logo blog

27 Juni 2017

Resetter Canon Seri IP 2700 | Cara Reset Printer Canon Seri IP 2770 dan IP 2700

Kali ini saya akan memberikan tutorial bagaimana cara reset printer canon seri IP 2770 atau seri IP 2700 khusus untuk kalian yang belum paham. Setiap printer terdapat sistem yang akan mengetahui bila tinta sudah habis atau catridge tinta dalam keadaan rusak alias tidak terdeteksi. Adapun masalah umum yang biasa terjadi pada printer antara lain tinta habis, kertas yang bergulung atau tempat pembuangan tinta yang sudah penuh.

Kali ini kita akan kupas habis bagaimana cara supaya catridge yang sudah habis bisa terdeteksi kembali oleh sistem printer. Catridge tinta yang sudah habis biasanya akan ditolak oleh sistem dengan memberi sinyal berkedip pada printer sekaligus akan diberitahukan melalui printer bahwa anda harus mengganti tinta.

Mahalnya tinta asli dari produk canon menjadi kebanyakan orang menggunakan kembali catridge yang kosong dengan mengisi kembali tinta yang murah daripada yang asli. Pada dasarnya tinta yang sudah kosong bisa di refil ulang atau di isi tinta yang banyak dijual walaupun bukan original namun bisa menghemat biaya pembelian tinta.

Permasalahannya saat tinta telah diisi ulang printer selalu memberi sinyal bahwa anda harus ganti catridge baru. Untuk mengatasi hal ini bisa anda lakukan dengan beberapa cara. Berikut cara yang bisa anda aplikasikan jika printer anda mendadak error karena tinta :
  • Cara pertama ketika anda menggunakan catridge yang sudah diisi ulang maka printer akan mendeteksi bahwa anda menggunakan catridge yang sama dan menyebabkan sistem pada printer menolak atau mendeteksi tinta masih kosong dengan menandakan lampu berwarna kuning berkedip. Untuk memperbaiki keadaan tersebut anda cukup dengan menekan tombol resume sampai ada pergerakan dari printer kemudian lepaskan. Cara ini cukup ampuh sebagai rekomendasi untuk memperbaiki hal tersebut.
  • Jika cara pertama tidak bisa maka terdapat cara kedua yang sebenarnya tidak mudah dalam prakteknya. Terkadang butuh beberapa kali baru bisa berjalan dengan normal, jika beruntung bisa langsung berhasil.  Berikut tahapannya :
  1. Anda harus pastikan terlebih dahulu bahwa printer canon seri IP 2770 / IP 2700 anda dalam keadaan mati "off".
  2. Kemudian anda tekan tombol RESUME kurang lebih 3 sampai 5 detik.
  3. Selanjutnya anda tekan tombol POWER sampai lampu warna hijau menyala (pastikan tombol RESUME masih dalam tertekan jangan sampai terlepas dahulu).
  4. Kemudian anda sudah bisa melepaskan tombol RESUME dan sebaliknya jangan melepas tombol POWER.
  5. Dalam masih dalam keadaan tombol POWER tertekan, anda tekan tombol RESUME sebanyak 5 kali.
  6. Setelah cara no 5 anda lakukan maka harus anda pastikan lampu LED akan menyala secara bergantian dengan warna hijau dan orange.
  7. Kemudian lepaskan tombol POWER dan RESUME secara bersamaan dan lampu indikator akan dalam keadaan BLINK (berkedip-kedip) sebentar dan akan berwarna hijau setelahnya.
  8. Sekarang posisi sistem pada printer tersebut dalam status SERVICE MODE dan siap di reset. 

Cara Reset Printer Canon Seri IP 2700 /IP 2770

Setelah langkah-langkah diatas anda lakukan, maka untuk langkah selanjutnya adalah melakukan reset canon IP 2700 / IP 2770 dengan menggunakan sofware resetter khusus seri canon IP 2770 dan IP 2700. Berikut langkah selanjutnya yang akan admin uraikan :


  • Langkah awal yang harus anda lakukan adalah download resetter canon IP 2770 / IP 2700 seri terlebih dahulu DISINI.
  • Jalankan sofware resetter tersebut dan lakukan seperti ilustrasi gambar dibawah berikut ini :
cara reset printer ip 2770 dan ip 2700
Ilustrasi reset printer canon seri IP 2770 / IP 2700
  • Ketika proses pada No. 1 (Main) sebelumnya anda harus siapkan kertas terlebih dahulu karena proses ini akan melakukan print dengan mencetak hasil keterangan "D=000.0"
  • Kemudian klik "EEPROM Clear" 
  • Selanjutnya klik "EEPROM" dan akan mencetak hasilnya dengan keterangan "TPAGE (TTL=00000) seperti gambar ilustrasi dibawah ini :


  • Setelah itu matikan printer sebentar dan hidupkan kembali.
Jika tahapan ini benar dan sesuai intruksi diatas maka printer anda sudah bisa digunakan sebagaima mestinya.
Lihat juga cara :

Jika printer masih error lakukan tahapan pertama dengan tanpa sofware resetter atau dengan menggunakan sofware resetter. Jika anda berhasil tidak ada salahnya SHARE artikel ini agar teman anda ikut mencobanya dan menjadi lebih bermanfaat.

Terima Kasih anda telah berkunjung dan berkomentar. Kritik dan Saran yang membangun untuk Blog Ralabuma senantiasa akan memberikan kembali kontribusi kepada blog anda. JIKA TERDAPAT LINK AKTIF AKAN TERHAPUS SECARA OTOMATIS
EmoticonEmoticon