Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Spesifikasi Hardisk Komputer

Mengenal Spesifikasi Hardisk Komputer
Tipe Internal Hardisk Komputer PC
Ralabuma Computer | Hal pertama yang harus dilakukan jika anda membeli hardisk untuk komputer adalah mengenal dan menentukan spesifikasi hardisk yang anda perlukan. Pada umumnya spesifikasi hardisk dapat kita lihat pada bagian label yang terpasang diluar hardisk tersebut. 

Dalam menentukan pilihan sebaiknya anda menggunakan hardisk yang berkapasitas besar supaya anda lebih leluasa menyimpan data anda tanpa ada rasa takut kehabisan space atau ruang penyimpanan dalam hardisk yang anda beli.


Berikut beberapa spesifikasi hardisk yang harus anda perhatikan jika anda mau membeli hardisk yaitu sebagai berikut:

1. Menentukan Jenis atau Tipe Hardisk

Jenis maupun merek merupakan spesifikasi hardisk yang pastinya pertama harus dilihat. Untuk tipe hardisk ini ada input/output bermacam-macam seperti ATA (IDE), SATA, SCSI, SAS, USB 3.0 (untuk hardisk eksternal). Sedangkan untuk merek sendiri biasanya yang lebih banyak orang pakai bermerek SEAGATE atau WDC. Dan tentukan juga apakah anda membeli hardisk tersebut untuk laptop atau PC Komputer. Mengenai penjelasan masing-masing jenis hardisk ini dapat anda lihat pada artikel saya sebelumnya Mengenai Jenis dan Tipe Hardisk Komputer.

Mengenal Spesifikasi Hardisk Komputer
Eksternal Hardisk untuk Laptop


2. Menentukan Kapasitas Hardisk

Menentukan kapasitas hardisk merupakan spesifikasi hardisk selanjutnya, yang harus anda lihat ketika membeli sebuah hardisk adalah kapasitas hardisk yang tertera dalam label badan hardisk, saat ini kapasitas yang tersedia dipasaran memiliki kapasitas sebesar 
  • 80 GB (Gigabyte)
  • 160 GB
  • 250 Gb
  • 320 GB
  • 500 GB 
  • 1 TB (Terabyte) atau 1.000 GB
  • 2 Tera Byte
  • 4 Tera Byte
Mengenal Spesifikasi Hardisk Komputer
Tipe Eksternal Hardisk



3. Kecepatan Putaran Hardisk

Kecepatan hardisk pada dasarnya merupakan ukuran kecepatan platter hardisk untuk melakukan satu putaran dalam satu menit sehingga dinyatakan dengan Rotation Per Minute (RPM). Semakin tinggi putaran ini berarti kinerja hardisk semakin baik. 

Saat ini kecepatan hardisk memiliki 5400 RPM dan 7200 RPM, saya sarankan menggunakan 7200 RPM dan untuk melihatnya ada pada label badan hardisk.

4. Form Factor

Kemudian untuk spesifikasi hardisk yang ke empat adalah form factor. Form Factor sendiri merupakan ukuran fisik sebuah hardisk yang dilambangkan dengan garis tengah platter yang digunakan. Pada saat ini dikenal 2 macam form factor hardisk, yaitu ukuran 3,5 inchi  (eksternal hardisk) dan 2,5 inchi (internal hardisk). Untuk melihatnya ada dibagian label belakang.

5. Cache buffer

Untuk Spesifikasi hardisk yang terakhir yang dapat anda lihat dalam memilih sebuah hardisk adalah cache buffer. Cache buffer merupakan memori yang diintegrasikan di dalam sebuah hardisk. 

Cache buffer berfungsi untuk menyimpan data yang sering diminta oleh Memori Komputer atau RAM, sehingga tidak perlu di ambil dari platter. 


Semakin besar cache buffer ini berarti transfer data akan lebih cepat sehingga kinerja hardisk juga akan meningkat. Lihat gambar dibawah ini tentang penjelasan semua diatas.


Tabel Spesifikasi Hardisk
Itulah ulasan tentang mengenal spesifikasi hardisk, untuk menentukan hardisk yang bagus sebelum anda membelinya sebaiknya anda mengerti dahulu tentang artikel ini dan lainnya tentang hardisk. Jika ingin berkomentar silahkan. Terima Kasih   

1 komentar untuk "Mengenal Spesifikasi Hardisk Komputer"

  1. Saya tertarik dengan judul dan tulisan anda, Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai Pengembangan Komputer yang bisa anda kunjungi di Informasi Pengembangan Komputer

    BalasHapus