logo blog

20 November 2017

10 Penyebab dan Cara Memperbaiki Android Force Close (sayangnya aplikasi telah berhenti)

Apa yang terjadi jika android yang sedang anda gunakan mengalami force close ? penyebab force close (sayangnya aplikasi telah berhenti) salah satunya adalah terdapat kesalahan dalam sistem operasi android. Kesalahan sistem operasi bisa disebabkan banyak faktor seperti menggunakan sistem yang telah dilakukan root. Pengertian Rooting sendiri adalah antara lain anda memegang penuh atas kendali ponsel android. Ponsel yang telah di root bisa memiliki akses yang tak terbatas. Seperti yang sudah saya jelaskan dari beberapa artikel sebelumnya seperti bahaya ponsel yang di root, maka segala sesuatu yang terjadi pada ponsel yang masih pada masa garansi kemudian dilakukan rooting akan kehilangan masa garansinya.
Penyebab dan Cara Memperbaiki Android Force Close (sayangnya aplikasi telah berhenti)
Android Force Close

Penyebab Terjadinya Force Close

Berbicara masalah force close yang sering banyak terjadi salah satunya adalah telah dilakukannya rooting pada ponsel.  Adapun penyebab lain sayangnya aplikasi telah berhenti adalah sebagai berikut :
  1. Smartphone cloningan alias aspal.
  2. OS Android asli telah diganti dengan cara rooting.
  3. Koneksi jaringan terputus (saat bermain game online).
  4. Aplikasi tidak kompatibel dengan OS Android atau masih versi beta.
  5. OS Android perlu di masih versi lama
  6. Kapasitas Memori RAM Penuh
  7. Memori tidak mencukupi
  8. Terjadi Overheat (panas berlebih)
  9. Sistem atau Aplikasi terinfeksi virus.
  10. File sistem dan aplikasi ada yang rusak (error).

Cara Memperbaiki Force Close


Untuk memperbaiki force close atau sayangnya aplikasi telah berhenti (Unfortunately, App Has Stopped) ada baiknya anda coba satu permasalahan penyebab force close. Berikut penjelasan lengkapnya :
  • Banyaknya ponsel cloningan yang beredar maka permasalah yang sering terjadi tentunya force close atau menutup tiba-tiba. Hal ini disebabkan OS sistem yang terdapat dalam ponsel cloningan tidak bisa di update/diperbarui.
  • Jangan pernah melakukan root pada ponsel android kecuali anda ahli dibidangnya yang dapat mengatasi permasalahan ketika force close terjadi. Banyaknya aplikasi pihak ketiga yang dapat di instal pada android yang di root dapat menyebabkan ponsel android menutup dengan tiba-tiba.
  • Tidak selamanya jaringan internet yang anda gunakan dalam keadaan stabil, terdapat jam-jam tertentu dimana provider akan mengalami over bandwith yang berpengaruh pada kecepatan. Tentunya jika anda sedang bermain game online di android ketika koneksi internet terputus yang timbul adalah masalah force close. Cobalah menggunakan jaringan WIFI yang lebih stabil dengan masalah jaringan.
  • Hindari menggunakan aplikasi yang masih tahap beta (belum selesai hanya ujicoba dan sedang dikembangkan).
  • UPDATE Sistem Operasi secara berkala, jika terdapat pemberitahuan update OS terbaru sebaiknya anda lakukan UPDATE. Hal tersebut berguna untuk menutupi bugs atau pembaruan sistem yang lebih baik.
  • Kapasitas memori RAM penuh dan Memori tidak mencukupi berbeda pengertiannya. Contoh memori yang tidak mencukupi adalah jika aplikasi game yang anda instal membutuhkan memori 1 gb dan memori RAM ponsel hanya 512 maka jika dipaksakan tidak akan berjalan dan pasti terjadi hang, force close dan kadang restart sendiri.
  • Kapasita memoris penuh karena banyak cache yang bertumpuk untuk memberi ruang memori RAM lebih luas anda bisa membaca artikel sebelumnya yang berjudul 4 cara mengatasi android lemot.
  • Ingat kalo main game atau chatting harus tahu waktu kapan anda berhenti. Lama-lama menggunakan hp android akan menjadi panas dan bisa terbakar bakan meledak jika terjadi overheating. 
  • Jika ponsel android anda di root sangat mungkin banyak aplikasi yang akan terinfeksi oleh virus karena tidak ada celah keamanan lagi pada hp android yang di root.
  • File yang rusak akan selalu menjadi penyebab force close. Sebaiknya anda lakukan factory reset (kembali ke pengaturan data pabrik) anda bisa menuju artikel Cara Reset Android Seperti Baru.  

Kesimpulannya adalah untuk memperbaiki ponsel android yang force close anda bisa mencari penyebabnya terlebih dahulu seperti yang admin uraikan diatas. Selamat Mencoba


Terima Kasih anda telah berkunjung dan berkomentar. Kritik dan Saran yang membangun untuk Blog Ralabuma senantiasa akan memberikan kembali kontribusi kepada blog anda. JIKA TERDAPAT LINK AKTIF AKAN TERHAPUS SECARA OTOMATIS
EmoticonEmoticon