logo blog

14 November 2017

Mengapa Webcam Laptop Harus di Tutup ? Ini Alasannya

Mengapa Webcam yang terdapat dalam Laptop harus anda tutup ? Semakin canggih teknologi maka semakin canggih pula kejahatan dalam dunia teknologi internet khususnya. Para pengintai seperti craker maupun hacker jahat akan selalu mencari celah untuk menembus suatu sistem. Secanggih apapun sistem yang dibuat tentu saja terdapat celah masuk namun diperlukan seorang pembobol yang mengerti dibidangnya. 

Mengapa Webcam Laptop Harus di Tutup


Selain mengincar data pribadi juga mulai mengincar privasi seseorang sebagai alat untuk melakukan pemerasan. Contohnya saja dalam beberapa kasus baik di sosial media seperti Facebook, Twitter dan Media Sosial lainnya banyak yang merasa dirugikan dengan dibobolnya akun mereka dan membuat status yang seakan-akan kita membuatnya. Tentu saja hal tersebut sangat merugikan diri kita secara psikologis.

Alasan Mengapa Webcam Laptop Harus di Tutup ?


Ada yang lebih berbahaya adalah ketika privasi anda di intai melalui webcam seperti yang terdapat dalam komputer laptop. Walaupun anda tidak menggunakannya namun perlu anda ketahui ketika laptop terhubung dengan yang namanya Internet maka kemungkinan webcam anda di hack itu pasti ada tanpa anda ketahui.

Dalam beberapa kasus di luar negeri banyak pemerasan yang dilakukan dengan cara mengintai kegiatan anda ketika menggunakan laptop yang terhubung dengan internet. Jika anda sedang menggunakan laptop mungkin tidak akan berarti apa-apa untuk mereka. Namun ketika anda sedang berganti baju misalnya ataupun melakukan hal yang bisa dijadikan alasan pemerasan atau hanya untuk mempermalukan anda, maka berhati-hatilah. Berikut adalah alasan mengapa anda harus menutup webcam laptop walaupun tidak sedang digunakan :


  1. Terdapat suatu website seperti Deep Web yang memperdagangkan video hasil rekaman dari sebuah kamera laptop, tentunya dengan cara hack untuk mendapatkannya.  
  2. Alasan lainnya adalah untuk menghindari pemerasan dimana banyak terjadi dengan membeli video hasil pengintaian dan mengetahui data pribadi anda maka yang terjadi adalah adanya pemerasan.
  3. Hati-hati jika laptop sering digunakan orang lain, siapa tahu orang yang sering menggunakan laptop ada maksud tersembunyi. Jika laptop anda sudah di instal file RAT (remote administration tool) dengan mudah seseorang akan masuk dan mengendalikan laptop kamu.
Baca juga :
Sekarang sudah Jaman NOW apapun bisa dilakukan dengan teknologi yang semakin canggih, secanggih-cangginya sistem keamanan suatu aplikasi atau program pasti terdapat celah untuk bisa memasukinya. Jika sudah begitu kendali laptop bukan ditangan anda sendiri melainkan orang lain pun bisa menggunakan secara jarak jauh.

Terima Kasih anda telah berkunjung dan berkomentar. Kritik dan Saran yang membangun untuk Blog Ralabuma senantiasa akan memberikan kembali kontribusi kepada blog anda. JIKA TERDAPAT LINK AKTIF AKAN TERHAPUS SECARA OTOMATIS
EmoticonEmoticon