Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Hadware HP Android Mudah Rusak

Penyebab Hadware HP Android Mudah Rusak
getty image by pixabay.com
Pengertian Hadware adalah sejenis perangkat keras yang memiliki fungsi tertentu dan secara fisik dapat dilihat langsung. Contoh hadware dalam produk ponsel adalah seperti komponen memori, IC, kamera dan lainnya. Sedangkan sistem dan aplikasi didalamnya disebut sofware yang sudah kompatibel dengan perangkat keras (hadware) itu sendiri. Berbicara masalah ponsel berbasis android tentunya terdapat hadware yang sering mengalami kerusakan seperti IC antena, Baterai, LCD, Touchscreen dan masih banyak lagi.

Penyebab hadware pada ponsel android mengalami kerusakan bisa terjadi menjadi dua penyebab yaitu kegagalan ketika di produksi atau kecerobohan penggunanya. Yang namanya hadware tidak selalu dalam keadaan kondisi baik ketika digunakan, bisa saja ada kesalahan dalam quality control maupun dalam pengiriman. Betapa pun ketatnya proses quality terhadap ponsel android yang akan dipasarkan namun yang namanya teknologi pasti ada cacatnya juga. Bisa saja ketika di lakukan pengecekan bagus dan dalam kondisi baik, namun ketika digunakan pengguna terjadi error yang disebabkan kegagalan hadware maupun sofware.

Maka untuk menghindari hal tersebut setiap ponsel android akan diberikan garansi dengan tenggang waktu tertentu sebagai bentuk kepercayaan kepada konsumen yang menggunakan produknya.



Penyebab Hadware HP Android Rusak

Kali ini admin akan mencoba menjelaskan secara singkat penyebab mengapa perangkat keras (hadware) hp android sangat mudah mengalami kerusakan :


1. Integrated Circuit (IC) Power

Hadware yang satu ini merupakan salah satu komponen inti yang terdapat dalam ponsel dan ada hubungannya dengan sumber daya baterai. Penyebab hadware IC power android rusak hal yang paling umum adalah tidak stabilnya tegangan listrik baik dari Sumber Listriknya (PLN) atau dari chargernya. Agar IC Power tidak cepat mengalami kerusakan sebaiknya anda menggunakan charger original dan hindari tegangan listrik yang tidak normal. Selengkapnya cari Penyebab Baterai Android Cepat Boros.


2. IC Plus

IC Plus terintegrasi dengan sebuah sistem didalamnya. Penyebab hadware android ini rusak biasanya pada ponsel kelas menengah kebawah dimana dukungan memori maupun performanya masih rendah. Jika anda sering bermain game, banyak membuka aplikasi tanpa menutupnya akan membuat kinerja sistem yang terdapat dalam IC Plus mengalami gangguan bahkan sampai rusak. Jika hal ini terjadi kadang hp sering mengalami hang atau force close. Anda bisa membaca Penyebab dan Cara Mengatasi Force Close (sayangnya aplikasi telah berhenti).

3. Kabel Fleksibel

Pada umumnya didalam mesin ponsel android terdapat kabel jenis fleksibel yang menghubungkan antar komponen. Penyebab kabel fleksibel menjadi terputus karena jenis handphone lipat dan ketika terjatuh. Biasanya ketika terjatuh kabel fleksibel yang sering mengalami kerusakan adalah yang terhubung dengan touchscreen. Adakalanya juga ketika anda membongkar sendiri dan tidak mengetahui bahwa pada celah tersebut terdapat kabel sobek sehingga menjadi robek. Karena kabel jenis ini mudah sobek dan mudah aus ketika sering masuk dan keluar.


4. Layar LCD

Layar LCD memiliki fungsi untuk menampilkan gambar secara digital. Penyebab LCD android rusak sudah umum yaitu karena terjatuh. Namun bagi ponsel android kelas High End seperti Iphone dan Samsung, jatuh dalam ketinggian 5 meter saja tidak akan mengalami kerusakan ditambah dengan pelindung kaca anti goresnya.


5. IC Audio dan Speaker

Kegunaan speaker dalam sebuah ponsel android untuk mendengarkan musik dan mendengarkan suara ketika anda teleponan. Hadware android ini seringkali mengalami kerusakan yang disebabkan kemasukan air maupun terjatuh.


6. Lampu

Lampu flashlight sering sekali tidak menyala. Padahal keberadaan lampu ini memiliki fungsi untuk memaksimalkan hasil jepretan kamera dimalam hari khususnya. Terkadang sangat berguna untuk dijadikan senter ketika mati lampu atau dalam keadaan gelap. Penyebab utama hadware ini rusak karena ponsel android sering terjatuh atau menggunakan sarung plastik dan jarang dibuka, ketika ponsel mati dan anda sedang di suasana pegunungan biasanya akan menjadi lembab ketika sarung lupa dibuka. 

7. Kamera

Pada umumnya dalam ponsel android terdapat 2 jenis kamera yaitu kamera belakang dan kamera depan. Kamera belakang memiliki resolusi lebih besar dibandingkan kamera depan. Penyebab hadware android yang memiliki fungsi untuk mengambil gambar dan video ini ini tiada lain karena hp sering terjatuh dan terkena air. 


8. IC Power Amplifier

Hadware android yang satu ini memiliki fungsi untuk mencari keberadaan sinyal. Penyebab sinyal lemah dan sering hilang ada dua faktor yaitu dari hadwarenya sendiri yang rusak karena terjatuh atau kena air dan dari faktor sofwarenya yang membutuhkan update atau terkena virus. Baca artikel Penyebab dan Cara Mengatasi Sinyal Android Hilang.


9. Keypad / Papan Keyboard

Keypad atau papan keyboard yang sering mengalami error biasanya disebabkan oleh layar touchscreen yang mengalami kerusakan dan hal lainnya sering masuk debu bagi ponsel android yang masih menggunakan papan keyboard.


10. Layar Toucscreen

Layar touchscreen berbeda dengan layar LCD. Layar Touchscreen yang mengalami kerusakan akan menyebabkan aplikasi sering berjalan sendiri. Penyebabnya adalah karena terjatuh dan kabel fleksible copot pada penjepitnya. Atau bisa karena tekanan misalnya anda menggunakan celana levis yang ketat dan menyimpan ponsel didalamnya terdapat uang coin, tentu saja ketika anda duduk atau berjalan akan terjadi tekanan antara keduanya. Jauhkan hp android dari magnet karena dapat berpengaruh pada layar LCD dan Touchscreen.


11. Lobang Charger

Ini yang sering terjadi jika lobang charger mulai aus akan mengalami kesusahan ketika anda melakukan charging. Terkadang kabel dililitkan pada hp agar colokan kepala charger tidak bergerak dan bisa mengecas. sebaiknya anda ganti supaya lebih aman dan tidak terjadi korsleting. 


Demikian beberapa masalah penyebab hadware android sering mengalami kerusakan. Jika anda mengetahui masalah lainnya silahkan dikolom komentar dengan senang hati admin akan merevisi artikel ini.

Posting Komentar untuk "Penyebab Hadware HP Android Mudah Rusak"