Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Privacy Policy Blog Lengkap

Membuat Privacy Policy Untuk Blog

Haruskah Membuat Privacy Policy di Blog Anda

Pengertian Privacy Policy adalah sebuah dokumen berlandaskan hukum yang menerangkan beberapa informasi tentang pengelolaan dalam membuat legalitas blog anda. Membuat Privacy Policy ini mutlak dibuat oleh pemilik blog yang ingin mengelola blognya dijadikan usaha atau bisnis online, apalagi jika anda ingin mendaftar adsense sudah barang tentu harus memiliki halaman privacy policy.

Halaman yang Wajib ada pada Blog


Halaman About Us yaitu mengenai blog anda dan saya yakin gampang membuatnya dengan melihat contoh pada blog saya ini.

Halaman Disclaimer dibawah ini menerangkan arti sebenarnya 
  • Semua informasi di website ini diterbitkan dengan itikad baik dan untuk tujuan informasi umum saja. http://ralabuma.com tidak membuat jaminan tentang kelengkapan, keandalan dan ketepatan informasi ini. Anda mengambil tindakan atas informasi yang Anda temukan di website ini "http://ralabuma.com", secara ketat risiko Anda sendiri. http://ralabuma.com tidak akan bertanggung jawab atas kerugian dan / atau kerusakan sehubungan dengan penggunaan website kami.
  • Dari website kami, Anda dapat mengunjungi situs-situs lain dengan mengikuti hyperlink ke situs eksternal tersebut. Sementara kami berusaha untuk memberikan hanya kualitas link ke situs web yang berguna dan etika, kita tidak memiliki kontrol atas isi dan sifat situs tersebut. link ini ke situs web lain tidak menyiratkan rekomendasi untuk semua konten yang ditemukan di situs tersebut. 
  • Pemilik situs dan konten dapat berubah tanpa pemberitahuan dan dapat terjadi sebelum kita memiliki kesempatan untuk menghapus link yang mungkin telah pergi 'buruk'.
  • Perlu juga menyadari bahwa ketika Anda meninggalkan website kami, situs lain mungkin memiliki kebijakan privasi yang berbeda dan hal yang berada di luar kendali kita. 
  • Pastikan untuk memeriksa Kebijakan Privasi situs tersebut serta mereka "Persyaratan Layanan" sebelum melakukan bisnis apapun atau meng-upload informasi apapun.
  • Persetujuan, dengan menggunakan website kami, Anda dengan ini menyetujui disclaimer kami dan setuju dengan ketentuan-ketentuannya". 
Halaman Privacy Policy sendiri sebenarnya hampir sama dengan disclaimer, tapi dengan membuat keduanya menujukkan bahwa blog anda di kelola dengan sunguh-sunguh

Halaman Site Map adalah kumpulan artikel yang ada pada blog anda secara lengkap lihat contohnya di blog ini, jika anda ingin memakai site map ini silahkan anda copy kodenya dan ganti dengan nama blog anda sendiri :

<style>p.labels a{color: #242424; text-transform: uppercase;font-size: 15px;}a.post-titles {color: #0000FF;}ol li{list-style-type:decimal;line-height:25px;}</style><script src="http://yourjavascript.com/7366511402/simplesitemap.js" type="text/javascript"></script><script src="http://gantidenganbloganda.com/feeds/posts/default?max-results=9999&alt=json-in-script&callback=bloggersitemap"></script>

Catatan : Yang tulisan yang di blok warna kuning silahkan ganti dengan nama anda, cara membuat site map sama persis dengan cara menempatkan kode HTML Privacy Policy di Halaman Blog.

Kebanyakan blog memakai privacy policy dengan membuatnya secara online lewat situs situs yang menyediakan jasa generator khusus membuat privacy policy. Tapi apakah bisa membuat privacy online sendiri ? Bisa saja tapi anda harus menyesuaikan ketentuan yang berlaku. Jika anda mau berbahasa indonesia anda tinggal menterjemahkan nya ke bahasa Indonesia.

Cara Membuat Privacy Policy 


Untuk membuat Privacy Policy silahkan ikuti langkah-langkahnya sebagai berikut :
Untuk situs perujuk penyedia pembuatan silahkan menuju link situs Privacy Policy Online

Isilah Form yang seperti gambar dibawah ini :


dasboard form privacy policy
  • Untuk contact link jika belum membuat about us atau contact us, isi saja URL halaman google plus anda 
  • Jika sudah lengkap anda kemudian klik Generate Policy yang kemudian di ikuti dengan munculnya hasil dari privacy policy anda 
  • Kemudian anda scrool kebawah sampai ketemu Generate HTML untuk mencopy nya dengan format HTML 
  • Setelah anda copy semua nya dan masuk ke blogger anda dengan membuat halaman privacy policy baru dan beri judul privacy policy (lihat gambar) kemudian anda publish

Membuat Halaman Privacy Policy


Menempatkan HTML Privacy Policy



Catatan : untuk menempatkan format tulisan yang ber HTML anda pilih HTML jangan Compose itu akan menyebabkan blog anda error

Memunculkan Privacy Policy Pada Menu Halaman Blog


Nah bagaimana cara menampilkannya biar terlihat sama si mbah google, anda copy dahulu URL halaman Privacy Policy anda


URL Privacy Policy

Kemudian anda masuk ke edit HTML namun sebelumnya jika template anda sudah ada nama menu Privacy Policy itu memudahkan anda menampilkannya

Edit HTML


Kemudian anda paste url privacy policy yang anda copy tadi, jika anda mengalami kesulitan mencarinya anda tinggal tekan CTRL F pada keyboard anda dan anda tulis privacy policy lihat gambar dibawah ini :


HTML URL Privacy Policy

Itulah ulasan bagaimana membuat privacy policy secara lengkap pada blog anda dan memunculkannya pada halaman depan blog. Dengan adanya artikel ini semoga membantu anda khususnya pemula, mengetahui dan menyimpulkannya secara luas seberapa pentingnya nya membuat privacy policy. 

Untuk membuat disclaimer lihat gambar paling atas anda tinggal mengunjungi situs tersebut. Saran dan Kritik silahkan dikolom komentar. Bagikan jika ini bermanfaat untuk blogger lainnya. Terima Kasih

5 komentar untuk "Cara Membuat Privacy Policy Blog Lengkap"

  1. wwww.liric.top
    pengen saya ganti jadi .com gmn caranya ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. anda harus membeli domain lagi mas, yang itu sudah tidak bisa dirubah. kecuali misalnya www,liric,blogspot,com bisa dicustom domain menjadi www,liric,com silahkan anda pelajari dulu di link ini http://www.ralabuma.com/2016/05/panduan-blogspot-menjadi-custom-domain.html

      Hapus
  2. site map dan disclamer apakah penting untuk di buwat, kalo penting gmn cara masangnya?

    BalasHapus
  3. membeli artinya di pasang diblog yang baru/bikin blog baru lagi atau gmn?atau membeli yg baru buwat ganti domain yang lama?

    BalasHapus
  4. oww ya mbak di atas sendiri ada gambar tulisan dan tulisan klik here yang ganti2 sama kayak blog saya itu apa ya mbak?

    BalasHapus