logo blog

27 September 2017

Cara Mendapatkan dan Membuat Iklan Matched Content Bonus Dari Google Adsense

Cara Mendapatkan dan Membuat Iklan Matched Content Bonus Dari Google Adsense. Banyak para blogger yang mengharapkan pendapatan dari sebuah blog/website yang dibuatnya antara lain dengan bergabung menjadi publisher (penayang iklan) dari Google Adsense. Agar pendapatan meningkat maka dibutuhkan kerja keras untuk mendapatkannya. Semakin banyak PageView (PV) dalam sebuah blog maka kesempatan untuk mendapatkan dollar lebih banyak relatif besar.

Cara Mendapatkan dan Membuat Iklan Matched Content Bonus Dari Google Adsense

Bagaimana cara meningkatkan trafik pengunjung ke dalam blog ?

Banyak cara untuk meningkatkan trafik ke dalam blog diantaranya dengan melakukan promosi berbayar maupun yang gratis. Untuk yang versi gratis anda bisa membaca artikel sebelumnya yang berjudul Tips Menghasilkan Trafik  Dengan Metode Gratis dan artikel lainnya yang berhubungan dengan trafik.

Cara Mendapatkan Iklan Matched Content

Selain dengan beberapa metode gratis diatas, terdapat cara lebih jitu untuk meningkatkan trafik tersebut diantara dengan mendapatkan bonus dari Google adsense seperti fitur Iklan jenis matched content. Apa saja kelebihan iklan matchet content ini :
  1. Meningkatkan Page View (PV). 
  2. Memperkecil nilai Bounce Rate.
  3. Mempermudah pengunjung melihat konten unggulan dan terkait.
Jenis iklan matched conten sendiri bisa menyerupai related post atau sebuah artikel populer yang biasa berada di sisi kanan (sidebar). Konten yang muncul pun terkait dengan artikel yang sedang dibaca oleh pengunjung sehingga pengguna tertarik untuk melihat konten lainnya dan lebih lama berada pada situs kita.

Syarat Untuk Mendapatkan Matched Content

Syarat untuk mendapatkan fitur matched content sendiri tidak mudah. Butuh usaha dan konsistensi agar google adsense bisa memberikan fitur tersebut. Berikut cara untuk mendapatkan fitur iklan matched content :

1. Jumlah Trafik

Google Adsense akan memberikan fitur matched content pada sebuah situs yang memiliki trafik diatas 1.000 PV (page view) perharinya.
"Tidak semua blog mendapatkan fitur matched content mempunyai trafik diatas 1000 PV (akan saya jelaskan di akhir postingan).

2. Jumlah Artikel

Memiliki jumlah artikel yang banyak tentu saja memungkinkan anda akan mendapatkan fitur matched content dengan cepat selain jumlah trafik. Ada yang mengatakan bahwa artikel harus berjumlah 500 artikel ke atas. Namun dari pengalaman admin sendiri ketika blog ralabuma ini mempunyai artikel kurang lebih 200 buah bisa mendapatkan fitur matched content. 

Selain jumlah artikel juga anda harus benar-benar memiliki konsistensi dalam hal menulis/membuat artikel minimal seminggu 1 sampai 2 artikel agar google bot mengetahui bahwa blog anda termasuk blog yang aktif.

3. Tidak Sering Melanggar Kebijakan

Jika anda menjadi publisher google adsense maka akan dihadapkan dengan segala aturan yang berlaku atau bahasa kerennya Terms of Service (TOS). Blog yang melanggar kebijakan tentu saja tidak akan sangat disukai oleh google, jika hal itu terjadi maka blog anda akan mendapat teguran dan lebih parahnya di banned. 

Untuk memahami kebijakan google adsense lebih detail anda bisa membaca aturan secara lengkap di halaman google adsense.  

4. Optimasi Template

Kecepatan template sendiri sangat diperlukan agar loading blog tidak menjadi berat, jika blog yang memiliki loading lama maka ketika di pasang fitur matched content akan terasa lebih berat. Seperti blog ralabuma ini baru memasang iklan matched content ketika sudah melakukan optimasi dan sedikit editing agar template menjadi lebih ringan ketika dibuka pada perangkat apapun. Baca bagaimana cara optimasi blog.

uji kecepatan blog


Cara Membuat Fitur Matched Content

Untuk membuat fitur matched content maka sebelumnya anda harus memastikan terlebih dahulu bahwa sudah mendapatkan fitur tersebut. Biasanya pada halaman dashboard google adsense akan diberikan pemberitahuan bahwa blog anda sudah bisa menggunakan fitur matched content. Berikut cara membuat fitur iklan matched content sebagai berikut :
  1. Masuk dashboard adsense
  2. Pilih My Ads dan Klik Unit Iklan Baru
  3. Kemudian pilih Matched Content
  4. Beri Nama Unit Iklan
  5. Tentukan Warna Teks
  6. Terakhir Save and Get Code dan tempatkan di akhir postingan atau dimana pun sesuai yang anda inginkan. 

"Penempatan fitur matched content di akhir postingan tidak jauh beda penempatannya dengan jenis iklan lainnya, jika tidak tampil diperlukan parse html terlebih dahulu" 

sumber trafik organik

" Fitur Matched Content adalah bukan Iklan namun untuk meningkatkan Page View (PV) saja, jadi jika ada yang melakukan klit pada Matched Content anda tidak akan mendapat bayaran"

Kesimpulannya adalah untuk mendapatkan fitur matched content tidak harus memiliki trafik yang banyak serta artikel diatas 500. Menurut admin sendiri banyaknya trafik pengunjung yang bersumber dari organik lebih memungkinkan mendapatkan fitur matched content dibandingkan dengan jumlah trafik maupun artikel (lihat gambar). Maka diperlukan kata kunci organik yang datang ke blog anda dibandingkan non organik yang berasal dari hasil share ke sosial media. 

Terima Kasih anda telah berkunjung dan berkomentar. Kritik dan Saran yang membangun untuk Blog Ralabuma senantiasa akan memberikan kembali kontribusi kepada blog anda. JIKA TERDAPAT LINK AKTIF AKAN TERHAPUS SECARA OTOMATIS
EmoticonEmoticon