Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Panduan Merawat Processor Komputer

Panduan Merawat Processor Komputer
Didalam unit komputer terdapat perangkat hadware yang bernama Processor. Dalam ilmu komputer processor bisa katakan sebagai otak dari sebuah sistem komputer. Setiap program sistem maupun aplikasi seperti misalnya game, video dan semua aplikasi lainnya akan membutuhkan sebuah unit perangkat keras yang bernama processor. 

Ada beberapa vendor yang mengeluarkan jenis processor di antaranya yang sudah terkenal merk Intel Processor dengan kekuatannya dan Processor AMD yang terkenal dengan kelebihannya untuk bermain game dan Apple

Jenis Processor

  • Intel Pentium 
  • AMD Athlon
  • Apple A9
Sebagai otak komputer processor tidak bekerja sendiri, ada perangkat pendukung lainnya seperti RAM dan VGA Card supaya kinerja processor berjalan maksimal. Untuk merawat processor itu sendiri sangat mudah sekali, dan tidak membutuhkan waktu yang lama. 

Perlu tips ampuh untuk merawat processor anda. Sesuai dengan fungsinya yang sangat vital dan harganya yang relatif paling mahal diantara komponen hardware komputer lainnya, maka sudah sewajarnya apabila anda melakukan tindakan perawatan untuk mencegah kerusakan Processor. 

Kegunaan Merawat Processor Komputer

Mencegah terjadinya Overheat pada Processor, saat komputer anda sedang aktif, maka secara otomatis temperatur dari Processor ini sangat tinggi. Apabila melebihi batas maksimal maka bisa menyebabkan Processor mengalami overheat (kepanasan). Untuk mencegah overheat ini yang harus anda lakukan adalah langkah berikut ini :

1. Berikan Thermal Paste 

  • Thermal paste digunakan sebagai perantara antara Processor dengan Heatsink (alumuniun pendingin). Usahakan thermal paste yang memiliki kualitas bagus, sebelum memberika thermal paste sebaiknya anda membersihkan dulu thermal paste yang lama, setelah anda beri media tersebut maka panas dari Processor akan semakin cepat mengalir pada alumunium heatsink. Untuk jangka waktu mengganti thermal paste ini cukup 3 bulan sekali.

2. Periksa Fan dan Heatsink Processor (CPU Cooler) 

  • Fan sendiri berfungsi mendinginkan Processor, jika kipas Fan sudah tidak memiliki putaran yang maksimal sebaiknya anda menggantinya dengan type yang sama, hati-hati dalam pemasangan, jika tidak menempel erat pada processor maka akan ada peringatan pada BIOS Mainboard anda dan bisa menyebabkan processor anda terbakar
  • Perhatikan juga kabel  yang terdapat pada heat sink, biasanya cepat atau lambat kabel tersebut bisa mengenai kipas pada heat sink dan menyebabkan kipas berhenti. Pastikan kabel tersebut mempunai jarak yang cukup jauh dari kipas heatsink. 

3. Menambah Kipas 

  • Menambah kipas pada bagian belakang casing sangat berguna sekali. Dimana sirkulasi udara panas bisa terbuang secara cepat dan membuat suhu CPU anda menjadi stabil.
Demikian ulasan tentang bagaimana kita mengenal processor dan cara merawat processor tersebut. Karena processor adalah bagian yang terpenting juga termahal, dan sudah pasti anda harus merawatnya secara berkala. Semoga bermanfaat 

1 komentar untuk "Panduan Merawat Processor Komputer"