logo blog

23 November 2017

Litecoin Mata Uang Digital Selain Bitcoin

Mana yang lebih menghasilkan bitcoin atau litecoin ? Perbedaan yang mendasar antara litecoin dan bitcoin adalah mata uang kripto litecoin sebenarnya diciptakan untuk menyaingi bitcoin. Itu terbukti setelah peluncurannya Litecoin menjadi mata uang digital dibawah Bitcoin yang mempunyai nilai ekonomis. 

Litecoin Mata Uang Digital Selain Bitcoin
image by cryptoninjas.net


Seperti halnya bitcoin, litecoin dan mata uang cryptocurrency lainnya bisa dikirim secara global ke seluruh dunia dan sangat cepat dengan biaya yang sangat rendah dan sebagai mata uang di dunia maya yang dalam kategori desentralisasi dimana tidak ada yang berhak mengaturnya selain anda sendiri.

Sejarah Litecoin

Dalam sejarahnya mata uang litecoin diciptakan oleh Charlie Lee dimana ia sebagai mantan karyawan yang bekerja di perusahaan raksasa mesin pencari Google. Kemudian ia menciptakan litecoin setelah memasuki dunia kryptografi. Litecoin diluncurkan melalui open source GitHub pada tanggal 7 Oktober 21011. Algoritma Hashing Litecoin dan Bitcoin tidak memiliki kesamaan yaitu jenis Scrypt sedangkan bitcoin SHA-256.

Keberadaan Litecoin sendiri atau biasa disingkat LTC mempunyai nilai yang dipercaya bisa seperti Bitcoin dimana saat diluncurkan mempunyai nilai dibawah $1 dan sampai artikel ini dibuat Bitcoin mempunyai nilai 110 juta/btc. Hanya waktu 2 tahun Litecoin yaitu sekitar tahun 2013 di bulan November harga litecoin perkoinnya mencapai $43 atau jika dirupiah dengan per dollar nya 13.500 sama dengan Rp. 580.000. Pada November 2017 ini Grafik Harga Litecoin sudah mencapai Rp. 964.000/ltc.

Harga Litecoin diprediksi melonjak terus seperti bitcoin. Litcoin hanya diciptakan 84 juta LTC saja sedangkan Bitcoin 21 juta BTC dimana BTC hanya tersisa 5 juta saja yang masih bisa dilakukan penambangan. Tentu saja kedua mata uang ini akan memiliki kelangkaan dan menyebabkan harga menjadi tinggi.

Cara Mendapatkan Litecoin

Tidak berbeda jauh dengan Bitcoin dan mata uang digital lainnya, untuk mendapatkan Litecoin bisa dilakukan dengan penambangan dengan GPU atau dengan cara membelinya di coinbase. Litecoin juga bisa dirubah/konversi menjadi Bitcoin.

Tempat Penyimpanan Litecoin pun sangat mudah, dimana ada walet bitcoin pasti terdapat pula walet litecoin begitu juga dengan kripto-kripto lainnya. Tempat lainnya agar lebih aman bisa menggunakan perangkat keras seperti Ledger Nano S ataupun Trezor.

Baca Juga :

Itulah gambaran singkat tentang mata uang litecoin dimana jika dilihat dari fungsinya sama seperti Bitcoin dan altcoin lainnya.

Terima Kasih anda telah berkunjung dan berkomentar. Kritik dan Saran yang membangun untuk Blog Ralabuma senantiasa akan memberikan kembali kontribusi kepada blog anda. JIKA TERDAPAT LINK AKTIF AKAN TERHAPUS SECARA OTOMATIS
EmoticonEmoticon