logo blog

1 Juni 2017

Cara Jitu Reset Printer Canon Type IP1980

Untuk melakukan reset pada jenis printer Canon dengan Type IP1980 karena mengalami permasalahan seperti "The ink absorber is almost full" yang dilanjutkan dengan lampu indikator yang berkedip pada printer. Hal ini sering dialami oleh semua merek printer khususnya merk Canon.

Untuk mengatasi printer terdapat beberapa cara, bisa dilakukan secara manual maupun menggunakan sofware pendukung seperti resetter. Sebelum saya jelaskan cara mengatasi printer yang tidak mau melakukan print, maka sebaiknya anda harus mengetahui terlebih dahulu penyebab printer canon IP1980 tidak bisa mencetak dokumen alias error.

Penyebab Printer Error


  1. Tinta dalam keadaan habis yang solusinya anda harus mengganti baru. Jika tetap menggunakan cartridge yang lama biasanya printer tidak bisa mencetak dan tetap mengeluarkan peringatan bahwa cartridge harus diganti. 
  2. Tempat pembuangan sudah melampaui ambang batas alis full atau penuh yang biasanya muncul peringatan "ink absorber". Solusinya cukup anda bersihkan busa yang sudah dipenuhi oleh tinta, namun diperlukan keahlian khusus untuk membukanya.
  3. Penempatan cartridge yang tidak pas atau pin dalam keadaan basah.
  4. Kabel USB yang mengalami korsleting.

Cara Reset Printer Canon IP1980

Untuk mengatasi printer canon IP1980 yang mengalami error terdapat cara reset yang menggunakan program. Sebelum menggunakan sofware resetter anda harus meresetnya secara manual terlebih dahulu. Berikut uraiannya :
  1. Matikan printer langsung dari pusatnya, yaitu cabut kabel power yang tersambung ke listrik, pastikan printer dalam keadaan hidup saat kabel power dicabut.
  2. Kemudian tekan tombol ON dan tahan, dilanjutkan dengan menghubungkan kabel power kembali.
  3. Selanjutnya dalam keadaan menekan tombol ON tekan 2 kali tombol RESUME, kemudian lepaskan secara bersamaan.
  4. Setelah itu printer akan melakukan apa yang dinamakan temporary reset. Tanda printer melakukan temporary reset ketika anda melepas kedua tombol printer akan berjalan sendiri. Jika printer tetap diam maka anda harus mengulang metode no 1 sampai 3 kembali.   
Setelah printer melakukan temporary reset maka anda harus melanjutkan ke tahap selanjutnya dengan menggunakan program Resetter yang dapat anda download secara gratis DISINI. Setelah anda download kemudian anda extract file tersebut. Cara menggunakan resetter berikut uraiannya :

cara jitu reset printer canon ip1980 menggunakan resetter
Tool resetter Canon IP1980
  1. Setelah anda extract buka file General Tool (posisi printer dalam keadaan hidup)
  2. Tunggu beberapa saat sampai program reset mendeteksi printer IP1980 dan port USB yang digunakan.
  3. Setelah terdeteksi kemudian berikan tanda ceklis pada menu EEPROM Clear.
  4. Masukan kertas terlebih dahulu karena proses ini akan melakukan print, lalu tekan (klik) pada tombol button Test Pattern 1.
  5. Setelah printer melakukan print maka selanjutnya anda klik tombol Main dan Platen.
  6. Tekan tombol Quit untuk keluar.
  7. Matikan printer dan anda nyalakan kembali untuk melakukan tes mencetak dokumen.
Baca juga :
Cara Reset Printer Canon PIXMA MP230 Series
Dengan cara seperti ini printer seharusnya menjadi normal kembali dan bisa digunakan tanpa ada pesan error lagi. Demikian bagaimana cara mengatasi printer IP1980 yang mengalami error semoga dapat membantu, jangan lupa untuk share ke teman lainnya.

Terima Kasih anda telah berkunjung dan berkomentar. Kritik dan Saran yang membangun untuk Blog Ralabuma senantiasa akan memberikan kembali kontribusi kepada blog anda. JIKA TERDAPAT LINK AKTIF AKAN TERHAPUS SECARA OTOMATIS
EmoticonEmoticon