logo blog

12 Juli 2017

Cara Menghitung Bounce Rate dan Cara Mengatasinya

Dalam ilmu blogging ada yang dinamakan yang biasa disebut Bounce Rate. Untuk menghitung bounce rate sebenarnya tidak perlu susah-susah untuk menghitung karena terdapat tool untuk menghitung bounce rate seperti google analytics. Apakah presentasi bounce rate pada sebuah blog itu penting ? tentu saja penting sekali karena dengan melihat presentasi bounce rate anda akan melakukan suatu perbaikan jika bounce rate presentasinya tinggi. Semakin tinggi nilai presentasi bounce rate maka page views pun akan ikut menurun.

cara menghitung dan mengatasi bounce rate di web/blog
Gambar Bounce Rate Analisis

Berapa nilai ideal untuk bounce rate ? menurut ilmu SEO web/blog yang memiliki nilai bounce rate dibawah 20% maka bisa dipastikan web/blog anda sangat diperhatikan oleh pengguna dan mengunjungi beberapa halaman. 

Mengapa nilai bounce rate bisa tinggi ? Itu disebabkan karena ketika pengunjung datang ke web/blog anda hanya melihat satu halaman saja kemudian keluar. Maka hal ini harus anda perhatikan betul-betul dan perlu diatasi.

Lalu bagaimana cara menghitung bounce rate ini ?

Rumus bounce rate= (jumlah pengunjung hanya mengunjungi satu halaman/jumlah total kunjungan) x 100% . Contoh misalnya saja pengunjung anda perhari 1.000 orang, dari seribu orang yang membaca 1 halaman ada 500 orang berarti bounce ratenya adalah (500/1000) X 100% = 50%).

Dari beberapa keterangan diatas bahwa nilai bounce rate adalah suatu tolak ukur agar anda bisa meng-optimasi web/blog lebih baik lagi.

Cara Mengatasi Bounce Rate Yang Tinggi

Untuk mengatasi suatu web/blog yang mempunyai nilai presentasi tinggi tentu harus diadakan evaluasi sedetil mungkin. Ada beberapa tips yang bisa admin share bagaimana cara mengatasi bounce rate yang tinggi ini sebagai berikut :
  • Membuat lebih banyak halaman.
  • Membuat konten yang lebih menarik.
  • Membuat internal link lebih banyak dan relevan dengan isi konten.
  • Desain web/blog dibuat agar lebih menarik.
  • Kecepatan blog lebih dimaksimalkan.
  • Membuat navigasi yang jelas agar memudahkan pengunjung mendapat konten yang dicari, seperti menambah related post, kategori dan artikel terbaru.
Jika anda ingin menggunakan google analytics sebagai acuan untuk optimasi blog anda berikut artikel bagaimana cara memasang kode analytics di blog :


Mengenai bounce rate sendiri terkadang diabaikan karena yang terpenting bagi seorang publisher adalah hasil pendapatan. Padahal tingginya pendapatan juga ditentukan oleh nilai presentasi bounce rate ini. Semakin pengunjung banyak membuka halaman anda maka semakin mungkin ada kesempatan untuk membuka iklan tersebut. Semoga Bermanfaat

Terima Kasih anda telah berkunjung dan berkomentar. Kritik dan Saran yang membangun untuk Blog Ralabuma senantiasa akan memberikan kembali kontribusi kepada blog anda. JIKA TERDAPAT LINK AKTIF AKAN TERHAPUS SECARA OTOMATIS
EmoticonEmoticon