Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghitung Jumlah Kata Dalam Artikel

cara menghitung jumlah kata dalam artikel blog
Ralabuma | Mengetahui dan menghitung jumlah kata dalam artikel yang anda tulis atau ketik sangatlah berguna bila anda adalah seorang penulis  khususnya postingan untuk blog anda supaya lebih seo, karena semakin banyak kata yang anda tulis pada sebuah artikel itu akan memudahkan blog anda mendapat peringkat Page One di SERP google penelusuran, minimal jumlah kata yang anda tulis pada sebuah artikel adalah 1000  - 1500 kata, karena sangat sengitnya persaingan dengan blog lainnya. 

Semakin banyak kata yang anda tulis maka artikel yang anda buat akan semakin berkualitas, baik di mata pengunjung atau pun Google. Selain hal itu mengetahui jumlah kata pada tulisan yang anda buat juga akan sangat penting bagi anda seorang penulis, mahasiswa dan siswa sekolah.  Anggap saja anda mendapat tugas untuk membuat sebuah makalah atau pun sebuah arikel dengan sebuah batasan minimal atau pun maksimal untuk jumlah kata dalam tugas tersebut.


Cara Menghitung Jumlah Kata Dalam Artikel

Dengan panduan ini, anda tidak perlu lagi menghitung jumlah kata yang anda tulis secara manual karena semakin berkembangnya jaman, saat ini semuanya serba praktis dan digital. Panduan kali ini saya akan membagikan sebuah tutorial bagaimana cara menghitung jumlah kata yang anda tulis dengan cepat dan sangat mudah dilakukan, baik itu menggunakan sebuah aplikasi atau pun menggunakan sebuah tool online dari website tertentu. 

Menghitung jumlah kata dapat anda lakukan dengan cepat menggunakan sebuah aplikasi online atau pun tanpa aplikasi, dengan menggunakan aplikasi offline anda cukup menggunakan Microsoft Word saja lebih gampang.

Menghitung Jumlah Kata Menggunakan Tools Online

Ada beberapa website yang menyediakan sebuah fitur untuk menghitung jumlah kata sekaligus jumlah karakternya, yaitu sebagai berikut :
  • Word Count Tool
  • Word Counter 
Karena ketiga tools tersebut hampir memiliki persamaan maka saya beri contoh dengan menggunakan salah satu tools tersebut yaitu word Count Tools, tools ini menyediakan sebuah fitur yang bisa anda gunakan untuk menghitung jumlah kata, jumlah karakter yang ada pada tulisan artikel anda,  tools ini juga menampilkan kata kunci atau bahasa kerennya keyword yang nantinya bisa anda gunakan untuk memberikan sebuah judul pada artikel tersebut, dan carilah kata kunci yang memiliki antara 2% - 3% saja agar judul artikel anda menjadi lebih SEO.

Kunjungi website Word Count Tools , copy artikel yang ingin anda ketahui jumlah katanya dan belum di publish, kemudian paste-kan artikel yang sudah anda copy kedalam kolom yang sudah disediakan. Selanjutnya anda akan melihat keterangan tentang artikel anda, untuk membuat judul sesuai kata kunci atau keyword anda bisa klik dibagian Keyword Desinty, jika kata kunci yang anda bidik memiliki diatas 4% sebaiknya anda kurangi kata tersebut untuk mengurangi kepadatan kata kunci yang tidak bagus di mata SEO

Menghitung Jumlah Kata dengan Menggunakan Microsoft Word

Sekarang bagaimana dengan panduan kedua ini menggunakan Ms Word 2010 dan lainnya dan tidak memerlukan koneksi internet atau offline, karena pada setiap komputer dan laptop pastinya sudah terdapat aplikasi ini. Adapun tutorial sebagai berikut :
  1. Buka aplikasi Microsoft Word pada komputer atau laptop anda. 
  2. Kemudian copy dan paste artikel yang ingin anda ketahui jumlah katanya, baik itu dari sebuah blog, website maupun tulisan anda sendiri.
  3. Kemudian anda cari menu review dan lihat gambar dibawah ini

Menghitung Jumlah Kata dengan Menggunakan Microsoft Word



Demikian ulasan tentang cara menghitung jumlah kata dalam artikel, dengan mengetahui jumlah kata tersebut anda bisa menentukan judul artikel lebih SEO untuk bersaing dengan blog lainnya. Share jika ini bermanfaat dan berkomentarlah dengan baik dan membangun. Terima Kasih  

2 komentar untuk "Cara Menghitung Jumlah Kata Dalam Artikel"