logo blog

4 November 2017

Pengertian, Cara Kerja dan Kelebihan Cloud Hosting

Pengertian Cloud Hosting adalah suatu bentuk hosting terbaru yang dalam perkembangan semakin banyak diminati oleh para web designer. Cloud Hosting (Hosting Awan) mempunyai konsep utama yang disebut "Divide and Rule" yang dalam pengertiannya adalah suatu bentuk sumber daya yang mempunyai fungsi untuk menjaga situs/website tetap online karena menggunakan lebih dari satu web server yang mengalokasikan sesuai dengan kebutuhan. Contohnya saja Google yang jarang sekali mengalami downtime karena mereka menggunakan cloud hosting dimana setiap situs web tidak hanya mengandalkan satu server tertentu saja tetapi menggunakan juga sekelompok server yang bekerjasama yang biasa kita sebut Cloud/Awan.

Pengertian, Cara Kerja dan Kelebihan Cloud Hosting
Cloud Hosting

Jika dilihat dari sisi lain jika anda menggunakan cloud hosting anda dapat mengelola ketika pada saat beban puncak secara mudah tanpa takut kehilangan bandwidth (kecepatan) karena server lainnya dapat menyediakan sumber daya tambahan. Maka dengan hal tersebut cloud hosting dapat mencegah terjadinya downtime saat terjadi kerusakan pada server.

Cara Kerja Cloud Hosting

Cara kerja cloud hosting sendiri telah disimpulkan secara seksama diatas. Jaringan pada Cloud Hosting akan bekerja sesuai tugas yang telah ditentukan. Misalnya ketika situs web mengalami beban puncak atau terdapat kerusakan maka web server lain akan menggantikan server yang mengalami downtime atau kerusakan.

Agar cloud hosting bekerja dengan maksimal maka diperlukan perangkat hadware sekelas server dengan kualitas dan performa yang paling tinggi dikelasnya. Menggunakan spesifikasi server yang mempunyai performa bagus akan mendapatkan hasil yang signifikan, berbeda halnya jika anda menggunakan spesifikasi hadware yang rendah maka anda akan kehilangan kelebihan yang dimiliki cloud hosting dan tidak bisa anda nikmati sebagaimana mestinya.

Kelebihan Cloud Hosting

Kelebihan lainnya jika menggunakan cloud hosting selain mampu menyediakan sumber daya cadangan ketika situs web kelebihan beban juga sangat handal dari segi performa. Jika dibandingkan dengan Dedicated Server, cloud hosting memiliki waktu "uptime" lebih baik dibandingkan dengan Dedicated Server yang hanya menggunakan satu server saja. 

Baca Juga :


Banyak para penyedia layanan cloud hosting yang menawarkan dan mampu memberikan layanan terbaik bagi mereka yang menggunakan cloud hosting miliknya. Namun jika anda telah menggunakan cloud hosting tentu saja biaya yang harus dikeluarkan pun sebanding dengan kemampuannya. Namun bagi anda yang bergerak dalam bidang e-commerce tentu saja walaupun menggunakan cloud hosting dengan biaya yang sangat tinggi namun sebanding dengan hasil yang didapatkan.  

Terima Kasih anda telah berkunjung dan berkomentar. Kritik dan Saran yang membangun untuk Blog Ralabuma senantiasa akan memberikan kembali kontribusi kepada blog anda. JIKA TERDAPAT LINK AKTIF AKAN TERHAPUS SECARA OTOMATIS
EmoticonEmoticon