logo blog

21 Juli 2017

Cara Pasang Instalasi Kamera CCTV Tanpa Bantuan Teknisi

Untuk memasang Kamera CCTV sebenarnya tidak memerlukan keahlian khusus atau membutuhkan bantuan teknisi. Cara paling mudah adalah mengikuti panduan manual yang biasanya terdapat dalam kemasan DVR CCTV yang anda beli. Dalam pembuatan instalasi pun tidak jauh berbeda ketika kita membuat instalasi listrik. Dengan pasang Kamera CCTV sendiri tentunya biaya yang dikeluarkan menjadi lebih murah.

Cara Pasang Instalasi Kamera CCTV Tanpa Bantuan Teknisi
Lakukan setting ditempat, anda hanya melakukan instalasi kabel untuk pasang kamera CCTV sendiri di rumah

Sebagai alat bantu untuk mengamankan rumah atau bisnis anda, Kamera CCTV juga sering digunakan untuk memonitor perumahan seperti cluster. Jenis Kamera CCTV sendiri bermacam-macam ada yang menggunakan Wireless ada juga yang menggunakan kabel. 

Cara Pasang Kamera CCTV Sendiri

Ketika anda akan melakukan pemasangan, sebaiknya yang perlu diperhatikan adalah lokasi titik penempatan pada kameranya. Hindari pencahayaan yang menyorot kepada kamera. Berikut selengkapnya :

1. Persiapan untuk memasang Kamera CCTV 

  1. Hitung jarak antara DVR dan Kamera, hal ini untuk menentukan jarak atau ukuran panjang kabel ketika anda membeli. 
  2. Tes kabel menggunakan tester, hal ini diperlukan bisa saja kabel yang anda beli ada yang putus ditengah jalan. (lakukan pengetesan saat membeli).
  3. Pilih jenis Kamera CCTV dan DVR sesuai kebutuhan baik kamera Indoor maupun Outdoor.
  4. Ketika anda membeli DVR langsung pasangkan Hardisk untuk tempat penyimpanan hasil rekaman dan minta tolong untuk disetting DVR nya (biasanya setiap toko akan memberikan jasa ini secara gratis, jadi anda tinggal colok saja). 
  5. Pasang Konektor BNC dan hubungkan kamera CCTV dengan DVR dan Monitor. Pastikan tampil gambar. Hal ini harus anda lakukan sebelum melakukan instalasi kabel, takutnya jika dilakukan instalasi terlebih dahulu tahu-tahu kamera cctv tidak menyala. 
  6. Atur instalasi kabel agar terlihat rapi. (jangan potong kabel terlebih dahulu, sebaiknya ketika anda memotong kabel ketika instalasi kabel dari kamera sampai DVR sudah selesai baru lakukan pemotongan untuk menghindari jika saja kependekan).
  7. Sambungkan DVR ke Monitor/TV dan Nyalakan. Selesai.  

Hal yang sering dialami ketika pasang Kamera CCTV sendiri adalah tidak tampilnya gambar. Pastikan kabel dalam keadaan baik, bisa saja waktu pemasangan kabel terlipat dan putus ditengah jalan. Maka anda harus memperhatikan poin pada 5 diatas. Untuk lebih jauh mengapa kamera cctv tidak tampil sebaiknya anda membaca artikel sebelumnya secara lengkap.



Jadi kesimpulannya adalah ketika anda membeli lakukan setting ditempat, anda hanya melakukan instalasi kabel untuk pasang kamera CCTV sendiri di rumah. Selamat Belajar

Terima Kasih anda telah berkunjung dan berkomentar. Kritik dan Saran yang membangun untuk Blog Ralabuma senantiasa akan memberikan kembali kontribusi kepada blog anda. JIKA TERDAPAT LINK AKTIF AKAN TERHAPUS SECARA OTOMATIS
EmoticonEmoticon