Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana Cara Memperbaiki LCD Laptop Terbaru

Cara Memperbaiki LCD Laptop Yang Rusak
Yang perlu dipahami dahulu adalah mengapa LCD pada Laptop anda mengalami error atau sejenisnya
Ada beberapa jenis kerusakan yang biasa dialami pengguna Laptop. Yang perlu dipahami dahulu adalah mengapa LCD pada Laptop anda mengalami error atau sejenisnya. Ada beberapa penyebab LCD laptop menjadi error, diantaranya adalah pemakaian diluar batas, adanya distorsi listrik pada jaringan rumah anda, tidak menggunakan batterai laptop atau langsung menggunakan dari daya dari sumber listrik, usia laptop yang memang sudah saatnya diganti, terkena air hujan atau ketumpahan air minum, tertekan saat didalam tas atau jatuh dan lainnya.

Terdapat beberapa error yang sering muncul pada LCD laptop anda sebagai berikut :

  • LCD laptop menjadi bergaris 
  • LCD laptop mengalami pecah 
  • LCD laptop ada bergaris warna warni 
  • LCD laptop mengalami mati total 
  • LCD laptop rusak gara gara terkena air 
  • LCD laptop menjadi buram 
  • LCD laptop terdapat garis hijau atau putih 
Apapun jenis kerusakan pada LCD solusi yang tepat adalah menggantinya, namun ada beberapa kerusakan yang secara tidak langsung masih bisa anda perbaiki. 

Ini pengalaman saya pribadi saat jenis Laptop Sony saya muncul garis putih full layar penuh namun masih bisa digunakan dan hanya mengalami gangguan tidak enak dipandang saja.

Adapun jenis kerusakan yang masih bisa diperbaiki adalah : 

  1. Timbulnya garis putih horisontal maupun vertikal 
  2. Terdapat bintik kecil putih pada layar yang tidak sedap dipandang mata 
  3. Cara memperbaiki laptop yang bergaris dan terdapat bintik 
Untuk kasus LCD Bergaris no 1 itu disebabkan karena ada yang kendor didalam layar LCD Laptop anda, cobalah disaat hidup anda tekan body laptop dibelakang layar anda sedikit saja (bukan layarnya yang ditekan), apakah terjadi perubahan yang artinya garis putih tiba tiba hilang, begitu tidak ditekan kemudian muncul lagi. 

Jika benar seperti itu disebabkan body layar laptop anda kendor, solusinya anda buka dan cek kabel flexibel apa ada yang lecet atau mengalami kendor saja. Kencangan semua yang kendor, ingat saat menutupnya kembali harus benar benar rapat, dengan cara seperti itu laptop saya pun menjadi normal kembali tanpa ada biaya apapun 

Untuk kasus no 2 jika terdapat bintik cobalah anda tandai dulu dimana titiknya, kemudian matikan dan copot baterai laptop anda. Ambil kapas dan gosokan secara horisontal pada titik yang anda tandai tadi kurang lebih 3 menit dan secara vertikal 3 menit, dan jangan terlalu ditekan. 

Dengan cara ini sedikit ampuh karena sel sel didalamnya menyatu kembali, bisa juga di praktekan di handphone anda yang mengalami kerusakan seperti ini.

Demikian ulasan tentang bagaimana cara memperbaiki LCD yang rusak khusus nya LCD yang masih bisa diperbaiki sendiri seperti bergaris putih dan tanda bitik, diluar itu saya sarankan ganti saja, bisa saja di service namun pada saatnya akan muncul kembali. Terima kasih

Posting Komentar untuk "Bagaimana Cara Memperbaiki LCD Laptop Terbaru"