logo blog

9 Oktober 2017

Jaringan Komputer | Pengertian dan Fungsi IPv4

Pengertian IPv4 dalam sebuah jaringan komputer adalah suatu jenis Internet Protocol versi 4 dimana terdapat deretan angka binner yang terdiri dari 32 bit angka biner dan mampu menampung lebih dari 4 juta host diseluruh dunia. Selain itu pula IPv4 dikategorikan dalam notasi desimal bertitik yang dapat dibagi menjadi 4 buah oktet dan masing-masing oktet memiliki ukuran 8 bit.

Pengertian dan Fungsi IPv4 dalam jaringan komputer

Jika dalam setiap oktet mempunyai ukuran 8 bit, maka akan mempunyai nilai antara 0 sampai dengan 255. Pengaturan standar dalam memberi alamat IPv4 bisa di contohkan sebagai berikut :

  • 192.168.100.1 (jika dikonversi kedalam binner maka menjadi 11000000.10010100.00101111.00000001)
Baca juga :



Pengertian IP Pada Jaringan Komputer

Apa itu IP Adress ? Pengertian lain dari IP adalah Internet Protocol adalah suatu standarisasi pengaturan dalam suatu jaringan komputer dengan pengertian bisa juga disebut sebuah alamat komputer yang terkoneksi dengan jaringan. Dengan adanya alamat IP tersebut maka akan memudahkan komputer dalam suatu jaringan saling terhubung dan dapat berkomunikasi maupun bertukar data. 

Jenis IP Adress

Jenis IP adress sendiri saat ini terdapat 2 versi yaitu IPv4 dan IPv6 dimana keduanya memiliki perbedaan. Dan secara umum saat ini lebih banyak digunakan versi IPv4 untuk suatu pengalamatan sebuah komputer atau pun server.

Fungsi IP Adress

  1. Untuk meng-identifikasi suatu host dalam sebuah jaringan komputer.
  2. Untuk membuat alamat lokasi sebuah jaringan.
Baca juga : 
Itulah penjelasan tentang IPv4 sebagai bahan pembelajaran bagi adik-adik yang sedang dalam tahap teknik komputer dan jaringan di sekolah. Selamat Belajar

Terima Kasih anda telah berkunjung dan berkomentar. Kritik dan Saran yang membangun untuk Blog Ralabuma senantiasa akan memberikan kembali kontribusi kepada blog anda. JIKA TERDAPAT LINK AKTIF AKAN TERHAPUS SECARA OTOMATIS
EmoticonEmoticon