logo blog

21 Juli 2017

Pertimbangkan Hal Ini Sebelum Memilih MicroSD Untuk HP Android

Ada hal yang perlu dipertimbangkan sebelum anda menentukan, memilih dan membeli tempat penyimpanan data pada HP Android yang biasa disebut MicroSD. Sebutan lainnya dari MicroSD adalah Kartu Memori (Memory Card). Hampir pada seluruh perangkat hp android menggunakan slot sdcard yang berfungsi untuk menambah kapasitas memori menjadi lebih besar. Ada juga hp android yang tidak menggunakan slot sdcard dikarenakan memori internal yang digunakan sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan untuk menyimpan data dan menambah aplikasi.

Pertimbangkan Hal Ini Sebelum Memilih MicroSD Untuk HP Android
Getty image by Pixabay.com

Alasan mereka menambah memori dikarenakan ruang penyimpanan pada memori internal kurang mencukupi. Hal ini disebabkan kemungkinan pengguna tersebut menyimpan banyak file yang mempunyai ukuran besar seperti file jenis video youtube dengan kualitas HD atau menyimpan film sekelas DVD. Tentu saja hal tersebut membutuhkan memori penyimpanan yang cukup besar.

Cara Memilih MicroSD untuk HP Android

Sebelum anda membeli MicroSD tersebut ada baiknya anda mempelajari terlebih dahulu spesifikasi hp android yang anda gunakan. Ada kalanya bagi anda yang belum mengetahui jika hp android anda hanya bisa menggunakan contohnya sampai 8GB saja maka ketika menggunakan memori 16GB yang bisa anda gunakan hanya 8GB saja dan dampaknya akan memberatkan hp android anda. Jika sudah begitu percuma saja bukan anda beli MicroSD 16 GB namun akhirnya tidak dapat digunakan secara maksimal. Berikut ulasan cara menentukan dan memilih MicroSD yang memiliki performa cukup bagus :

Jenis / Tipe MicroSD

Sebelum membeli anda harus menentukan tipe MicroSD tersebut dan jenis MicroSD apa saja yang cocok untuk hp anda. 
  • Tipe memori SD Card adalah Tipe Kartu Memori yang memiliki kapasitas ukuran kecil. Sistem yang dimiliki pada jenis memori ini menggunakan FAT 16. Biasanya digunakan untuk hp jaman dahulu sebelum android ada.
  • Tipe MicroSD lainnya adalah SDHC yang biasa dan umum digunakan dalam perangkat android. Tipe memori ini menggunakan sistem FAT 32 dan jika digunakan pada perangkat yang menggunakan sistem FAT 16. Kapasitas yang dimiliki pun sangat besar mulai dari 2Gb sampai dengan 32 GB.
  • Jenis MicroSD lainnya adalah SDXC merupakan jenis kartu memori yang memiliki kapasitas sangat besar hampir seperti hardisk komputer dengan ukuran 64 GB sampai dengan 2 TeraByte. Sistem yang digunakan adalah exFAT dan tidak bisa digunakan pada perangkat yang menggunakan sistem FAT26 dan FAT32.

Kapasitas Memori


Hal ini sudah saya jelaskan di awal artikel bahwa kapasitas memori ditentukan oleh perangkat tersebut. Walaupun teknologi MicroSD sudah mendukung kapasitas 2 TB namun anda harus pertimbangkan sesuai kebutuhan karena jenis memori yang mempunyai kapasitas diatas 64 GB lumayan mahal harganya. 

Merek Kartu MicroSD

Pada beberapa vendor perangkat android biasanya untuk mendapatkan performa yang baik untuk mendukung penyimpanan data ke MicroSD yaitu menggunakan produk yang benar-benar sudah memiliki kemampuan dan menggunakan teknologi yang terbaru. Seperti halnya pada produk samsung biasanya menggunakan kartu memori yang berasal dari samsung akan membuat performa ponsel android lebih baik. Selain itu sebagai referensi anda juga bisa menggunakan merek seperti SanDisk atau Transend.  Dari segi kecepatan pilihlah yang memiliki Class 6 atau yang lebih baik lagi Class 10 yang jika anda sedang melakukan perekaman atau menonton video yang memiliki kualitas Full HD 1080px tanpa adanya distorsi atau patah-patah.

Pada ponsel android kelas premium biasanya sudah terdapat fitur Adoptable Storage, yang mana memiliki fungsi untuk menjadikan MicroSD kamu seperti menjadi memori internal dalam pengertian lain anda bisa menjadikan MicroSD tersebut menjadi bagian dari sistem. Fitur ini sudah terdapat dalam sistem android Marshmallow yang mendukung MicroSD Class 10.


Jadi pertimbangkanlah hal-hal tersebut diatas sebelum membeli MicroSD. Gunakan kartu memori sesuai kebutuhan dan dukungan perangkat android anda. 

Terima Kasih anda telah berkunjung dan berkomentar. Kritik dan Saran yang membangun untuk Blog Ralabuma senantiasa akan memberikan kembali kontribusi kepada blog anda. JIKA TERDAPAT LINK AKTIF AKAN TERHAPUS SECARA OTOMATIS
EmoticonEmoticon