logo blog

12 Juli 2017

Solusi Cepat Cara Memperbaiki Hasil Print Yang Bergaris

Mengapa ketika melakukan print hasilnya bergaris ? Terkadang merasa kesal juga yah apalagi jika lagi terburu-buru. Judul di atas terasa nyeleneh memang, tapi ada benarnya juga karena terdapat solusi cepat cara untuk memperbaiki hasil print yang bergaris yaitu dengan mengganti catridge tinta dengan yang baru. Tapi mengingat mahalnya harga satu buah cartrigde membuat kita terkadang sayang untuk mengeluarkan biaya, namun tidak ada salahnya kita ambil solusi lain dengan cara memperbaiki terlebih dahulu siapa tahu masih bisa digunakan.

Solusi Cepat Cara Memperbaiki Hasil Print Yang Bergaris
Ada beberapa penyebab mengapa hasil print menjadi bergaris antara lain karena tinta dalam keadaan kosong atau karena tersumbat


Penyebab Hasil Print Bergaris

Ada beberapa penyebab mengapa hasil print menjadi bergaris antara lain karena tinta dalam keadaan kosong atau karena tersumbat. Dari kedua penyebab diatas yang paling masuk akal adalah kerena terdapat penyumbatan pada head tinta.

Mengapa bisa tersumbat ? Hal tersebut bisa disebabkan karena anda jarang menggunakan printer tersebut yang mengakibatkan tinta menjadi menggumpal/mengendap pada permukaan head bagian dalam. Jika tinta yang anda gunakan adalah original hal tinta yang menggumpal jarang terjadi, berbeda dengan yang isi ulang kebanyakan menjadi menggumpal jika jarang digunakan.

Faktor lainnya adalah dikarenakan anda hanya menggunakan warna tertentu, misalnya hanya warna hitam saja sedangkan tinta yang berwarna jarang dipakai alias sayang jika habis, biasanya digunakan untuk keperluan tertentu saja.

Cara Memperbaiki Hasil Print Bergaris

Setelah mengetahui penyebabnya untuk selanjutnya kita akan mencari solusi alias belajar cara memperbaiki head yang tersumbat tersebut. Cara memperbaikinya cukup mudah namun memerlukan ketelitian dalam melakukannya. Sebelum memperbaiki pastikan masih terdapat tinta dalam catridge. Cara ini biasanya untuk memperbaiki printer jenis Canon dan HP karena jenis ini menggunakan catridge.
  •  Siapkan tisu untuk memastikan bahwa masih ada tinta didalamnya. 
  • Selanjutnya tempelkan tisu tersebut pada head, dalam seketika tinta akan tersedot oleh tisu tersebut. 
  • Kemudian pasang kembali dan lakukan print apakah masih bergaris ?
  • Jika masih bergaris kita lakukan cara lainnya yaitu dengan menggunakan cairan pemutih pakaian seperti Bayclin. 
  • Tempelkan ujung head tempat keluar tinta pada cairan tersebut selama beberapa menit (10 menit).
  • Bersihkan dengan tisu (pastikan kering pada pin yang berbentuk titik kuning kecoklatan) hal ini agar tidak terjadi korsleting karena mungkin ada cairan yang menempel. Lakukan kembali perintah print, jika masih bergaris yuk kita cari solusi lainnya yaitu dengan air hangat dan lakukan hal yang sama seperti ketika menggunakan bayclin.
  • Solusi terakhir adalah dengan menggunakan suntikan. Copot jarum dan anda ambil/potong sedikit selang pembuangan pada printer sekitar 1 sampai 2 cm.
  • Masukan selang pada tempat jarum suntik, kemudian ujung selang tempelkan pada head dan lakukan penyedotan secara perlahan sambil anda geser selangnya dalam keadaan menempel. Solusi ini lebih banyak berhasilnya daripada solusi sebelumnya. 

Baca Juga :

Cara Reset Printer Epson L Series Tanpa Sofware

Terima kasih sudah membaca artikel bagaimana cara mencari solusi untuk memperbaiki hasil print yang bergaris. Jika ini bermanfaat cobalah di share untuk satu kebaikan bagi yang lainnya.

Terima Kasih anda telah berkunjung dan berkomentar. Kritik dan Saran yang membangun untuk Blog Ralabuma senantiasa akan memberikan kembali kontribusi kepada blog anda. JIKA TERDAPAT LINK AKTIF AKAN TERHAPUS SECARA OTOMATIS
EmoticonEmoticon