logo blog

27 September 2017

Pengertian Home, Work dan Public Network Lengkap

Ketika komputer mendeteksi adanya jaringan lokal maupun saat terhubung dengan internet, maka sistem windows secara otomatis akan memberikan kita pilihan konfigurasi mana yang akan kita pilih apakah Home Network, Work Network dan Public Network. Pengertian home network dan 2 network lainnya adalah untuk menentukan lokasi suatu jaringan. Agar lebih jelas maka akan admin akan jelaskan secara terperinci dan mudah-mudahan dapat anda mengerti. 

Pengertian Home, Work dan Public Network Lengkap


Pada setiap konfigurasi jaringan home, work atapun public terdapat sistem keamanan yang berbeda pula. Sistem akan memproteksi komputer tergantung anda memilih metode yang mana, dengan kata lain mengapa kita harus menentukan pilihan adalah untuk meminimalisir keamanan komputer dari serangan yang tidak dinginkan seperti virus dan hal lainnya.

Pengertian Home Network

Pengertian Home Network sendiri adalah suatu konfigurasi jaringan yang lokasinya di area rumah yang mempunyai koneksi internet. Jika anda memilih Home Network maka fasilitas yang akan didapatkan adalah :

  • Bisa membuat Home Group
  • Mengakses Home Group
  • Firewall bisa anda gunakan opsi Private
  • Profil pada Setting Network adalah Home atau Private

Pengertian Work Network

Pengertian Work Network sendiri adalah suatu lokasi jaringan jika anda berada di area perkantoran. Dengan memilih work network maka anda akan dapat mengakses file (sharing data) pada komputer lainnya. Dapat melakukan perintah pencetakan (printer) yang digunakan bersama-sama. Windows firewall akan membuka akses bagi anda yang ingin terhubung dengan komputer rekan kerja supaya dapat berbagi file dengan mudah. Namun ada baiknya untuk celah keamanan gunakan proteksi password agar teman lain tidak dapat mengakses komputer anda kecuali memang sedang dibutuhkan. Jika anda memilih Work Network maka konfigurasi yang diberikan oleh sistem adalah :
  • Tidak dapat membuat Home Group
  • Setting Firewall yang dipilih Private
  • Untuk konfigurasi Setting Profil Network adalah Home atau Private.

Pengertian Public Network

Pengertian Public Network sendiri digunakan jika anda sedang berada pada wilayah public seperti di mall atau pun makanan siap saji yang memberikan akses jaringan internet secara gratis. Agar proteksi komputer di area public lebih baik maka diperlukan keamanan yang sifatnya public dimana orang lain tidak dapat mengakses komputer anda. Jika anda memilih public network maka anda dapat setting sebagai berikut :
  • Tidak bisa membuat Home Group (tidak diijinkan)
  • Setting Firewall yang dipilih Public.
  • Setting Profil Network adalah Public.
Artikel Terkait :
Dari beberapa pengertian diatas maka dapat disimpulkan bahwa terdapat beberapa konfigurasi yang berbeda pada setiap akses network yang anda pilih. Maka demi keamanan komputer pilihlah jaringan yang sesuai lokasi dimana anda sedang mengakses komputer/laptop. Jangan sepelekan hal ini, jika anda salah memilih maka keamanan komputer anda tidak terjamin. Selamat Belajar.

Terima Kasih anda telah berkunjung dan berkomentar. Kritik dan Saran yang membangun untuk Blog Ralabuma senantiasa akan memberikan kembali kontribusi kepada blog anda. JIKA TERDAPAT LINK AKTIF AKAN TERHAPUS SECARA OTOMATIS
EmoticonEmoticon