logo blog

18 November 2017

Perbedaan DVR dan NVR (Camera CCTV)

Apa itu DVR dan NVR ? Pengertian DVR (Digital Video Recorder) adalah merupakan suatu perangkat elektronik yang dihubungkan dengan camera cctv dan memiliki fungsi untuk melakukan perekaman video yang ditangkap oleh camera cctv. Video yang direkam oleh DVR bisa dilihat kapan saja menurut waktu dan bisa di simpan ke media penyimpanan seperti flashdisk maupun kepingan DVD. Format video yang dihasilkan bermacam-macam seperti 3gp atau mp4 tergantung jenis kamera dan DVR nya.
Perbedaan DVR dan NVR Camera CCTV
NVR (image by samsung)

Jangka waktu perekaman tergantung dengan pengaturan resolusi video, semakin tinggi resolusi maka jangka waktu perekaman semakin pendek. Untuk mengatasi agar jangka waktu perekaman lebih panjang maka diperlukan perangkat hadware yaitu hard disk yang berfungsi untuk menyimpan hasil rekaman didalam DVR. Semakin besar ukuran kapasitas hardisk maka semakin panjang jangka waktu perekaman. Contohnya saja jika menggunakan kapasitas hard disk 1 tera byte (TB) dengan 4 kamera dan pengaturan resolusi HD, maka jangka waktu perekaman yang didapat mencapai 2 minggu. Setelah perekaman mencapai 2 minggu, maka secara otomatis DVR akan melakukan reset/menghapus data rekaman tersebut. 

Fitur DVR

Berikut adalah beberapa fitur dan fungsi DVR selain alat untuk merekam antara lain :

  • DVR sebagai alat perekam jenis VIDEO yang terhubung dengan camera cctv.
  • Digital Video Recorder (DVR) bisa diakses secara online jika dihubungkan dengan jaringan internet maupun secara local area network (LAN).
  • Menampilkan gambar video hasil tangkapan secara realtime yang dihubungkan dengan Monitor/Televisi.
  • Keamanan untuk mengakses agar tidak semua orang bisa melihat atau mengatur hasil rekaman dengan menggunakan password.
  • Mencari hasil rekaman video menurut menit, jam, hari ketika ada kejadian (dengan syarat pada saat kejadian belum melewati jangka waktu) misalnya jika anda ingin melihat kejadian pada minggu lalu namun anda melihat rekaman videonya sebulan kemudian maka file rekaman video tersebut tidak akan bisa dilihat karena jangka waktu perekaman hanya 1 minggu dimana DVR secara otomatis akan menghapus untuk mengganti dengan rekaman terbaru.
  • Terdapat fitur remote control.
  • DVR bisa mentransfer hasil/mem-backup rekaman dengan menggunakan USB Port atau keping DVD tergantung jenis DVR nya.     
  • Bisa mengkompresi kualitas Video menjadi HD Resolution.    


Jenis - Jenis DVR


Tipe DVR sendiri bermacam-macam tergantung kebutuhan dan luas area, berikut jenis-jenis DVR dan fungsinya :

  • DVR 4 Channel adalah DVR yang hanya memiliki 4 saluran video/cctv. DVR tipe seperti ini lebih banyak digunakan untuk rumah dan toko yang memiliki ukuran skala kecil. DVR jaman NOW yang hanya 4 channel sudah memiliki fitur yang cukup lengkap tidak jauh berbeda dengan yang diatasnya dan mempunyai harga yang terjangkau.
  • DVR 8 Channel merupakan jenis DVR yang memiliki 8 saluran video/camera cctv. Fitur yang dimiliki tidak berbeda jauh dengan DVR dibawahnya seperti remote control, USB Port, teknologi Format H.264 yang berfungsi untuk kompresi video tinggi agar bisa menghemat media penyimpanan rekaman camera cctv. DVR 8 Channel juga digunakan untuk area kecil namun menggunakan banyak kamera dan area skala besar seperti RUKO.
  • DVR 16 Channel memiliki saluran lebih banyak yaitu 16 saluran video. Fitur tidak jauh berbeda.
  • DVR 24 Channel memiliki 24 saluran dimana cocok digunakan di area pabrik, mall dan maupun instansi pemerintahan. Biasanya DVR 16 dan 24 channel terdapat fitur dimana anda bisa menggunakan 2 jenis camera cctv yaitu IP camera dan Camera Analog. Pembagiannya 16 IP Camera dan 8 camera analog dan sebaliknya.


Perbedaan DVR dan NVR 

Pada dasarnya kedua jenis DVR itu memiliki fungsi yang sama seperti saya jelaskan diatas. Namun perbedaan dengan NVR (Network Video Recorder) adalah untuk bagi anda yang ingin melihat rekaman secara realtime melalui smartphone atau menggunakan LAN yang terpusat pada satu NVR. Alat perekaman NVR berbasis protokol internet.

Baca juga : 



Pada umumnya bagi yang menggunakan NVR sudah pasti menggunakan jenis cctv IP Camera dan memakai kabel jenis Belden (LAN) dan konektor RJ 45 dimana biaya untuk kabel lebih murah dibandingkan dengan menggunakan kabel coaxial. Pada setiap perangkat NVR memiliki web interface (antar muka) yang memiliki fungsi untuk memudahkan pengguna melakukan pengaturan seperti membuat user login tersendiri dan hal lainya sama seperti DVR. NVR memiliki harga relatif mahal dan jarang digunakan oleh rumahan. 

Terima Kasih anda telah berkunjung dan berkomentar. Kritik dan Saran yang membangun untuk Blog Ralabuma senantiasa akan memberikan kembali kontribusi kepada blog anda. JIKA TERDAPAT LINK AKTIF AKAN TERHAPUS SECARA OTOMATIS
EmoticonEmoticon