logo blog

18 Juli 2017

Apa Itu UEFI ? Perbedaan dan Kelebihannya Dengan BIOS

Apa itu UEFI ? Kelebihan apa saja yang di milikinya, lalu apa perbedaannya dengan BIOS dan Legacy Mode ? Pengertian UEFI adalah sebuah sistem firmware interface terbaru yang di buat sebagai standarisasi baru yang akan menggantikan BIOS pada saat ini. Unified Extensible Firmware Interface adalah singkatan dari kata UEFI. Sedangkan BIOS adalah singkatan dari Basic Input Output Sistem. Kedua sistem ini terdapat dalam sebuah papan board yang biasa kita sebut Motherboard.

Apa Itu UEFI ? Perbedaan dan Kelebihannya Dengan BIOS
image by gigabyte.com

Sebelum firmware interface UEFI ini dikembangkan oleh beberapa perusahaan yang bergerak dalam bidang perkembangan teknologi, namun sebelumnya UEFI diberi nama EFI yang dikembangkan oleh perusahaan Intel. Seperti halnya pada sistem BIOS, UEFI memiliki fungsi untuk menghubungkan perangkat keras (hadware), Firmware dan Operating System (OS) pada sebuah unit komputer. 

UEFI sendiri dibuat untuk mengatasi kelemahan yang terdapat dalam sistem BIOS. Ketika melakukan instalasi OS UEFI akan bekerja untuk mengecek perangkat keras komputer dan mengaturnya yang kemudian diserahkan kepada sistem operasi melalui proses booting. Sekarang ini hampir semua perangkat menggunakan sistem UEFI, lalu bagaimanakah cara mengetahui bahwa komputer yang anda gunakan menggunakan UEFI ?

Cara Mengetahui Sistem Mode BIOS atau UEFI pada Komputer

Untuk mengetahui jenis mode sistem yang dipergunakan pada komputer yang anda pakai adalah dengan cara menekan tombol keyboard Windows+R untuk memunculkan kotak Run dan ketik pada kolom MSInfo32. Kemudian akan muncul kotak windows System Information. Pada keterangan tersebut terdapat Bios Mode dengan keterangan bahwa anda menggunakan jenis mode Legacy atau UEFI. Jika keterangannya anda menggunakan mode UEFI maka anda tidak bisa melakukan instal OS sembarangan karena Secure Boot akan aktif secara otomatis.

Kelebihan UEFI

UEFI memiliki kemampuan dan kelebihan yang tidak dimiliki oleh BIOS. Pada operasi sistem windows 8 adalah yang pertama kali menggunakan mode UEFI. Berikut apa saja kelebihan UEFI :
  1. Fitur UEFI memiliki lebih lengkap dibandingkan dengan BIOS
  2. UEFI tidak perlu memerlukan boot sector pada hardisk.
  3. Untuk mengatur UEFI bisa menggunakan mouse dan memiliki tampilan visual yang bagus.
  4. UEFI mempunyai keunggulan lebih baik dalam melakukan komunikasi dengan firmware dan hadware.
  5. Sangat mudah ketika melakukan pengaturan dan overclocking.
  6. Dari segi keamanan UEFI lebih baik dari BIOS, karena dapat melindungi dari serangan bootkit.  
  7. Dapat Mendukung hardisk yang memiliki kapasitas lebih dari 2 terabyte.
  8. Sudah mendukung driver yang menggunakan 64 bit.
  9. UEFI lebih cepat ketika melakukan proses Star-up dan resume.
Cara Mudah Memperbaiki Motherboard

Kelemahan yang di miliki oleh UEFI adalah hampir tidak ada sama sekali kecuali. Cuma penggunaanya saja yang sedikit agak berbeda yang membuat kita khususnya yang gak melek komputer sedikit mengalami kesulitan. Meskipun platform terbaru sudah mendukung UEFI namun anda tidak perlu khawatir karena selama masa transisi Platform yang menggunakan UEFI juga masih bisa menggunakan BIOS.

Terima Kasih anda telah berkunjung dan berkomentar. Kritik dan Saran yang membangun untuk Blog Ralabuma senantiasa akan memberikan kembali kontribusi kepada blog anda. JIKA TERDAPAT LINK AKTIF AKAN TERHAPUS SECARA OTOMATIS
EmoticonEmoticon