supaya pengunjung mendapat navigasi yang baik ke artikel lainnya.    . 

Ke empat hal diatas tentunya akan lebih menarik jika anda mendapat panduan secara lengkap pada bacaan lainnya seperti Tahapan Membuat Blog 

Dari ke empat hal tersebut bagian terpenting apa saja yang perlu anda perhatikan ? Karena ini tentang masalah kebijakan google adsense, maka hal ini yang wajib anda ketahui :

Tentunya hal yang paling krusial dan bertentangan dengan kebijakan google adalah artikel. Mengapa begitu ? Kebanyakan dari mereka khususnya pemula menggunakan topik atau kandungan artikel dalam situs web nya tidak asli alias hasil copy paste. Usahakan jika anda ingin melakukan hal itu anda harus merubah gaya bahasanya sebanyak 50% dan menjadi lebih menarik.

Artikel yang menurut google hasil plagiat copy paste akan menjadikan bahwa situs web anda tidak layak menjadi penayang google adsense dan artikel anda akan berujung pada tumpukan pasir (sandbox) . 

Hindari untuk menggunakan gambar secara berlebihan dan video

Jika anda tidak pandai dalam hal penulisan sebaiknya anda mengeluarkan biaya untuk menggunakan jasa penulisan dari orang lain. Anda harus Konsisten dalam membuat artikel minimal 3 kali dalam seminggu. 

Ada hal yang cukup unik memang, dimana dalam kebijakan dan kelayakan situs bahwa usia situs sudah 6 bulan. Namun berbeda dengan kenyataannya, banyak mereka para blogger dalam 1 bulan saja bisa diterima. Ralabuma saat mendaftar akun Non Hosted pada usia 3 bulan, ujung-ujungnya selalu ditolak, baru setelah saya ikuti saran dari penolakan agar merubah isi situs baru di terima sebagai publisher google adsense.


Secara umum kebijakan google adsense bisa anda baca secara detail pada halaman adsense dan sejumlah forum yang disediakan jika anda mempunyai pertanyaan yang lebih spesifik, mereka para pakar webmaster akan menjawab pertanyaan anda. Dengan memahami hal tersebut tentunya akan memudahkan anda menjadi publisher adsense. Semoga bermanfaat !

2 komentar untuk "Pentingnya Memahami Aturan Kebijakan Google Adsense"

  1. Sangat penting agak tak kenak pentung tuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. juga jangan salah dengan penulisan seperti komentar nya kang oim mukidi..hihi..

      Hapus