logo blog

16 Februari 2017

Cara Reset Android Agar Seperti Baru

Cara reset hp android agar menjadi seperti baru lagi dan tidak menjadi lemot yaitu dengan cara mengembalikan ke setelan pabrik (factory reset). Mereset ulang ponsel yang menggunakan sistem android mudah dilakukan karena kemudahan inilah banyak pengguna beralih ke hp android. Terdapat banyak cara untuk merefresh tergantung tingkat kerusakannya.

Banyak penyebab dan alasan pengguna android selalu merestart ponselnya. Bagi pengguna kelas bawah dan menengah sering sekali melakukan hal ini dikarenakan memori sudah full atau penuh yang berakibat tidak bisa melakukan pembaruan atau ponsel berjalan lemot. Jika berjalan lemot seperti itu mau tidak mau harus melakukan format ulang agar ponsel kembali normal seperti baru lagi.
Cara Reset Android Agar Seperti Baru
Cara reset android agar menjadi seperti baru dengan mengembalikan ke setelan data pabrik (factory reset)

Namun sebelum melakukan reset ulang ada baiknya anda melakukan backup terlebih dahulu data yang sifatnya menurut anda penting seperti no telepon yang disimpan dalam memori telepon. Anda bisa membackupnya melalui aplikasi google drive dimana nanti secara otomatis akan muncul kembali. Pastikan juga anda tidak lupa password untuk login email. Menggunakan email yang berbeda tentunya semua aplikasi yang anda gunakan tidak bisa mendeteksi atau mengembalikan file atau data anda.

Cara Reset Ulang Android

Setiap handphone android terdapat pengaturan setelan yang terdapat menu reset ulang. Menu reset ulang atau kembali setelan data pabrik (factory reset) berguna untuk mengembalikan HP android anda menjadi baru kembali. Untuk mengembalikan ke pengaturan pabrik berikut langkah-langkahnya yang bisa anda ikuti :

  1. Masuk pada menu Setting atau Pengaturan
  2. Scroll kebawah kemudian kalian cari menu Backup dan Reset
  3. Lalu kalian Factory Data Reset
  4. Ikuti atau centang apa yang dianggap benar,kemudian Reset Device.

Tunggu sampai selesai. Proses restart data pabrik sendiri tidak berlangsung lama, biasanya 5 sampai dengan 10 menit. Jika HP android tidak me-restart sendiri cobalah dengan cara manual. Cara ini lebih mudah dan simpel sekali. Pengguna awam pun bisa melakukannya.

Terdapat cara kedua lainnya yang bisa kalian lakukan jika tidak bisa melakukan reset data pabrik. Hal tersebut kemungkinan dikarenakan smartphone android kalian mengalami crash atau kerusakan sofware. Terdapat kode rahasia untuk melakukan reset ulang android dengan catatan kalian masih bisa menggunakan keyboard pada hp android. Gunakan kode *2767*3855# maka hp android anda akan mereset ulang.

Juga ada cara yang lebih sulit untuk melakukannya untuk menjadi sistem android anda seperti baru. Namun tidak ada salahnya jika admin share disini agar anda bisa sekaligus belajar dan tidak bolak-balik tukang service.

Kembali ke setelan data pabrik (factory reset) bisa dengan cara apa yang dinamakan dengan Revovery Mode. Cara ini biasa admin gunakan jika hp android benar-benar sudah crash, bootloop atau sering hang. Yang harus kalian lakukan dengan metode ini adalah sebagai berikut :

  1. Posisi Baterai harus penuh atau minimal 75%.
  2. Kemudian matikan hp android.
  3. Hidupkan kembali sambil menekan tombol Volume Up + HOME + Power secara bersamaan. (akan muncul menu diawali dengan keluarnya robot hijau android).
  4. Untuk memilih menu gunakan volume UP untuk memilih menu Factory Reset atau Wipe Data.
  5. Pencet tombol HOME untuk memulai reset data pabrik (factory reset). Dan tunggu beberapa saat sampai proses selesai yang kemudian pilih Menu System Reboot Now.

"Ingat ! metode reset android dengan cara recovery mode hanya bisa dilakukan dalam keadaan hp android mati" 
Baca juga : Penyebab dan Cara Mengatasi Sinyal Hilang Pada Android

Metode reset android dengan cara recovery mode bisa digunakan pada semua sistem hp yang menggunakan android dan merek apapun. Jika sudah melakukan reset ulang maka kalian akan mendapatkan sistem android seperti baru, dimana kalian harus memasukkan data kalian seperti email untuk mengaktifkan kembali aplikasi seperti BBM, Line Whatsapp dan layanan android lainya.

Terima Kasih anda telah berkunjung dan berkomentar. Kritik dan Saran yang membangun untuk Blog Ralabuma senantiasa akan memberikan kembali kontribusi kepada blog anda. JIKA TERDAPAT LINK AKTIF AKAN TERHAPUS SECARA OTOMATIS
EmoticonEmoticon